Informasi penting
Jerman: Akomodasi Pelajar - Wajib dibaca

Akomodasi Mahasiswa di Jerman

2869

Jika kamu ingin kuliah ke Jerman, salah satu yang perlu dipertimbangkan sebelumnya adalah, mencari akomodasi mahasiswa di Jerman memerlukan perencanaan dari awal. Berbeda dengan Inggris, Australia dan Amerika, universitas-universitas di Jerman tidak membantu mahasiswa mencari akomodasi. Beberapa student unions (perserikatan mahasiswa) menawarkan bantuan untuk mencari akomodasi, tetapi jika student union di universitasmu tidak menawarkan opsi tersebut, jangan khawatir. Ikuti panduan berikut ini... 


Student Residences

Biasanya biaya sewa untuk satu kamar adalah sekitas €240 per bulan.

Lebih dari 40% mahasiswa internasional tinggal di student residence  – karena biayanya yang realtif murah dan lingkungan yang cukup baik. Banyak alumni yang menjalin persahabatan yang erat dengan teman-teman yang tinggal bersama di tahun pertama. Biaya sewa bisa bervariasi tergantung besar akomodasi, kualitas dan kelengkapan perabotan dan fasilitas yang disediakan.

Jika memungkinkan, kamu bisa menghubungi Student Union di universitas tempat kamu mendaftar: studentenwerke.de atau DAAD (German Academic Exchange Service), yang memberikan layanan untuk mencari akomodasi pelajar. Perlu diingat, daftarlah sedini mungkin.
 
 


Shared Accommodation

Biaya sewa dari shared accommodation (akomodasi bersama) adalah sekitar €280 per bulan. 

Lebih dari 30% mahasiswa memilih jenis akomodasi ini, terutama jika memiliki kelompok teman dekat yang bisa diajak tinggal bersama. Biasanya jenis akomodasi ini berupa flat. Teman satu flat bisa saja mahasiswa internasional ataupun domestik. Di luar biaya sewa kamar, juga terdapat biaya lain seperti listrik, internet, air dll.

Tetapi biaya-biaya ini dibagi bersama teman-teman satu flat. Untuk mencari akomodasi bersama, bisa mencari informasi dari surat kabar lokal, papan pengumuman universitas dan internet, karena biasanya banyak pemilik properti yang mengiklankan kamar yang bisa disewa.

 


Akomodasi pribadi

Kisaran biaya sewa: €300-€500

Jika kamu lebih senang tinggal sendirian, maka pilihan ini mungkin akan lebih cocok, walau akan lebih mahal dari segi harga. Kamu bisa mencari akomodasi ini dari surat kabar lokal atau internet.

Yang paling penting adalah harus hati-hati sewaktu menandatangani kontrak – pelajari terdahulu apa saja yang disediakan. Biasanya jika menyewa satu apartemen, penyewa tidak menyediakan perabotan!


Hal-hal yang perlu diperhatikan:

  • Permintaan dan biaya sewa lebih tinggi di kota-kota Jerman Barat ketimbang di sebelah Timur
  • Permintaan tertinggi adalah sewaktu permulaan semester musim dingin. Jika kamu kesulitan menemukan akomodasi, kebanyakan universitas menawarkan bantuan, akan tetapi biasanya mereka hanya mencarikan akomodasi yang sederhana dan untuk jangka pendek.

 

Tips mencari akomodasi di Jerman:

  • Rencanakan dari awal – terutama jika kamu mendaftar untuk semester musim dingin
  • Banyak mencari informasi. Akomodasi di Jerman bisa saja mahal, jadi cek semua situs yang bisa kamu temukan.
  • Sewaktu menandatangani kontrak akomodasi, bacalah kontrak dengan teliti, dan cek fasilitas apa saja yang tersedia dan tidak tersedia.
  • Kamu perlu membayar biaya bulanan seperti listrik, internet di luar biaya sewa. Jadi perlu mengalokasikan dana lebih untuk ini.

Mencari jurusan

Jerman
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS