Informasi penting
Hongkong: Keuangan

BISAKAH SAYA BEKERJA SAMBIL KULIAH DI HONG KONG?

1510

 

Bekerja sambil kuliah

Mahasiswa internasional tidak diijinkan untuk bekerja sambil kuliah di Hong Kong, baik untuk pekerjaan berbayar maupun tanpa bayaran, kecuali pekerjaan tersebut memenuhi syarat untuk dikategorikan sebagai:


Internship (Magang)

  • Mahasiswa tingkat sarjana, yang mengambil program kuliah penuh waktu, dengan program yang berdurasi tidak kurang dari satu tahun, dapat mengikuti program magang jika diijinkan atau diwajibkan oleh universitas. Mahasiswa internasional hanya diperkenankan untuk menjalani program magang maksimal 1 tahun, atau sepertiga dari durasi program kuliahnya.
 
  • Mahasiswa program gelar dengan durasi kuliah tidak kurang dari dua tahun diijinkan untuk menjalani program magang, jika diwajibkan oleh institusi/kurikulum, maksimal 6 bulan.


Kerja Part-time dalam kampus dan pekerjaan musim panas

 
Mahasiswa tingkat sarjana atau peserta pertukaran pelajar, yang mengambil program kuliah penuh waktu, dengan program yang berdurasi tidak kurang dari satu tahun, diijinkan untuk:
 
1.      Bekerja part-time di dalam kampus tidak lebih dari 20 jam per minggu; dan
2.      Bekerja pada saat musim panas tanpa batasan waktu dan lokasi (diijinkan untuk bekerja di luar kampus).
 

Bekerja setelah lulus

 

Immigration Arrangements for Non-local Graduates (IANG) – Ketentuan bagi para mahasiswa internasional yang telah lulus

 
Mahasiswa internasional yang telah lulus dari universitas di Hong Kong diijinkan untuk tinggal selama 12 bulan tanpa syarat, walau belum memiliki tawaran pekerjaan, tetapi mereka harus telah melamar pekerjaan dalam 6 bulan setelah kelulusan.

Mahasiswa internasional dapat mengajukan perpanjangan ijin tinggal di Hong Kong dalam masa 4 minggu sebelum ijin mereka hangus. Untuk dapat memperpanjang ijin tinggal, mahasiswa perlu menunjukkan bahwa mereka telah mendapatkan pekerjaan.
 
Bagi mahasiswa yang memulai usaha, atau bekerjasama dengan pengusaha di Hong Kong, perlu menunjukkan bukti usaha untuk dapat mengajukan perpanjangan ijin tinggal.
 
Hingga akhir 2014 yang lalu, telah ada lebih dari 40,000 mahasiswa internasional yang diijinkan untuk tinggal di Hong Kong setelah kelulusan. 

Informasi selengkapnya dapat diperoleh di situs imigrasi Hong Kong
 
 

 
 

 
 
Baca juga:

 

Mencari jurusan

Hongkong
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS