Informasi penting
Kanada: Visa - Wajib dibaca

Pengajuan visa pelajar Kanada

Baca panduan tahap demi tahap untuk mendapatkan visa pelajar Kanada

1533

Mahasiswa memerlukan visa pelajar untuk dapat berkuliah di Kanada. Visa pelajar Kanada dikenal dengan sebutan ‘study permit’.

 

Dari Indonesia, Anda dapat mengajukan study permit secara online di situs resmi Citizen and Immigration Canada. (CIC).

 

Begitu Anda menerima surat penawaran tempat (offer letter) dari institusi pendidikan Kanada yang terakreditasi, Anda dapat mulai mengajukan study permit.

 

Persyaratan

Anda akan diminta untuk mengisi kuesioner singkat untuk memastikan Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan visa pelajar. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang perlu Anda jawab: alasan untuk kuliah di Kanada, negara asal, dan informasi personal lainnya. Setelah menjawab, Anda akan diberitahu apakah Anda layak untuk memohon visa pelajar atau tidak.

 

Jika Anda memenuhi syarat…

Anda akan diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan lagi. Misalnya: pernahkah Anda dihukum karena tindakan kriminal, apakah Anda akan membawa keluarga Anda, dan apakah Anda telah menerima pendanaan untuk perkuliahan. Setelah selesai menjawab, Anda dapat memeriksa kembali jawaban Anda dan memperbaikinya jika terdapat kesalahan.

 

Setelah semuanya selesai, Anda akan diberikan kode referensi personal, daftar dokumen yang harus Anda sediakan (harus dalam Bahasa Inggris atau Perancis – 2 bahasa utama Kanada), tautan-tautan berguna untuk pengajuan visa dan instruksi selanjutnya. Kode referensi personal Anda sangat penting, jadi sebaiknya Anda mencetak halaman tersebut.

 

Dokumen apa saja yang diperlukan?

Pertama-tama, tentunya harus menunjukkan surat penerimaan dari universitas yang telah diakreditasi di Kanada. Beberapa pendaftar perlu memberikan informasi biometris seperti pasfoto dan sidik jari, tergantung negara asal. Anda juga mungkin diminta untuk menjalankan tes kesehatan. Anda tidak bisa mendapatkan visa pelajar jika Anda memiliki rekor kriminal, jadi Anda bisa saja diminta surat berkelakuan baik. Selain itu juga diperlukan dokumen yang menunjukkan Anda sanggup menanggung biaya kuliah dan biaya hidup di Kanada (misalnya pernyataan bank, bukti pelunasan akomodasi dan biaya kuliah, dan bukti telah menerima beasiswa atau dermasiswa). Anda perlu menunjukkan Anda memiliki dana $10,000 (CAD) untuk setiap tahun sesuai dengan durasi kuliah Anda di Kanada.

 

Mendaftar

Anda harus mendaftar untuk ‘electronic credential’ (atau dikenal juga dengan sebutan ‘key’) untuk dapat mengakses layanan online CIC, yaitu MyCIC dimana Anda dapat mengajukan permohonan visa. Setelah itu Anda perlu mengunggah (upload) dokumen-dokumen yang diperlukan, melengkapi pendaftaran, membayar biaya pendaftaran online via kartu kredit dan kemudian mengajukan pendaftaran. Begitu pengajuan pendaftaran Anda telah berhasil, Anda akan menerima konfirmasi yang bisa Anda lihat di akun MyCIC Anda.

 

Setelah pengajuan visa diterima…

Anda akan menerima ‘letter of introduction’ (dan terkadang visa tinggal sementara). Di imigrasi Kanada, Anda harus menunjukkan dokumen ini beserta paspor Anda. Anda juga harus membawa dokumen asli atau fotokopi yang Anda serahkan sewaktu pengajuan visa. Setelah petugas imigrasi selesai memeriksa dokumen-dokumen tersebut, mereka akan memberikan Anda ‘student permit’ dan Anda dapat memasuki Kanada. 

 

Biaya ‘student permit’ Kanada?

Umumnya, Anda perlu membayarkan $150 (CAD). Terkadang dikenakan biaya tambahan setelah petugas menerima dokumen Anda. Total biaya akan diberitahukan setelah Anda membayar dan menyerahkan pendaftaran.

 

Perlukah saya menghadiri wawancara?

Tergantung kondisi, Anda mungkin saja diminta untuk menghadiri wawancara di kantor visa Kanada di negara Anda. Anda akan dihubungi jika perlu menghubungi wawancara.  

Mencari jurusan

Kanada
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Hotcourses Indonesia menyediakan informasi dan membantu proses melamar kuliah di luar negeri.