Informasi penting
Perancis: Prospek Karir - Wajib dibaca

Menemukan Pekerjaan Setelah Lulus di Perancis

354

Seperti apa pasar kerja di Perancis?

Jika kamu menguasai Bahasa Perancis, tersedia banyak lowongan kerja di berbagai sektor. Apalagi buat kamu yang telah berhasil lulus, dengan gelar dari universitas di Perancis.

Lingkungan kerja di Perancis sangat kompetitif dan beragam. Banyak perusahaan besar yang merekrut mahasiswa intenasional, terutama untuk bidang otomotif, farmasi dan pariwisata. Kamu mungkin tertarik untuk mendaftar untuk graduate scheme yang diterima oleh perusahaan-perusahaan top di Perancis seperti L'Oréal, Orange, Renault, AXA, BNP Paribas, Carrefour, Peugeot Citroën, Renault.


 

Bisakah saya bekerja di Perancis setelah lulus?

Perancis sangat menerima mahasiswa internasional. Sejak musim gugur 2016, hak residen telah dipermudah bagi mahasiswa internasional lulusan Perancis. Mahasiswa Non Uni Eropa yang memiliki gelar Master dapat mendaftar untuk residensi sementara (atau APS) yang berlaku selama 12 bulan. Pemegang APS dapat bekerja 60% dari jam kerja seminggu, atau 964 jam per tahun.

 

Tips:

  • Daftar sedini mungkin. Mulai melamar kerja sejak semester akhir.
  • Tunjukkan keunggulanmu. Baca panduan menulis CV dan Surat Referensi.
  • Manfaatkan fasilitas universitas. Konsultasi dengan staf karir dan hadiri pekan karir dan acara networking sebanyak mungkin.
  • Kursus Bahasa Perancis. Walau bisa dipelajari sendiri sewaktu kuliah, jika ingin bekerja dan tinggal di Perancis, perlu lancar berbahasa Perancis, dan harus familiar dengan istilah-istilah bisnis. Fasih berbahasa Perancis juga menunjukkan komitmen untuk menetap di Perancis.
  • Pelajari perusahaan terlebih dahulu. Apakah status sebagai mahasiswa internasional bisa menjadi keunggulan tertentu?

 

Situs-titus berguna untuk menemukan pekerjaan di Perancis:

Untuk lebih banyak informasi mengenai kesempatan kerja setelah kelulusan, klik di sini.

Mencari jurusan

Perancis
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS