Informasi penting
Hongkong: Info Negara Tujuan - Wajib dibaca

Mengapa Kuliah di Hong Kong?

3491

Pelajar internasional cenderung mudah beradaptasi saat kuliah di Hong Kong karena Bahasa Inggris cukup umum digunakan di negara ini. Negara ini merupakan perpaduan antara budaya barat dan timur. Tradisi yang beragam serta keindahan alam di kota metropolitan membuat mahasiswa internasional dapat menikmati kehidupan yang berwarna saat kuliah. Alasan lain bagi pelajar internasional untuk kuliah di Hong Kong adalah universitasnya yang terdaftar dalam berbagai tabel peringkat universitas internasional.

 

Bahasa

Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa utama yang dipakai di Hong Kong. Bahasa Inggris juga merupakan bahasa pengantar yang dipakai di 8 universitas di Hong Kong. Oleh karena itu para pelajar internasional bisa dengan mudah mengikuti pelajaran dan menyesuaikan diri di Hong Kong. 

 

Selain itu, para pelajar internasional juga dapat dengan mudah berpergian kemana-mana karena selalu ada pentunjuk jalan yang jelas dalam Bahasa Inggris. Tentu saja, mereka bisa juga memilih untuk belajar Bahasa Kanton untuk memperluas pergaulan mereka dengan masyarakat setempat.

 

Sejarah dan Budaya

Sejarah kolonial dan pelabuhan internasional di Hong Kong memberikan karakteristik budaya yang unik karena merupakan perpaduan antara budaya barat dan timur. Oleh karena itu, berbeda dengan kota dengan tradisi yang kuat seperti Jepang, masyarakat Hong Kong sangat terbuka dan bisa menerima budaya asing sehingga para pelajar internasional tidak perlu khawatir akan susah berbaur dengan lingkungan setempat.

 

Untuk kebutuhan hidup, merek-merek internasional bisa ditemukan dengan mudah di Hong Kong, bahkan dengan harga yang lebih murah. Begitu juga dengan makanan. Budaya yang beragam di Hong Kong menjadikan Hong Kong sebagai surga makanan yang menyediakan beragam jenis makanan dari berbagai negara di dunia. Anda akan merasa nyaman seperti berada di rumah sendiri saat tinggal di Hong Kong.

 

Di Hong Kong, Anda tidak akan merasa bosan dengan pemandangan yang begitu-begitu saja. Hong Kong memiliki struktur geografi yang beragam. Anda bisa menemukan pemandangan kota dengan bangunan-bangunan tinggi, modern dan unik serta pencakar langit yang menakjubkan; begitu juga dengan pemandangan malam yang indah dengan permainan lampu berwarna-warni. Selain itu Anda juga bisa menemukan pemandangan alamiah seperti pegunungan, lautan, taman-taman buatan yang penuh dengan tanaman yang asri; semuanya di dalam satu kota yang sama.  

 

Peringkat Universitas

Walaupun Hong Kong hanya memiliki 8 Universitas negeri, peringkat universitas-universitas tersebut tidak perlu diragukan, bahkan di peringkat dunia, terutama di Asia. QS belakangan ini memasukkan University of Hongkong sebagai salah satu universitas top ke-23 dalam tabel peringkat universitas dunianya, Hong Kong University of  Science and Technology menempati peringkat ke-33, dan the Chinese University of Hong Kong di peringkat ke-40.

 

Untuk peringkat Asia, Hong Kong University of Science and Technology menempati peringkat pertama, sedangkan the Chinese University of Hong Kong juga berada dalam peringkat 10 besar.

 

Menurut Times Higher Education Asia rankings, University of Hong Kong menempati peringkat ke-3, dimana sebelumnya berada di ranking ke-35 di peringkat dunia. Sedangkan Hong Kong University of Science and Technology menempati peringkat ke-9 dan Chinese University of Hong Kong di peringkat ke-12.

 

Menurut data-data di atas bisa kita lihat bahwa universitas-universitas di Hong Kong terus mencetak prestasi dan selalu meningkatkan kualitas pendidikan mereka.

 

Gaya Hidup

Hong Kong adalah kota yang sangat padat dengan populasi 7 juta penduduk. Oleh karena itu Hong Kong merupakan kota dengan fase kehidupan yang sangat cepat. Anda akan menemukan masyarakat Hong Kong selalu dikejar waktu, antrian yang panjang saat jam makan, dan juga saat menunggu kendaraan umum. Anda harus bisa mengatur waktu dengan baik agar tidak telat ke tempat tujuan Anda.

 

Begitu juga dengan kehidupan universitas, jadwal kuliah juga sangat padat. Jangan mengira kegiatan universitas akan terhenti pada akhir pekan dan masa liburan. Para mahasiswa tetap sibuk di masa-masa seperti ini untuk melakukan bacaan atau riset tambahan. Para mahasiswa pada umumnya selalu memanfaatkan waktu dengan semaksimal untuk meningkatkan prestasi mereka.

 

Selain untuk tujuan akademis, para mahasiswa juga diwajibkan untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosialisasi. Tujuannya adalah supaya para mahasiswa lebih mengenal teman-teman mereka untuk menjaga ikatan sosial dan kekompakan antara mahasiswa. Kegiatan seperti ini dianggap penting karena disamping prestasi akademis, pihak universitas ingin tetap menjaga kualitas hidup sosial mahasiswa.

 

Lokasi

Hong Kong terletak di lokasi yang sangat strategis. Hong Kong berada di sebelah selatan negara China. Transportasi ke negara China (dengan bis atau pun kereta api) juga sangat praktis dengan harga terjangkau.  Ini adalah keuntungan bagi pelajar asing yang tinggal di Hong Kong. Mereka bisa memanfaatkan waktu mereka selama kuliah untuk menjelajahi China, yang merupakan kota yang kaya akan sejarah dan tradisi. Selain itu China juga kota yang mengalami perkembangan yang sangat dinamik; misalnya perbaikan-perbaikan signifikan dalam bidang politik dan ekonomi, selain itu China juga mendapat pujian dari dunia karena telah berhasil menjadi tuan rumah yang fantastis untuk acara Olimpiade di tahun 2008.

 

Bagaimana? Tertarik kuliah di negara kosmpolitan ini? Lihat informasi lengkap universitas dan program untuk membantu persiapan kamu kuliah di Hong Kong

Mencari jurusan

Hongkong
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS