Informasi penting
Kanada: Pendaftaran Universitas - Wajib dibaca

Sistem Pendidikan Tinggi Kanada

Seperti apa pendidikan tinggi di Kanada? Bagaimana dengan struktur dan budaya pendidikannya?

1622

Struktur pendidikan tinggi Kanada

Struktur pendidikan tinggi di Kanada memiliki banyak kesamaan dengan Amerika, hanya saja, pendidikan tinggi di Kanada juga terpengaruh oleh sistem Inggris.

Di Kanada, setiap propinsi dan teritori bertanggung jawab akan semua tingkatan pendidikan, termasuk universitas. Tidak terdapat akreditasi federal di Kanada. Hal ini berarti setiap propinsi dan teritori memiliki standar pendidikan yang ketat dan khusus untuk memastikan setiap institusi pendidikan memberikan kualitas terbaik. 

Pendidikan tinggi dibagi menjadi 3 semester: Semester Musim Gugur (akhir Agustus/awal September hingga Desember/Januari), Semester Musim Dingin (Januari hingga April) dan Semester Musim Panas (April/Mei hingga Juli).

 

Perbedaan antara Quebec & wilayah Kanada lainnya

Di Quebec, ‘college’ berarti program pre-universitas 2 tahun, atau program profesional 3 tahun, dan setelah itu mahasiswa dapat melanjutkan ke program sarjana di universitas yang berdurasi 3 tahun dan memberikan gelar Bachelor. Setelah memiliki gelar Bachelor, mahasiswa dapat melanjutkan ke tingkat pascasarjana (1-2 tahun dan mendapatkan gelar Master, dan kemudian 3 tahun atau lebih untuk gelar PhD).

Di luar Quebec, ‘college’ identik dengan community college atau fakultas teknik, dimana mahasiswa akan mendapatkan sertifikat, diploma, atau associate degree (setara dengan diploma lanjutan). Mahasiswa dapat kuliah di tingkat sarjana atau pascasarjana di universitas (tetapi mereka memerlukan gelar honour), sementara di perkuliahan pascasarjana, mereka dapat memperoleh sertifikat lanjutan, gelar atau diploma.

 

Jenis Institusi

Seperti di Amerika, di Kanada Anda dapat memilih untuk kuliah di fakultas teknik atau community college, jika Anda telah memutuskan ingin mendalami karir di bidang tertentu; dan Anda juga dapat transfer ke universitas untuk melanjutkan studi ke tingkat sarjana.

Berikut ini adalah beberapa tipe institusi di Kanada:

Liberal Arts college

Institusi pendidikan ini menekankan pada program sarjana bidang liberal art, yang biasanya bersifat interdisipliner (mencakup lebih dari satu disiplin ilmu), misalnya jurusan sastra yang juga mencakup ilmu sosial, natural dan formal.

 

Negeri

Institusi negeri menerima pendanaan dari pemerintah propinsi, teritori atau federal. Akan tetapi mereka tetap menarik biaya kuliah dari mahasiswa, dan juga dapat menerima pendanaan dari pihak swasta.

 

Swasta

Institusi swasta tidak menerima pendanaan pemerintah, tetapi menerima pendanaan dari para alumni bonafit, dan hibah penelitian, serta biaya kuliah yang dipungut dari mahasiswa. Universitas swasta biasanya menarik dan mempertahankan para staf terbaik, yang memiliki reputasi bagus dalam bidang yang bersangkutan.

 

 

Kebudayaan akademis

Berinteraksi dengan dosen

Cara interaksi dengan dosen di Kanada sangat berbeda dengan kebanyakan tempat. Dosen memiliki jam kerja dimana mahasiswa dapat mengunjungi mereka dan mengajukan pertanyaan. Dosen-dosen sangat ramah dan mudah didekati. Mereka juga akan menjawab pertanyaan sewaktu kelas kuliah berlangsung.

 

Susunan program

Dalam 1 semester, mahasiswa dapat mengambil 5 mata kuliah. Setiap mata kuliah terdiri dari kelas kuliah berdurasi 2 jam per minggu, dan satu jam tutorial dimana asisten dosen memimpin diskusi dengan topik yang berhubungan dengan topik yang dibahas di kelas kuliah di minggu tersebut.

 

Multikultur

Seperti yang pernah di bahas di artikel ‘Mengapa Kuliah di Kanada?’, multikultur sangatlah dihargai di Kanada. Kebijakan tersebut telah ada sejak 1970an dan terus berlanjut hingga sekarang. Jadi di Kanada Anda akan berkuliah bersama rekan-rekan dengan latar belakang kebudayaan yang sangat beragam, serta belajar dari para dosen yang berasal dari berbagai negara (atau setidaknya memiliki pengalaman bekerja di luar negeri).

 

Terminologi

Kanada memiliki banyak terminologi pendidikan tinggi yang sama dengan Amerika. Misalnya  ‘school’ digunakan untuk pendidikan dari taman kanak-kanak/pre-school hingga universitas. ‘I am studying English’ (yang berarti saya mengambil jurusan Bahasa Inggris) akan terdengar lebih lazim dari ‘I am reading English’ yang lebih sering digunakan di universitas-universitas Inggris.

 

Anda dapat membaca terminologi lengkap mengenai istilah pendidikan tinggi Kanada di sini 

Mencari jurusan

Kanada
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Hotcourses Indonesia menyediakan informasi dan membantu proses melamar kuliah di luar negeri.