Informasi penting
Hongkong: Info Negara Tujuan - Wajib dibaca

HONG KONG MENJADI KOTA PALING BANYAK DIKUNJUNGI DI DUNIA

1758

BERITA TERBARU TENTANG HONG KONG TERPILIH MENJADI KOTA YANG PALING BANYAK DIKUNJUNGI DI DUNIA TAHUN 2013.

Dengan 7,16 juta penduduk, terkenal sebagai pusat bisnis dunia dan sektor pendidikan yang sedang berkembang, Hong Kong mendapat gelar sebagai ‘kota paling panyak dikunjungi’ dalam sejarahnya.

Hong Kong terpilih menjadi kota tujuan liburan yang paling didambakan oleh wisatawan internasional pada penelitian terbaru yang dilakukan oleh perusahaan peneliti pasar Euromonitor.

Berdasarkan data beragam perjalanan, termasuk data statistik pemerintah dan kedatangan bandara, penelitian ini membandingkan 100 kota terbaik dunia bagi kunjungan wisatawan internasional.

Penelitian ini menemukan bahwa Hong Kong telah menarik 23,8 juta wisatawan selama tahun 2012, dimana menunjukkan peningkatan sebesar 6,5% dari tahun sebelumnya. Sebanyak 63,5% dari keseluruhan wisatawan tahun 2012 berasal dari negara Tiongkok, yang menandakan peningkatan tahunan 11,1% dari kunjungan wisatawan Tiongkok.

Hasil penelitian yang sama tahun 2009 menunjukkan bahwa London, Bangkok, dan Singapura menempati posisi puncak, dengan Hong Kong di posisi 10. Pada tahun 2010 sebanyak 20 juta kedatangan di bandara Hong Kong, berhasil melambungkan posisi Hong Kong ke posisi teratas, dengan peningkatan tajam atas kedatangan wisatawan dari Tiongkok.

Pada tahun 2013, sebanyak 54,3 juta wisatawan berkunjung ke Hong Kong, dengan 74,1% di antaranya berasal dari Tiongkok. Selain wisatawan Hong Kong, tingkat kunjungan cenderung tetap dari tahun 2012 sampai 2013.

Sebagian besar wisatawan Tiongkok menempuh perjalanan pulang-pergi dari kota tetangga Hong Kong, yakni ShenZhen, biasanya mereka mengambil keuntungan atas perbedaan harga dari barang-barang kebutuhan hidup sehar-hari. Sebanyak 50% wisatawan internasional Hong Kong tidak menginap di Hong Kong.

‘Terdapat perbedaan yang sangat penting antara turis yang menginap dan yang hanya kunjungan pulang-pergi,’ ujar Profesor Bob McKercher dari School of Hotel and Tourism Management di Hong Kong Polytechnic University pada TimeOut Hong Kong. ‘Turis yang menginap bukanlah masalah. Mereka berada di sekitar tempat-tempat wisata dan melakukan kegiatan-kegiatan selayaknya turis. Mereka dapat diatur dengan baik.’

‘Yang menjadi tantangan adalah pengunjung yang hanya pulang-pergi. Mereka dapat berada di mana saja, berbelanja atau makan, dan mereka kembali pulang. Mereka lah yang menjadi masalah saat ini.’

Euromarket membahas mengenai peningkatan permintaan untuk mempersingkat proses pengurusan visa bagi wisatawan Tiongkok, atas dasar peningkatan kunjungan wisatawan Tiongkok ke Paris hingga 16,1% dari 2011-2012. Pada tahun yang sama, industri pariwisata Tiongkok meningkat 62%.

Setelah penurunan ekonomi akibat kasus epidemik SARS, pemerintahan Hong Kong membuat kebijakan untuk meningkatkan industri pariwisatanya, seperti Individual Visit Scheme, yang mengizinkan wisatawan Guangdong dan propinsi lainnya untuk datang berkunjung ke Hong Kong tanpa harus menjadi bagian dari kelompok/grup tertentu.

Walau wisatawan yang melakukan kunjungan pulang-pergi menimbulkan masalah atas sumber-sumber di kota, namun mereka juga telah meningkatkan margin laba Hong Kong sendiri. Wisatawan Tiongkok mampu menghabiskan rata-rata HK$6,000 per hari, sementara laba keseluruhan yang diperoleh dari wisatawan kunjungan pulang-pergi di tahun 2012 melebihi HK$50 miliar.

Dan rupanya angka pertumbuhan tersebut tidak menunjukkan kondisi melemah. Sebuah laporan baru dari Komisi Pariwisata telah memproyeksi bahwa 70 juta wisatawan akan berkunjung ke kota Hong Kong di tahun 2017, dan meningkat menjadi 100 juta wisatawan pada tahun 2023.

Enam dari sepuluh kota dengan kunjungan paling banyak dunia berlokasi di Asia, menunjukkan keberhasilan dalam mempersingkat proses pengurusan visa bagi wisatawan Tiongkok. Sebanyak 32 dari 100 kota berada di kawasan Asia Pasifik, angka ini menunjukkan lebih banyak 12 kota dibanding kota-kota di kawasan Eropa Barat.

Mencari jurusan

Hongkong
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS