Informasi penting
Hongkong: Pendaftaran Universitas - Wajib dibaca

MENDAFTAR KULIAH DI HONG KONG

1502
Pendaftaran kuliah di Hong Kong memerlukan beberapa tahap. Berikut ini adalah panduan untuk pendaftaran kuliah di Hong Kong:
 
Mencari informasi dan batas akhir pendaftaran
 
Jika berminat untuk kuliah di Hong Kong, sebaiknya Anda mulai mencari informasi satu tahun sebelum perkuliahan dimulai. Buku panduan pendaftaran selalu diperbaharui setiap tahun. Sejak reformasi pendidikan pada tahun 2012, banyak program sarjana diperpanjang dari tiga tahun menjadi empat tahun.
 
Gelombang masuk dan batas akhir pendaftaran berbeda-beda antar setiap universitas, terutama antara universitas negeri dan swasta. Pada umumnya, gelombang masuk dimulai pada bulan September, dan berakhir pada bulan April-Mei. Pendaftaran biasanya telah dimulai pada bulan September hingga Desember. Akan tetapi beberapa universitas memulai tahun akademis mereka pada pertengahan tahun.
 
Misalnya, University of Hong Kong menerima pendaftaran seawal mungkin, dan mengakhiri pendaftaran pada akhir Desember untuk gelombang masuk September tahun depan. Surat penawaran tempat biasanya diberikan mulai bulan Febuari dan batas akhir pelengkapan dokumen penunjang pendaftaran ditutup pada pertengahan Agustus.
 
Persyaratan masuk
 
Persyaratan masuk berbeda-beda tergantung universitas, jenjang pendidikan, dan jurusan. Kebanyakan universitas juga mengharuskan calon mahasiswa mereka menghadiri wawancara sebelum memutuskan mereka diterima atau tidak.
 
Di Hong Kong pelajaran disampaikan dalam Bahasa Inggris, sehingga pada saat pendaftaran, mahasiswa harus menyertakan bukti kelancaran berbahasa Inggris seperti TOEFL atau IELTS
 
Pendaftaran
 
Mahasiswa internasional dapat mendaftar langsung ke universitas secara online melalui situs untiversitas. Hotcourses Indonesia juga menyediakan layanan i-Apply dimana Anda dapat memanfaatkannya untuk mendaftar ke universitas pilihan Anda.
 
Tips Pendaftaran
 
Seperti banyak universitas lainnya, mendaftar kuliah ke universitas Hong Kong cukup kompetitif. Untuk meningkatkan kemungkinan untuk diterima di universitas di Hong Kong, Anda perlu menulis personal statement yang menarik perhatian universitas, dimana Anda menunjukkan rasa antusias terhadap bidang kuliah yang Anda pilih. Selain itu, tentu saja harus menunjukkan Anda mengerti dengan baik bidang kuliah pilihan Anda, dan bagaimana mereka dapat membantu Anda mencapai cita-cita Anda.
 
Pastikan Anda menggunakan bahasa yang singkat dan jelas, hindari kalimat yang bertele-tele dan tidak pasti. Akan sangat membantu jika Anda juga menerakan prestasi yang pernah Anda capai, yang relevan dengan bidang kuliah pilihan Anda, ataupun ada pengalaman kerja di bidang tersebut.
 

Mencari jurusan

Hongkong
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS