Informasi penting
Jerman: Pendaftaran Universitas - Wajib dibaca

Sistem Pendidikan Jerman

1633

Terletak di pusat Eropa dan sebagai salah satu negara dengan teknologi paling maju di dunia, Jerman menawarkan pendidikan yang bermutu dan terjangkau. Oleh sebab itulah, Jerman menjadi salah satu negara destinasi kuliah yang digemari banyak pelajar.

Seperti apakah sistem pendidikan tinggi di Jerman? Bagaimana dengan struktur dan kebudayaan akademisnya? Ini adalah informasi penting yang patut dipelajari sebelum mendaftar ke universitas di Jerman...

 

Fakta Cepat

  • Terdapat lebih dari 2 juta mahasiswa yang terdaftar di universitas-universitas Jerman
  • Terdapat lebih dari 380 universitas di 175 kota di Jerman
  • Terdapat lebih dari 15,000 program gelar di Jerman
  • Program gelar Bachelors (S1) berdurasi 6-8 semester (3-4 tahun)
  • Program gelar Masters (S2) berdurasi 2-4 semester (1-2 tahun)
  • Program gelar PhD (S3) berdurasi 6-10 semester (minimal 3 tahun) dan biasanya termasuk tesis doktoral

 

Jenis Institusi

Terdapat tiga jenis universitas:

 

1. Universities (Universit√§ten)

Universitäten atau universitas pada umumnya menawarkan beragam program untuk sebagian besar bidang studi dan berfokus pada pengajaran dan penelitian. Pembelajaran tradisional dan banyak bidang studi khusus juga dapat ditemukan di sini.

 

2. Universities of applied sciences (Fachhochschulen)

Universities of applied sciences (Universitas Ilmu Terapan) berfokus pada gaya pembelajaran yang lebih praktikal dan bersifat terapan, termasuk pekerjaan dan tugas yang dibimbing atau dalam bentuk penempatan kerja di perusahaan atau departemen khusus. Universitas-universitas ini berfokus seputar bidang TI, teknik, teknologi, studi yang relevan dengan bisnis, pekerjaan sosial, desain, pendidikan, keperawatan, serta sains terapan dan alami.

 

3. Universities of Art, Music and Film (Kunst- und Musikhochschulen)

Universities of Art, Music and Film (Universitas Seni, Musik dan Film) menawarkan gaya pembelajaran yang paling independen. Biasanya dibutuhkan tes minat dan bakat untuk membuktikan mahasiswa memiliki bakat seni di bidang pilihan mereka. Mata kuliah yang dipelajari semua bersangkutan dengan seni, mulai dari seni rupa, fashion design, film, musik instrumental hingga desain grafis.

 

Sudah lebih jelas dengan sistem pendidikan tinggi di Jerman? Mengapa tidak mulai mencari program kuliah yang sesuai sekarang juga?

Mencari jurusan

Jerman
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS