Informasi penting
Jerman: Info Negara Tujuan - Wajib dibaca

Mengapa kuliah di Jerman?

3116

Terletak di pusat Eropa, dengan biaya kuliah gratis, Jerman punya segudang alasan sebagai tempat paling sempurna untuk mengejar gelar pendidikan tinggi…

 

1. Insititusi Pendidikan Berkualitas
 

Jerman adalah destinasi kuliah non-Anglophone paling populer di dunia. Selain itu, Jerman juga memiliki banyak universitas peringkat atas di Eropa Barat. Pada tahun 2015, Times Higher Rankings menempatkan LMU Munich di posisi ke-29 terbaik di dunia, Heidelberg University di peringkat ke-37 dan Humboldt University of Berlin di peringkat ke-49, serta banyak institusi Jerman lainnya yang masuk dalam 100 besar universitas terbaik di dunia.

 

Terkenal akan kualitas pengajaran dan fasilitas-fasilitas canggih, pemerintah Jerman juga sangat mendukung sektor pendidikan tinggi. Setiap tahun dana dianggarkan untuk proyek penelitian, sehingga memungkinkan mahasiswa untuk menjalankan berbagai proyek individual dan penelitian yang menjadi pelopor di bidangnya.

 

2. Tanpa Biaya Kuliah

 

Apakah kamu berangan-angan kuliah di Eropa tetapi kemudian kecewa karena membayangkan biaya kuliah yang mahal? Jika itu yang menjadi halangan, kamu bisa mempertimbangkan Jerman, dimana biaya kuliah itu GRATIS untuk pendidikan tingkat sarjana, sekalipun untuk mahasiswa internasional!

 

Bahkan, jika kamu lulus S1 dari univeristas Jerman, kamu juga berkesempatan kuliah S2 gratis di Jerman. Tanpa biaya kuliah, kamu bisa mengalokasikan lebih untuk biaya hidup seperti akomodasi, materi pelajaran, bersosialisasi dan travelling!  

 

BACA:

Langkah-langkah Kuliah Gratis di Jerman


3. Kesempatan Kerja

 

Setelah lulus, mahasiswa internasional diijinkan untuk tinggal selama 18 bulan di Jerman untuk mencari pekerjaan. Kebijakan ini sangat membantu mahasiswa internasional, jika dibandingkan dengan Inggris yang hanya memberikan waktu tiga bulan.

 

Menurut laporan German Academic Exchange (DAAD) pada tahun 2004, 50% mahasiswa internasional menetap di Jerman setelah lulus kuliah. Universitas-universitas di Jerman membina koneksi yang kuat dengan berbagai perusahaan, sehingga mahasiswa sangat terbantu sewaktu mencari lowongan magang ataupun penempatan kerja.

 

Times Higher Education’s Global Employability University Ranking menempatkan Technical University of Munich di posisi ke-11 di dunia untuk prospek kerja mahasiswa pada tahun 2015 (peringkat tertinggi untuk institusi asal luar Inggris, Amerika atau Kanada).


4. Kualitas Hidup
 

Hidup sebagai mahasiswa di Jerman sangatlah luar biasa. Kebanyakan kota utama di Jerman seperti Berlin, Munich dan Hamburg adalah pusat kebudayaan, seni dan musik. Ada banyak yang bisa dilihat dan dilakukan. Baik kamu tertarik dengan olahraga, politik, sejarah atau seni, kamu pasti akan menemukan sesuatu yang sesuai dengan minat kamu.

 

Berkat kekuatan ekonomi dan infrastruktur, transportasi umum di Jerman sangatlah praktis, aman dan cepat. Kamu bisa menjelajahi mulai dari bangunan-bangunan moderen, kastil-kastil medieval dan berbagai taman asri, hingga pemandangan malam yang menakjubkan di kota-kota besar.  

 

5. Lingkungan Internasional

 

Jerman adalah surga bagi mahasiswa internasional dan mendukung multikulturalisme. Dengan beragam program kuliah yang disampaikan dalam Bahasa Inggris, dan biaya kuliah gratis, banyak sekali mahasiswa internaisonal datang berkuliah di Jerman. Tahun lalu, lebih dari 300,000 mahasiswa internasional kuliah di Jerman, dan diprediksikan akan semakin meningkat di tahun berikutnya.

 

Jerman juga terletak di tengah Eropa, sehingga sangat mudah untuk berpergian dari dan ke negara-negara Eropa lainnya, di mana kamu bisa melihat kebudayaan baru dan mengunjungi tempat-tempat yang menakjubkan. 

 

Tunggu apalagi? Segera temukan program kuliah yang cocok untukmu di Jerman dan mulai pertualanganmu sekarang juga! 

Mencari jurusan

Jerman
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS