Informasi penting
Cina: Akomodasi Pelajar - Wajib dibaca

Akomodasi Mahasiswa di Cina

212

Seperti apa akomodasi mahasiswa internasional di Cina? Berikut adalah pilihan-pilihan yang tersedia, dan jangan lewatkan tips dari Hotcourses Indonesia tentang bagaimana menemukan akomodasi yang pas buat kamu di Cina...

Jika kamu tidak ingin repot mencari akomodasi sendiri di luar, kamu bisa menghubungi universitas. Biasanya universitas menawarkan pilihan akomodasi bagi mahasiswa internasional. Kamu bisa menanyakan ke international office mengenai informasi ini.

 

Akomodasi dalam kampus

Tinggal di asrama adalah pilihan paling praktis dan ekonomis. Banyak universitas menyediakan asrama khusus mahasiswa internasional, dimana kamu dapat mengenal dan berbaur dengan mahasiswa-mahasiswa dari berbagai belahan dunia.

Pada umumnya, terdapat pilihan antara kamar single atau kamar yang ditempati oleh dua orang atau lebih. Kamar-kamar tersebut juga menawarkan pilihan dengan kamar mandi di dalam kamar, atau kamar mandi bersama untuk setiap lantai. Kebanyakan asrama tidak menyediakan fasilitas dapur, tetapi memiliki kantin besar di mana mahasiswa dapat membeli makanan.

Harga asrama bervariasi antara tiap universitas, berkisar mulai dari ¥800 per tahun akademis. Tergantung universitas, biaya sewa kadang termasuk biaya listrik, air dan lain-lain. Konfirmasikan hal ini dengan universitas tempat kamu diterima.

 

Apartemen

Harga apartemen sangat bervariasi di Cina. Lokasi sangat menentukan harga apartemen. Pada umumnya, harga sewa apartemen di pusat Kota Beijing adalah sekitar  ¥7185 per bulan. Di kota-kota yang lebih kecil seperti Shenyang, apartemen dengan fasilitas yang sama dengan apartemen di Beijing bisa hanya sekitar ¥1525 per bulan.

Sebelum menandatangani kontrak sewa, diskusikan dengan universitas. Apartemen bisa lebih nyaman dari asrama, tetapi dengan demikian tidak bisa menikmati kehidupan sosial seaktif sewaktu tinggal di asrama kampus.

 

Tips menemukan akomodasi yang pas

  • Jangan ragu untuk meminta bantuan universitas jika ada pertanyaan tentang akomodasi di luar kampus
  • Jangan lupa kalkulasikan biaya di luar biaya sewa – misalnya listrik, air, internet, transportasi, dan lain-lain.
  • Baca dengan seksama sebelum menandatangani kontrak – pastikan telah memahami semua biaya dan peraturan. Jika ada yang tidak jelas bisa minta bantuan universitas
  • Mulai mencari sedini mungkin – jika ingin tinggal di luar kampus, mulai mencari sedini mungkin supaya memiliki cukup waktu untuk menemukan akomodasi yang pas.

Mencari jurusan

Cina
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS