Informasi penting
Hongkong: Pendaftaran Universitas - Wajib dibaca

SISTEM PENDIDIKAN TINGGI HONG KONG

2799
Walau berada di bawah pemerintahan Cina saat ini, sistem pendidikan Hong Kong masih mengadopsi struktur yang dibentuk oleh pendidikan Inggris yang selain mengutamakan pengetahuan, juga mementingkan pembelajaran keahlian praktikal, kemampuan interpersonal, isu-isu sosio budaya, serta penerapan pengetahuan pada praktek kerja riil.
 
Berikut ini adalah gambaran lebih jelas mengenai sistem pendidikan Hong Kong
 
INSTITUSI
 
Ada banyak institusi pendidikan tinggi di Hong Kong yang menawarkan kualifikasi Vokasi, Sertifikat, Diploma, There are a number of different higher education institutions in Hong Kong that offer qualifications at Vocational, Certificate, Sarjana dan Pascasarjana.
 
Institusi Swasta
 
Terdapat banyak institusi swasta independen yang menawarkan pendidikan umum, teknikal dan spesialis, seperti program Seni Pertunjukan yang ditawarkan oleh Hong Kong Academy for Performing Arts.
 
Kolese Post-Sekunder yang Diakui
 
Kualifikasi yang diberikan oleh kolese ini bervariasi, mulai dari sertifikat hingga gelar sarjana (bachelor). Beberapa kolese diperbolehkan secara resmi untuk menggunakan sebutan ‘universitas’ untuk nama registrasi mereka. Terdapat 5 kolese post-sekunder di Hong Kong yang menawarkan program kuliah untuk bidang umum dan spesifik. Misalnya  Hong Kong Shue Yan University menawarkan program liberal art, sedangkan Hang Seng Management College menawarkan lima program gelar. 
 
Lembaga Anggota Vocational Training Council
 
Mereka adalah universitas universitas politeknik, yang berfokus pada pengajaran keahlian terapan di berbagai bidang umum seperti seni dan sains. Kelompok institusi ini memberikan gelar mulai dari Diploma Lanjutan hingga Sarjana (bachelor). Akan tetapi, dari 13 lembaga anggota, hanya 3 lembaga yang menawarkan program kuliah bagi mahasiswa internasional, yaitu: Technological and Higher Education Institute of Hong Kong (THEi), Hong Kong Institute of Vocational Education (IVE), dan Hong Kong Design Institute (HKDI).
 
UNIVERSITAS
 
Terdapat delapan universitas yang didanai pemerintah di Hong Kong. Mereka menawarkan program Diploma, Sarjana, Master dan Doktorat. Semua program kuliah disampaikan dalam Bahasa Inggris. Dengan reformasi pendidikan pada tahun 2012, banyak program kuliah 3 tahun diperpanjang menjadi 4 tahun. Alasannya adalah memberikan pengalaman pembelajaran yang memastikan mahasiswa dapat berkarir di dunia yang moderen dan mengglobal.
 
 
Perkuliahan Sarjana
 
Struktur perkuliahan sarjana di Hong Kong sama dengan struktur Inggris. Selain mengambil ‘major’ (jurusan utama), mahasiswa juga diperbolehkan untuk mengambil ‘minor’ (konsentrasi lain dari jurusan utama). Program kuliah pada umumnya berlangsung selama 4 tahun.
 
Beberapa institusi juga menawarkan program gelar ganda, dimana mahasiswa mendapatkan dua gelar pada saat kelulusan. Pada umumnya program gelar ganda memakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan program kuliah sarjana biasa.
 
Sistem penilaian kredit (sks) bisa saja berbeda antar tiap universitas. Di University of Hong Kong, tiap mata kuliah memiliki 6 kredit, dan satu tahun akademis setara dengan 60 kredit. Jumlah kredit yang diambil mahasiswa per tahun adalah fleksibel. Mereka bisa mengambil lebih banyak kredit (jika memenuhi syarat), ataupun mengambil lebih sedikit kredit.
 
Perkuliahan Pascasarjana
 
Perkuliahan pascasarjana di Hong Kong ditawarkan dalam jalur penelitian dan jalur pembelajaran, baik untuk tingkat Master maupun Doktorat.
 
Perkuliahan gelar master pada umumnya berlangsung selama satu tahun, termasuk modul penelitian atau praktek, begitu juga dengan penulisan thesis atau disertasi.
 
KEBUDAYAAN AKADEMIS
 
Walau Hong Kong mengadopsi struktur pendidikan Inggris, tetap saja terpengaruh oleh kebudayaan Cina (kanton) yang kentara. Untuk sukses, mahasiswa harus bekerja keras serta tidak mengabaikan nilai sosial. Mahasiswa dituntut untuk belajar secara independen dan mencari bahan tambahan penunjang isi perkuliahan mereka.
 
Gaya komunikasi di Hong Kong sangatlah sopan dan menunjukkan respek terhadap pihak yang lebih tua atau superior. 

Mencari jurusan

Hongkong
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS