Informasi penting
Hongkong: Info Negara Tujuan - Wajib dibaca

Biaya Hidup di Hong Kong

11725

Hong Kong adalah kota dengan pemandangan yang indah, gabungan antara pemandangan alam maupun pemandangan kota yang modern. Jika Anda cukup beruntung, Anda bisa saja tinggal di lokasi dengan latar belakang pegunungan dan lautan saat kuliah di Hong Kong. Jika tidak, Anda tidak perlu kecewa. Transportasi di Hong Kong sangatlah praktis dan mempunyai jangkauan yang luas. Anda bisa mengunjungi seluruh pelosok kota Hong Kong dengan gampang.

Akomodasi

Biaya akomodasi di Hong Kong tetap termasuk tinggi walau tidak semahal di London ataupun California. Ini dikarenakan Hong Kong adalah kota yang padat dengan populasi penduduk yang banyak. Anda harus mempersiapkan sekitar HK$10,000-17,000 untuk biaya akomodasi per tahun. Untuk alternatif yang lebih murah, Anda bisa mencari asrama di dalam universitas yang biasanya disubsidi oleh pemerintah khusus untuk pelajar. Untuk tarif per kamar, Anda bisa mencari informasi dengan langsung menghubungi universitas yang Anda minati, atau mencoba mengakses link ini:  University of Hong Kong’s guide. Anda juga bisa memilih untuk tinggal di kamar single atau gabungan. Kamar gabungan tentu saja akan lebih murah dibandingkan dengan kamar single.

Kamar asrama di Hong Kong lebih sempit dibandingkan dengan tempat tinggal di luar kampus. Anda mungkin harus berbagi kamar dengan teman sekamar Anda dan tidak ada kamar mandi di setiap kamar. Jika Anda merasa tidak nyaman dengan kondisi seperti ini, Anda bisa mencari tempat tinggal di luar kampus. Hong Kong adalah kota yang aman. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika harus berpergian sendiri di malam hari. Selain itu, sarana transportasi juga sangat praktis dan menjangkau banyak daerah. Jadi sebenarnya tinggal di luar kampus juga tidak menjadi masalah. Jika Anda lebih memilih untuk tinggal di luar kampus, Anda bisa mengakses link di bawah ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut:

Kebanyakan dari universitas di Hong Kong merupakan bangunan yang baru dibangun di abad ke-20 dan tidak memiliki sejarah yang panjang seperti universitas-universitas di Inggris. Oleh karena itu bangunannya juga lebih modern dan mempunyai desain yang lebih kontemporer.

Satu hal yang membedakan universitas Hong Kong dengan universitas di Amerika dan Inggris adalah para mahasiswa diharuskan untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial; misalnya makan bersama-sama teman sekelas di kantin. Tujuannya adalah membangun ikatan dan kekompakan antara para mahasiswa. Kadang ada petugas-petugas admisnistrasi yang akan memberikan hukuman bagi para mahasiswa yang tidak mengikuti kegiatan sosial.

Biaya Hidup Lainnya

Tergantung tempat tinggal Anda, Anda mungkin harus membayar biaya tambahan seperti biaya listrik, biaya berlangganan internet dan lain-lain.  Berikut ini adalah perkiraan biaya per bulan:

  • Gas: HK$0.22/MJ
  • Listrik: HK$1.04/kWh
  • Air: 12 m pertama bebas biaya +  HK$4-6/ m
  • Internet: HK$200 (Hong Kong Broadband Network; 500Mbps)
  • Telepon Selular: HK$100-300

Transportasi

Sarana transportasi umum di Hong Kong praktis dan terjangkau. Dengan adanya MRT, train, bis dan juga taxi, Anda bisa pergi kemana saja dengan bebas tanpa perlu memiliki kendaraan sendiri. Perkiraan untuk biaya transportasi yang pada umumnya dipakai adalah sebagai berikut:

  • Train: HK$25/hari, atau HK$600/ bulan
  • Bis: HK$6 sekali jalan

Makanan

Harga makanan di Hong Kong termasuk terjangkau untuk kebanyakan pelajar. Anda membayar sekitar HK$ 25-35 untuk makan enak di cafe. Jika Anda memasak sendiri tentu akan lebih hemat lagi. Berikut ini adalah daftar harga beberapa makanan yang biasa dikonsumsi:

  • Beras Thailand (8kg): HK$89
  • Daging Ayam Beku: HK$100-120 per kg
  • Sayur-sayuran: HK$14-18 per kg
  • Menu Combo Meal di McDonalds: HK$35
  • Cappuccino Starbucks (ukuran regular): HK$30
  • Coca-cola/Pepsi: HK$4.5 (330ml)
  • Air Mineral: HK$4-5 (Bonaqua, 770ml)

*Berdasarkan website xe.com, saat ini (26 September 2013), 1HK$ = Rp 1450,00. 

Mencari jurusan

Hongkong
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS