Informasi penting
Kanada: Pendaftaran Universitas - Wajib dibaca

Mendaftar Kuliah di Kanada

Bagaimana cara mendaftar ke universitas di Kanada? Seperti apa prosedurnya? Baca penjelasan tahap per tahap dari kami...

1744

Cara Mendaftar

Pendaftaran harus dilakukan secara langsung ke universitas yang Anda minati. Tidak ada sistem pendaftaran pusat seperti UCAS di Inggris, atau Common Application di Amerika.

Yang penting untuk diketahui adalah:  setiap propinsi atau teritori di Kanada bertanggung jawab akan semua pendidikan di daerah yang bersangkutan. Terdapat sistem yang memungkinkan Anda untuk mendaftar ke beberapa universitas. Contohnya: OUAC (Ontario University Application Centre) di Ontario.

Setiap universitas memberlakukan persyaratan masuk tertentu, jadi sebaiknya Anda memastikan terlebih dahulu (dari situs atau via email ke staf pendaftaran) sebelum mendaftar. Pendaftaran dapat dilakukan secara langsung di situs universitas.

 

Waktu Pendaftaran

Pendaftaran untuk gelombang masuk September tahun mendatang dimulai pada bulan Oktober tahun sebelumnya. Batas akhir pendaftaran adalah sekitar bulan Januari/Februari, paling lambat musim semi.

Biasanya pendaftar akan menerima balasan dalam masa 7 minggu setelah mereka mengirimkan formulir pendaftaran beserta dokumen-dokumen yang diminta. Terdapat 2 jenis proses di Kanada.  ‘Rolling admissions’ berarti staf pendaftaran akan langsung menentukan bahwa Anda diterima atau tidak pada saat menerima aplikasi pendaftaran Anda. Sedangkan ‘competitive admission’ berarti universitas akan menentukan kandidat mana yang diterima dan mana yang tidak pada saat masa pendaftaran berakhir.

Begitu menerima Offer of Admission letter (surat penawaran tempat), Anda akan diberikan batas waktu (tertera dalam surat tersebut) untuk menerima atau menolak.

Setelah pendaftaran Anda diterima, Anda dapat mulai mengajukan visa pelajar.

 

Dokumen yang diperlukan untuk mendaftar ke universitas di Kanada

Personal statement adalah salah satu faktor yang menentukan jika Anda mendaftar ke universitas di Amerika atau Inggris. Tetapi di Kanada tidak selalu begitu. Beberapa universitas hanya meminta transkrip nilai akademis dan Bahasa Inggris (dokumen asli dan dokumen yang telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris).  Tergantung negara asal Anda, Anda mungkin akan diminta untuk pemeriksaan kesehatan (hanya jika diminta universitas).

Biaya pendaftaran di Kanada

Biasanya biaya pendaftaran berkisar antara $50-100 (CAD). Biaya ini tidak dapat dikembalikan. Jika Anda ingin mendaftar ke beberapa institusi sekaligus, akan lebih hemat jika menggunakan sistem pendaftaran seperti Ontario University Application Centre (OUAC). Tersedia paket pendaftaran untuk 3 universitas, dan akan dikenakan biaya tambahan jika lebih. Akan lebih murah jika Anda mendaftar satu per satu ke berbagai universitas. Akan tetapi perlu diingat OUAC hanya mendukung pendaftaran untuk universitas-universitas di wilayah Ontario.

Mencari jurusan

Kanada
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Hotcourses Indonesia menyediakan informasi dan membantu proses melamar kuliah di luar negeri.