Informasi penting
Jerman: Prospek Karir - Wajib dibaca

Kerja Setelah Lulus di Jerman

1607

Bisakah mahasiswa internasional bekerja dan menetap di Jerman setelah lulus dari universitas di sana? Hotcourses Indonesia akan mejelaskan tentang pasar kerja di Jerman, beserta panduan dan tips buat kamu yang berencana untuk bekerja di Jerman setelah lulus dari universitas di sana...

 

Seperti apa pasaran kerja di Jerman?

Cukup banyak mahasiswa internasional yang tinggal di Jerman setelah kelulusan. Pada tahun 2014, German Academic Exchange (DAAD) melaporkan bahwa sekitar  50% mahasiswa internasional menetap di Jerman setelah lulus. Hal ini tidak mengherankan, karena Jerman memiliki tingkat pengangguran terendah di Eropa, dan banyak lowongan kerja yang tersedia di beragam bidang, terutama bagi pemegang gelar dan kualifikasi dari universitas Jerman. Selain itu pemerintah dan masyarakat setempat juga sangat menerima bakat internasional. Bidang yang banyak menawarkan lowongan kerja adalah yang berhubungan dengan kedokteran, teknik, TI, teknologi dan sains.

 

Bisakah saya bekerja di Jerman setelah lulus kuliah?

Mahasiswa dari negara non-EU (Uni Eropa) yang telah lulus, diberikan waktu 18 bulan untuk menetap di Jerman sambil mencari kerja. Jangka waktu ini cukup panjang untuk memberi mahasiswa kesempatan untuk menemukan pekerjaan. Setelah menemukan pekerjaan, mahasiswa dapat bekerja tanpa batas, selama pemasukannya dapat mencukupi kebutuhan hidup. Mahasiswa asal EU tidak memerlukan ijin kerja di Jerman, selama mereka masih memiliki paspor atau ID yang masih berlaku.

 

Tips:

  • Rencanakan dari awal. Mulai melamar kerja sejak semester terakhir.
  • Tunjukkan perbedaanmu. Baca panduan cara menulis CV dan referensi.  
  • Manfaatkan fasilitas dukungan karir universitas. Tanyakan informasi kepada para staf karir, hadiri pekan karir sesering mungkin, dan ikuti acara-acara networking.
  • Untuk menambah nilai plus, ikuti kelas Bahasa Jerman. Memang di Jerman banyak perkuliahan dalam Bahasa Inggris, tetapi jika kamu memang ingin menetap dan bekerja di Jerman, sebaiknya menguasai Bahasa Jerman tingkat dasar. Memiliki kemampuan berbahasa Jerman juga menunjukkan kepada pemberi kerja bahwa kamu berkomitmen untuk bekerja dan tinggal di Jerman.
  • Tibalah lebih awal sewaktu wawancara. Jerman sangat mementingkan ketepatan waktu. Ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu dimana wawancara akan diselenggarakan, supaya bisa tiba disana tepat waktu. Dan tidak menghabiskan waktu untuk mencari alamat pada hari H.

 

Situs-situs berguna untuk mencari pekerjaan di Jerman:

 

Good luck!

Mencari jurusan

Jerman
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS