Informasi penting
Jerman: Info Negara Tujuan

KULIAH S1 DI JERMAN LEBIH MURAH DARIPADA KULIAH DI INDONESIA

1587

“Hah??Masa sih!! Yang bener?” Mungkin itu respon sebagian besar orang. Wajar, karena begitu mendengar kuliah ke luar negeri, yang terbayangkan lebih dulu adalah biaya yang mahal, apalagi ke Jerman, Eropa.

 

Untuk mengklarifikasi hal ini, Lembaga Alumni Eropa menjelaskan dengan sangat baik:

 

“Dari segi biaya, jika kamu membandingkan antara universitas swasta di Indonesia yang termasuk dalam kategori mahal, maka jelas kuliah di Jerman akan JAUH LEBIH MURAH! Karena sebagian besar universitas Jerman tidak memungut biaya kuliah. Biaya hidup yang harus dipenuhi pun dapat ditutup dengan banyaknya kesempatan kerja sambilan/part time buat mahasiswa internasional”.

 

Ternyata, kuliah ke Jerman tidak hanya unggul dalam segi biaya, masih banyak keunggulan yang bisa kamu dapatkan. Dua kelebihan di bawah ini hanyalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari berkuliah ke luar negeri:

 

 

MENGHAFAL VS KREATIF

 

 

Walau dari segi fasilitas universitas swasta di Indonesia kebanyakan sudah dinilai mencapai standar tinggi, atau bisa bersaing secara internasional, kualitas pengajaran dan penyampaian masih perlu ditingkatkan. Mungkin karena terikat tradisi dan kebiasaan, pengajaran di Indonesia masih belum bisa terlepas dari budaya “menghafal”, yang sangat bertolak belakang dengan universitas-universitas di luar, di mana kreatifitas dan keberanian untuk mengemukakan pendapat sangat didorong dan dihargai.

 

 

PELUANG NETWORKING

 

 

Satu informasi yang sangat penting untuk diketahui adalah, kuliah bukan hanya untuk mengejar gelar, tetapi juga merupakan kesempatan untuk membangun jaringan (networking). Semakin luas jaringan yang kamu bentuk, semakin mudah pula kamu memasuki dunia kerja. Kuliah di luar negeri akan membuka wawasan, pola pikir dan tentu saja memperluas jaringanmu, karena kamu akan bergaul dengan para mahasiswa, staf dan dosen dengan latar belakang internasional. Kesempatan ini tentunya susah kamu dapatkan di dalam negeri.

 

Ingin tahu seberapa besar proporsi mahasiswa internasional di suatu universitas? Coba Hotcourses Diversity Index (HDI)! Kamu bahkan bisa melihat persentase mahasiswa internasional berdasarkan warga negara. Jika pengalaman kuliah dan bergaul dengan mahasiswa internasional dari berbagai negara di dunia adalah sesuatu yang ingin kamu rasakan dari perkuliahan di luar negeri, HDI bisa membantu kamu menemukan universitas yang tepat.

 

 

 

DAN LAIN-LAIN…

 

 

 

Walau kuliah ke Jerman itu murah dan berkualitas, tidak berarti kamu bisa asal pilih. Ini ada beberapa tips dari Lembaga Alumni Eropa supaya kamu bisa kuliah di Jerman dengan sehemat-hematnya dan semulus-mulusnya:

 

1. Cari informasi dari organisasi nirlaba, atau para alumni lulusan universitas di Jerman, bukan dari agen pendidikan ke luar negeri yang mungkin lebih mengedepankan keuntungan.

 

2. Pastikan kamu mendapatkan informasi dari lulusan setidaknya S1 (Bsc.) di Jerman, akan lebih bagus lagi yang baru lulus, supaya informasi yang kamu dapatkan adalah info terbaru dan paling akurat. Bertanya kepada orang yang berpengalaman setidaknya akan menghindari kamu dari kesalahan-kesalahan tak terduga, atau mungkin mereka mengetahui lebih banyak jalan pintas dan celah-celah yang tidak bisa kamu dapatkan hanya dari sekedar searching di internet atau di buku panduan.

 

3. Pastikan kamu sudah mengikuti kursus bahasa Jerman dengan fokus akademik, bukan hanya sekedar melatih percakapan saja.

 

4. Sewaktu ingin mendaftar, pastikan kamu sudah paham dengan cara mendaftar, termasuk dokumen-dokumen yang perlu disiapkan, cara berangkat, dan akomodasi telah kamu pesan dan tersedia sebelum kamu berangkat ke Jerman.

 

5. Jika membaca ulasan universitas, usahakan kamu bisa menghubungi mahasiswa yang bersangkutan, baik itu via email atau chatting, daripada hanya sekedar membaca testimonial yang hamper selalu positif di situs agen pendidikan.

 

 

Tertarik untuk kuliah ke Jerman? Coba lihat universitas apa saja yang tersedia di sana (klik gambar di bawah ini) :

 

 

 

Butuh informasi lebih komplit tentang kuliah ke Jerman? Klik gambar di bawah ini:

 

 

 

Sumber: http://www.alumnieropa.org/tips-kuliah-di-jerman-dengan-hemat/

http://www.alumnieropa.org/kuliah-di-universitas-swasta-mahal-atau-di-universitas-negeri-di-jerman/

 

 

Mencari jurusan

Jerman
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS