Informasi penting
Jerman: Info Negara Tujuan

APAKAH JERMAN AKAN MENGGANTIKAN INGGRIS SEBAGAI NEGARA KULIAH PALING POPULER DI EROPA?

661

Berdasarkan laporan terbaru, pendaftaran mahasiswa internasional di Jerman naik 7% pada tahun 2015, dan diprediksikan akan terus meningkat.

 

Dengan biaya kuliah yang murah, dan bahkan gratis, ditambah lagi dengan institusi-institusi pendidikan bermutu serta kesempatan kerja setelah kelulusan yang menarik, tidak heran semakin banyak mahasiswa internasional berbondong-bondong mendaftarkan diri ke Jerman tahun lalu.

 

Menurut laporan tahunan Wissenschaft weltoffen, oleh DAAD dan DZHW, jumlah mahasiswa internasional yang mendaftar ke Jerman naik 7% pada tahun 2015, dengan jumlah total 321, 569 orang.

 

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari sebuah situs di Inggris, biaya pendidikan sarjana berkisar antara £15,295 hingga £22,515 bagi mahasiswa non Uni Eropa. Ketersediaan bantuan dana bagi mahasiswa Eropa diragukan untuk masa mendatang, setelah Inggris memutuskan untuk keluar dari Uni Eropa di bulan Juni 2016 nanti.

 

Akankah Jerman menggantikan Inggris sebagai negara destinasi kuliah paling favorit di Eropa di masa mendatang? Menurut kajian terbaru dari India's M.M. Advisory (kumpulan para ahli dalam pendidikan internasional), tampaknya kemungkinan ini tidaklah kecil.  


“Tahun lalu, Jerman menarik perhatian global, pada saat mereka mengumumkan inisiatif untuk membebaskan biaya kuliah bagi mahasiswa internasional,” kata M.M. Advisory. “Hal ini membuat banyak mahasiswa, terutama dari negara yang biaya kuliah yang tinggi, seperti Amerika, untuk menjadikan Jerman sebagai pilihan dari negara tujuan kuliah mereka.

 

"Berdasarkan pergerakan mahasiswa internasional dalam tiga tahun terakhir, dan inisiatif Jerman yang sangat menarik bagi mahasiswa internasional, kami memprediksikan Jerman akan menggantikan Inggris, dan menjadi pemimpin pendidikan internasional di Eropa dalam waktu lima tahun mendatang.”

 

 

 

Dari mana asal mahasiswa internasional di Jerman?


Berbeda dengan Inggris, universitas-universitas di Jerman tidak terlalu tergantung pada sumber tertentu, dan memiliki badan mahasiswa internasional yang lebih beragam. Hal ini merupakan modal yang bagus untuk mempertahankan, bahkan meningkatkan jumlah mahasiswa internasional.

 

Mahasiswa asal Cina merupakan populasi terbanyak, lebih dari 30,000 mahasiswa (dengan skala satu dari delapan mahasiswa internasional), dan jumlah mahasiswa asal India meningkat  25%, serta berhasil menggeser Rusia sebagai populasi mahasiswa internasional kedua terbesar di Jerman.

 

Rusia berada di posisi ketiga, dengan jumlah 11,534 mahasiswa, diikuti oleh Austria (9,875 mahasiswa) dan Perancis (7,305 mahasiswa).  

 

 

 

Apa yang menarik mahasiswa internasional untuk kuliah ke Jerman?

 

Kesempatan kerja

Ternyata kesempatan kerja setelah kelulusan adalah daya tarik yang paling besar bagi mahasiswa internasional. Survei DAAD pada tahun 2014 menunjukkan bahwa lebih dari setengah dari 11,000 responden mahasiswa internasional mengatakan bahwa mereka ingin tetap tinggal di Jerman setelah menyelesaikan kuliah.


Selain itu program RISE DAAD juga memberikan banyak kesempatan pengalaman kerja sewaktu kuliah. 

 

Apakah kamu juga ingin kerja di Jerman setelah lulus kuliah? Coba cek artikel ini -> KERJA SETELAH LULUS KULIAH DI JERMAN
 

 

Biaya kuliah rendah atau bahkan GRATIS

Sementara biaya kuliah dan biaya hidup di negara-negara lain semakin meningkat, Jerman yang menawarkan biaya kuliah rendah atau bahkan gratis menjadi daya tarik yang sangat besar bagi mahasiswa yang ingin menghemat biaya kuliah. Laporan DAAD pada tahun 2014 menyampaikan bahwa 68% mahasiswa tergiur oleh biaya kuliah jerman yang rendah. 

 

Kebanyakan program sarjana dibebaskan dari biaya kuliah, atau sangat murah, dan bahkan tersedia kesempatan untuk melanjutkan ke gelar pascasarjana dengan biaya rendah jika kamu menyelesaikan gelar sarjana di institusi Jerman.

 

 

Program kuliah berbahasa Inggris

Sekarang terdapat semakin banyak program kuliah yang disampaikan dalam Bahasa Inggris di Jerman, terutama untuk program pascasarjana (terdapat hampir 1,000 program yang disampaikan dalam bahasa Inggris). 

 

Survei DAAD menyatakan bahwa 72% responden tertarik untuk kuliah ke Jerman karena gelar-gelar dari institusi Jerman diakui secara internasional.

 


Institusi pendidikan bermutu tinggi

Menurut 89% responden survei DAAD, faktor utama yang mendorong mahasiswa internasional untuk berkuliah ke Jerman adalah kualitas pendidikan di Jerman.

 

Tertarik untuk kuliah di Jerman? Segera cari program kuliah yang cocok dan mulai petualanganmu di luar luar negeri juga!

 


Seberapa tinggi kaliber gelar dari institusi pendidikan Jerman?

Apa yang bisa kamu capai dengan gelar dari universitas Jerman? Coba cek video berikut dari Study in Germany. Kamu akan melihat bagaimana enam mahasiswa internasional muda yang memiliki gelar dari universitas Jerman berhasil menemukan karir yang sukses di negara asal mereka.

 

Mencari jurusan

Jerman
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS