Informasi penting
Hongkong: Prospek Karir - Wajib dibaca

MENCARI PEKERJAAN SETELAH LULUS DI HONG KONG

1657

PELAJARI BAGAIMANA ANDA BISA MEMULAI KARIR ANDA SETELAH LULUS DI HONG KONG TERMASUK BAGAIMANA UNIVERSITAS ANDA DAPAT MEMBANTU ANDA MENDAPATKAN PEKERJAAN....

Sebaga pusat finansial, perdagangan, hubungan internasional dan budaya, ribuan lulusan mencari pekerjaan di Hong Kong setiap tahunnya. Antara hubungan unik dengan China dan sektor layanan yang meningkat pesat, banyak kesempatan untuk mahasiswa internasional untuk tetap tinggal di Hong Kong setelah kelulusan mereka dan memulai karir. Ingin kuliah di Hong Kong, tetapi belum yakin akan apa yang dapat Anda peroleh setelah kelulusan? Mari lihat panduan kami untuk mendapatkan pekerjaan di Hong Kong.

 

Dapatkah saya tinggal di Hong Kong?

Untuk tetap tinggal di Hong Kong dan bekerja setelah kuliah, Anda perlu mendaftar ke Departemen Imigrasi untuk mendapatkan Immigration Arrangements for Non-Local Graduates (IANG). Jika Anda mendaftarkan aplikasi dalam waktu 6 bulan setelah kelulusan, Anda akan dikategorikan sebagai lulusan baru non lokal, dan tidak perlu untuk terlebih dahulu mendapatkan pekerjaan ketika Anda mendaftar. Anda diijinkan untuk tinggal di Hong Kong sampat 12 bulan setelah kelulusan Anda berdasarkan peraturan ini.

Jika Anda mendaftar setelah enam bulan sejak kelulusan, walaupun jika Anda sudah tidak tinggal di Hong Kong Anda akan dikategorikan sebagai lulusan non lokal. Dalam hal ini, Anda perlu terlebih dahulu mendapatkan pekerjaan sebelum Anda mendaftar. Pekerjaan yang diperlukan haruslah level lulusan sarjana, dengan pendapatan setara dengan standar. Tidak tergantung pada berapa kali Anda keluar masuk Hong Kong dalam kehidupan Anda, jika Anda memiliki gelar sarjana dari Hong Kong, Anda akan dapat mendaftar IANG sesuai kebutuhan Anda.

Untuk mendaftar, Anda perlu mengisi Form ID 990A dan menyiapkan sejumlah dokumen lain dan mengirimkan langsung ke kantor Departemen Imigrasi. Anda dapat melihat panduan aplikasi dan nasihat di halaman ini.

Setelah Anda menyelesaikan program belajar Anda, Anda memiliki waktu empat minggu sebelum Anda harus meninggalkan Hong Kong. Anda dapat mendaftar untuk dikategorikan IANG sebelum kelulusan Anda. Untuk melakukan ini, Anda harus mendaftar ke universitas Anda untuk meminta Letter of Certification, dan memasukkannya sebagai dokumen pendukung di aplikas Anda ke Departemen Imigrasi.

 

Seperti apa lapangan pekerjaan untuk lulusan sarjana?

Ekonomi di Timur sedang tumbuh. Hong Kong walaupun sebagai ‘Macan Asia’ terkecil, tetapi memiliki peranan penting dalam mempertahankan pertumbahan ekonomi China dan mengurangi tingkat pengangguran ke 3.4%, ribuan mahasiswa datang ke Hong Kong untuk mencari karir lebih baik setiap tahunnya.

Home to one of the world’s freest economies, Hong Kong is a key financial and international centre of trade. ulusan bidang FinansialPerbankan, dan TI sangatlah diperlukan, dan keahlian dan pengetahuan pada bidang Hukum dan Akuntansi diutamakan. Walau lapangan pekerjaan terbuka untuk semua pengguna bahasa Inggris, kandidat yang dapat berbahasa atau mengerti Cantonese, walaupun hanya dalam percakapan sederhana memiliki nilai tambah tersendiri. Bahasa Mandarin hanya dipergunakan di berbagai komunikasi bisnis, tetapi juga merupakan pengetahuan berguna bergantung pada bidang keahlian Anda.

Terdapat banyak perusahaan multinasional yang ada di Hong Kong membuat proser mencari dan aplikasi lebih mudah untuk lulusan yang telah balik ke negara mereka. Tentunya juga lebih mudah untuk mendaftar ke perusahaan yang familiar dengan Anda.

Hong Kong memiliki sektor jasa yang sangat kuat yang terhitung lebih dari 90% dari GDP negara, dan akan terus tumbuh. Lulusan Akuntansi dan Keuangan, Arsitektur dan Perencanaan Kota, Perbankan, Kesehatan and Ilmu KehidupanManajemen dan Sumber Daya Manusia, ICT and Hukum Internasional akan menikmati kesempatan kerja yang beragam.

 

Bagaimana saya mendapatkan pekerjaan?

Anda dapat mencari pekerjaan melalui: papan lowongan kerja, surat kabar, dari koneksi yang Anda miliki pada waktu pekan karir. Terkadang, universitas Anda akan menjalankan layanan mahasiswa yang dapat membantu Anda menemukan jalur yang tepat, atau menempatkan Anda langsung dengan perusahaan.

Anda akan meningkatkan kesempatan mendapatkan pekerjaan lebih tinggi jika Anda telah mengetahui sektor bisnis yang ingin Anda masuki sebelum mulai mendaftar. Publikasi seperti Wall Street Journal AsiaSouth China Morning Post dan the Standard akan membantu Anda mendapatkan informasi terbaru tentang berita terbaru, juga memberikan informasi spesifik tentang bisnis, keuangan dan berita ekonomi. Anda juga dapat membaca statistik dari industri spesifik pada HK Economy page of the Hong Kong Trade Development Council (HKTDC) website.  Anda juga dapat menggunakan mesin pencari di internet seperi Monster HK  atau jobsDB.

Jika Anda mendaftar di institusi terakreditasi Hong Kong dan program studi Anda lebih lama dari satu tahun akademik, terkadang Anda juga dapat menyelesaikan program magang sebagai bagian dari kurikulum Anda. Walau program ini tidak diperuntukan untuk pekerjaan jangka panjang, Anda akan mendapakatkan kenalan professional dan dapat memulai mendapatkan kenalan yang dapat membantu Anda di jalur Anda.

 

Dapatkan universitas saya membantu?

Di hampir semua kasus universitas Anda tentu dapat membantu Anda dalam berbagai cara. Apakah melalui penempatan kerja, papan lowongan kerja atau memberikan Anda rekomendasi, Anda harus menggunakan segala kesempatan yang tersedia sebaik mungkin.

Sebagai contoh, University of Hong Kong (HKU) menjalankan CEDARS, layanan penempatan karir yang tersedia untuk seluruh mahasiswa HKU. Mahasiswa dapat mecari pekerjaa, membaca statistik lowongan kerja per sektor, mendapatkan persiapan karir dan nasihat serta informasi tentang seminar karir dan even.

Hong Kong Polytechnic University meminta semua mahasiswa Sarjana untuk menyelesaikan program wajib penempatan kerja Work-Integrated Education (WIE) sebagai bagian dari kurikulum mereka. Mahasiswa bisa mengambil kesempatan ini untuk mendapatkan pengalaman industri yang berharga, melihat kesempatan kerja dan memulai hubungan professional yang dapat dipergunakan nantinya.

 

Sekarang jika Anda telah mendapatkan gambaran lebih baik tentang apa yang akan terjadi setelah kelulusan Anda, Mengapa tidak memulai mencari program kuliah di Hong Kong sekarang dan merencanakan pengalaman kuliah di luar negeri Anda?

 

Tautan Berguna

'3 Bidang kuliah yang patut dipelajari di Hong Kong'

'Visa pasca-kuliah di Hong Kong'

Mencari jurusan

Hongkong
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS