Informasi penting
Perancis: Pendaftaran Universitas - Wajib dibaca

MENDAFTAR KE UNIVERSITAS PERANCIS

836

Sistem pendaftaran universitas Perancis agak kompleks, jadi sebaiknya merencanakan pendaftaran sejak dini. Berikut adalah panduan dan hal-hal yang perlu diketahui untuk mendaftar ke universitas Perancis.

Persyaratan Pendaftaran

  • Paspor yang masih berlaku sepanjang durasi perkuliahan di Perancis
  • Transkrip nilai dari institusi pendidikan sebelumnya, yang menerakan tingkat dan hasil pendidikan terakhir
  • Sertifikat lulus Bahasa Perancis, jika diminta oleh program

 

Cara Mendaftar

Warga EU

Jika telah menyelesaikan baccalaureate Perancis, dan berencana untuk mendaftar ke tahun pertama program kuliah, dapat mendaftar via sistem pendaftaran online post-baccalaureat (APB) yang digunakan oleh mahasiswa Perancis.

Bagi mahasiswa lainnya, baik dengan kualifikasi sekolah menengah atas, atau mendaftar untuk program lanjutan, dapat mendaftar langsung ke universitas yang diminati. Banyak universitas meminta mahasiswa untuk mendaftar melalui sistem tertentu, termasuk grandes ecoles dan grands etablissements, yang meminta mahasiswa untuk melengkapi pendaftaran dengan lengkap.

Warga EU tidak memerlukan visa, tetapi harus menguasai Bahasa Perancis hingga tingkat tertentu jika program studi yang dipilih tidak disampaikan dalam Bahasa Inggris. Kelancaran berbahasa Perancis akan diuji, konfirmasikan dengan pihak universitas apakah program kuliah pilihanmu memerlukan tingkat kelancaran berbahasa Perancis.

 

Warga Non-EU

Warga dari salah satu dari 35 negara yang termasuk dalam program CEF CampusFrance harus meminta dokumen pra-pendaftaran (DAP) dari kedutaan Perancis di negara asal. DAP termasuk pendaftaran online wajib bagi mereka yang tinggal di salah satu dari 35 negara CEF. Pendaftaran DAP dimulai Januari dan harus diselesaikan sebelum batas pendaftaran berakhir.

Sebelum mendaftar, hubungi international office di universitas untuk memastikan kamu telah mengetahui dan memenuhi semua persyaratan yang diminta. Pendaftaran dapat berbeda-beda antara universitas yang satu dengan yang lain, jadi selalu konfirmasi terdahulu dengan universitas yang kamu minati mengenai persyaratan mendaftar. 

Warga Non-EU membutuhkan visa untuk dapat berkuliah di Perancis. Baca lebih lanjut mengenai pengajuan visa pelajar Perancis di sini! {Hyperlink to France Visa}

 

Kapan pendaftaran dimulai?

Pendaftaran universitas negeri biasanya dimulai pertengahan April, setelah mahasiswa Perancis selesai ujian. Karena pendaftaran dimulai di musim semi, daftarlah seawal mungkin sehingga dapat menyiapkan semua berkas yang diperlukan sewaktu musim panas, dan dapat memulai perkuliahan di bulan September.  

 

Tips

  • Daftar sewal mungkinPerancis sangat ketat dengan batas waktu pendaftaran, jadi sebaiknya tidak menyiapkan pendaftaran dengan terburu-buru.
  • Daftar ke lebih dari satu universitas jika kamu merasa persentase diterima tidak tinggi. Walau universitas Perancis biasanya memungut biaya pendaftaran, tetap disarankan untuk mendaftar ke lebih dari satu universitas, kecuali kamu yakin pasti akan diterima.
  • Ajukan pertanyaan. International office di setiap universitas bersedia membantu mahasiswa. Hubungi mereka jika ada pertanyaan atau keraguan tentang pendaftaran.

Mencari jurusan

Perancis
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS