Informasi penting
Cina: Pendaftaran Universitas - Wajib dibaca

Cara Mendaftar ke universitas di Cina

413

Sebelum mendaftar ke universitas, kamu bisa mencari program kuliah yang kamu inginkan di situs universitas dan menghubungi international office universitas tersebut untuk menanyakan persyaratan dan ketentuan mendaftar.

 

Pertanyaan yang perlu kamu ajukan kepada international office

1. Apakah diwajibkan untuk dapat berbahasa Cina untuk dapat diterima di program ini? Jika demikian, apakah saya perlu mengikuti ujian kelancaran berbahasa Cina?
2. Dokumen apasaja yang perlu saya sediakan?
3. Ke mana saya harus mengirimkan dokumen-dokumen ini?
4. Apakah ada formulir pendaftaran khusus bagi mahasiswa internasional?
5. Bagaimana saya bisa mulai mendaftar?

 

Di atas hanyalah beberapa contoh pertanyaan penting. Kamu juga bisa menanyakan pertanyaan lainnya jika ada.

 

Dokumen-dokumen umum yang dibutuhkan untuk pendaftaran

1. Penerimaan dari Pemerintah Cina

Untuk mendapatkan ini, harus dapat membuktikan status pelajar yang memiliki visa Cina, tidak ada catatan kriminal, dan memenuhi syarat untuk mendaftar ke program kuliah (yang biasa diterakan di situs universitas)

 

2. Pelajar transfer perlu menunjukkan sertifikat persetujuan transfer dari universitas sebelumnya

3. Nilai lulus tes HSK. HSK adalah ujian kelancaran berbahasa Cina, yang mungkin dibutuhkan untuk mendaftar ke universitas (tergantung program kuliah yang dipilih).

4. Kualifikasi lain yang diminta oleh universitas atau program kuliah pilihan.

 

Universitas mungkin membutuhkan dokumen lain atau pendaftaran terpisah. Oleh karena itu disarankan untuk mengkonfirmasi dengan international office di universitas sebelum mendaftar, supaya dapat menyediakan semua dokumen yang dibutuhkan dengan lengkap.

 

Kapan mendaftar ke universitas Cina?

Biasanya terdapat dua gelombang masuk: Semester Musim Gugur dan Semester Musim Semi. Beberapa universitas lain memiliki tiga semester dalam satu tahun. Jadi dianjurkan untuk menanyakan tanggal pendaftaran ke universitas.

 

Semester Musim Gugur

Pendaftaran untuk Semester Musim Gugur  biasanya dimulai di bulan Februari atau Maret dan berakhir pada bulan Juni. Universitas akan mengirimkan keputusan penerimaan pada bulan Juli. Setelah itu para mahasiswa yang diterima dapat memulai pengajuan visa pelajar. Semester Musim Gugur  biasa dimulai pada bulan September.

 

Semester Musim Semi

Pendaftaran untuk Semester Musim Semi biasanya dimulai di bulan Oktober dan berakhir pada bulan Januari. Universitas akan mengirimkan keputusan penerimaan pada akhir bulan Januari. Semester Musim Semi biasa dimulai pada akhir bulan September atau awal Maret.

Jika ingin mendaftar ke universitas di Cina, pastikan mendaftar seawal mungkin, karena biasanya mereka mendahulukan peserta berdasarkan urutan pendaftaran.

 

Tips supaya pendaftaran kamu diterima!

  • Mendaftar seawal mungkin! Seperti dijelaskan di atas, urutan pendaftaran dapat mempengaruhi  peluang kamu diterima.
  • Jangan menunda pengajuan visa. Butuh waktu untuk proses pengajuan visa. Dan biasanya tidak terdapat banyak waktu dari menerima pengumuman penerimaan hingga perkuliahan dimulai.
  • Mendaftar ke lebih dari satu universitas untuk meningkatkan peluang diterima.
  • Terus mendaftar! Jika tidak diterima, kamu masih bisa mendaftar ke program yang sama. 

Mencari jurusan

Cina
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS