Informasi penting
Jerman: Pendaftaran Universitas - Wajib dibaca

Tips Mendaftar Kuliah di Jerman yang Wajib Kamu Ketahui

5641

Hal pertama yang perlu diketahui adalah, di Jerman proses pendaftaran universitas berbeda antara satu universitas dengan universitas lainnya. Panduan ini hanya bersifat umum, disarankan untuk mengunjungi situs universitas, terutama International Office (Akademisches Auslandsamt) untuk informasi lengkap mengenai pendaftaran, batas pendaftaran dan prosedurnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ini adalah beberapa pertanyaan yang perlu ditanyakan kepada International Office:

  • Persyaratan masuk program kuliah yang diminati
  • Kapan perlu mengirimkan formulir pendaftaran
  • Kapan batas akhir pendaftaran
  • Dokumen apa saja yang perlu dilampirkan

Setelah mendapatkan informasi-informasi di atas, kamu bisa melanjutkan ke langkah berikutnya…

 

Kapan sebaiknya mendaftar?

Kebanyakan universitas Jerman menerima pendaftaran dua kali dalam setahun, yaitu untuk gelombang masuk musim dingin atau musim panas.

 

Semester musim dingin

Semester musim dingin dimulai dari bulan September hingga Febuari, atau Oktober hingga Maret. Batas akhir pendaftaran biasanya sekitar 15 Juli*, tetapi disarankan untuk telah melengkapi formulir dan dokumen yang dibutuhkan di sekitar Bulan Mei.

 

Semester musim panas

Semester musim panas biasanya dimulai dari bulan April hingga September, atau Maret hingga Agustus di universitas-universitas sains terapan. 

Batas akhir pendaftaran biasanya sekitar 15 Januari*, tetapi disarankan untuk telah melengkapi formulir dan dokumen yang dibutuhkan di sekitar bulan Desember.

*Ini adalah penanggalan umum untuk setiap semester, disarankan untuk memastikan terlebih dahulu dengan pihak universitas.

 

Dokumen yang dibutuhkan

  • Fotokopi yang telah dilegalisir dari kualifikasi untuk memasuki pendidikan tinggi, misalnya diploma sekolah menengah umum, atau sertifikat (dalam bahasa Indonesia/ tidak perlu diterjemahkan)
  • Transkrip nilai dan mata pelajaran yang diikuti (dalam Bahasa Inggris)
  • Pasfoto ukuran paspor
  • Fotokopi paspor (halaman identitas diri)

         (Panduan foto ukuran paspor untuk Jerman di sini)

  • Sertifikat tes kemampuan bahasa Inggris (TOEFL IBT atau IELTS)

 

Yang perlu diketahui - NC Restrictions

Jurusan-jurusan populer seperti kedokteran, farmasi, kedokteran hewan dan kedokteran gigi sangat digemari mahasiswa, sehingga panitia pendaftaran memberlakukan kuota penerimaan (dikenal dengan istilah NC, singkatan dari Numerus Clausus, serupa dengan Numerus Fixus di Belanda). Pendaftaran dan prosedur penerimaan NC dikelola secara pusat oleh Stiftung für Hochschulzulassung. Akan tetapi, tergantung kasus, pendaftar internasional juga mungkin harus mendaftar via Application Services for International University Applications (uni-assist) atau mendaftar langsung ke universitas.

 

Beberapa program juga memiliki batasan NC lokal, dimana ketentuan NC dapat berubah setiap semester tergantung permintaan dan ketersediaan tempat di universitas.

Pendaftaran untuk jurusan-jurusan populer ini sangat kompetitif, jadi universitas mungkin akan memberlakukan persyaratan masuk tambahan seperti wawancara, ujian masuk, atau meminta surat motivasi. Untuk informasi sedetilnya, disarankan untuk menanyakan langsung ke International Office.

 

Tips untuk mendaftar ke universitas Jerman dari Hotcourses:

  • Mendaftar seawal mungkin (setidaknya enam minggu sebelum batas pendaftaran)
  • Mendaftar ke beberapa jurusan dan universitas yang relevan dengan bidang studi yang kamu minati, untuk memperbesar kemungkinan diterima
  • Pilih kota yang tidak terlalu populer supaya kemungkinan diterima lebih besar
  • Sabar menunggu jawaban. Kamu mungkin perlu menunggu dua bulan atau lebih untuk mendapatkan jawaban dari universitas
  • Daftar Ulang! Jika belum diterima untuk semester musim dingin, cobalah mendaftar lagi untuk semester musim panas

 

Mendaftar kuliah ke Jerman ternyata tidak susah bukan? Mulai cari program kuliah sekarang juga supaya bisa mempersiapkan pendaftaran kamu dengan mantap.

 

BACA JUGA:

Mencari jurusan

Jerman
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS