Informasi penting
Perancis: Akomodasi Pelajar - Wajib dibaca

Akomodasi mahasiswa di Perancis

364

Kami akan memberitahukan semua yang perlu diketahui untuk mendapatkan akomodasi selama kuliah di Perancis
 

Menemukan akomodasi di Perancis mungkin tidak segampang di negara lainnya. Tetapi tidak perlu khawatir, karena pemerintah Perancis adalah pemerintah satu-satunya di Eropa yang memberikan bantuan akomodasi bagi semua mahasiswa internasional.  

Biaya akomodasi per bulan berkisar antara €250-700, tergantung daerah tempat tinggal. Kota besar seperti Paris cenderung lebih mahal. Sebenarnya tidak terlalu susah menemukan akomodasi di Perancis jika merencanakan dari awa. Semoga artikel ini memberikan gambaran supaya kamu bisa menemukan akomodasi di Perancis.

 

Asrama Universitas


Biaya berkisar antara €250 hingga €350 per bulan.

Asrama universitas adalah pilihan yang bagus dan praktis karena dekat dengan kampus. Selain itu juga dekat dengan mahasiswa lainnya, sehingga menambah kesempatan untuk bersosialisasi di luar kelas. 

Jika universitas atau grandes écoles menawarkan pilihan asrama, kamu dapat mengatur akomodasi sebelum tiba di Perancis dengan menghubungi institusi atau kantor internasional di universitas. CROUS, agen mahasiswa regional, juga menyediakan beberapa bangunan akomodasi khusus bagi mahasiswa pemegang beasiswa.

 

Situs-situs yang berguna:

CNOUS: www.cnous.fr
CROUS: Paris region: www.crous-paris.fr  and www.crous-creteil.fr
Toulouse: www.crous-toulouse.fr
Lyon: www.crous-lyon.fr
Montpellier: www.crous-montpellier.fr
Lille: www.crous-lille.fr  

 

Akomodasi Swasta


Biaya berkisar antara €350 hingga €750 per bulan
Keuntungan dari tinggal di akomodasi swasta adalah berkesempatan untuk tinggal bersama dengan mahasiswa Perancis, sehingga menjadi pengalaman yang unik dan khas. Sebelum memutuskan untuk pindah ke akomodasi swasta, mahasiswa juga bisa mencari tahu terlebih dahulu teman-teman se-akomodasi.

Akomodasi swasta lebih mahal dari asrama universitas, tetapi terkadang mereka menawarkan harga dan penawaran yang bersahabat.

Biasanya, mahasiswa diminta untuk membayarkan deposit satu atau dua bulan sebelum menandatangani kontrak sewa, dan juga dibutuhkan penjamin. Periksalah kontrak dengan teliti sebelum menandatanganinya. Jangan ragu untuk meminta bantuan dari universitas jika perlu.

 

Situs-situs yang berguna:

Résidences Estudines www.estudines.fr
ADELE (Association pour le Développement Économique du Logement Étudiant) www.adele.org
CLEF (Centre de Logement pour Etudiants de France), www.logetudes.com
www.parisetudiant.com
De particulier à particulier http://www.pap.fr/
Allo Student Rentals https://www.allostudentrentals.com/

 

Tips mencari akomodasi:

  • Rencanakan dari awal. Jika ingin tinggal di asrama kampus, hubungi pihak kampus sesegera mungkin setelah mendapatkan surat penerimaan dari universitas.
  • Banyak-banyak mencari informasi. Akomodasi di Perancis lumayan mahal, kamu perlu membanding-bandingkan harga dan penawaran di situs-situs di atas.
  • Tetap waspada. Jika memilih untuk tinggal di luar kampus, perhatikan tawaran dari akomodasi swasta dengan teliti. Waspadai tawaran yang terlalu murah atau terlalu mahal. Sebaiknya temui calon-calon teman se-akomodasi sebelum memutuskan untuk tinggal bersama mereka. Bawalah teman sewaktu menemui mereka untuk pertama kalinya.
  • Sewaktu mencari akomodasi bersama teman, periksalah kontrak dengan teliti, dan pelajari apa yang termasuk dalam kontrak sewa, dan apa yang tidak.
  • Di Perancis, biaya listrik dan internet tidak termasuk di dalam biaya sewa.

 

Tinggal di luar negeri bersama orang lain membutuhkan penyesuaian. Sebagai mahasiswa internasional mungkin akan menemukan berbagai kendala, karena harus tinggal dengan orang-orang dengan karakter dan kebudayaan yang berbeda. Tetapi hal ini juga dapat menjadi pengalaman yang berharga, karena membuka wawasan dan belajar toleransi.

 

Jika menemui kendala dalam akomodasi, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan kantor internasional di universitas. Mereka bisa membantu.

Mencari jurusan

Perancis
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS