Informasi penting
Republik Irlandia: Info Negara Tujuan - Wajib dibaca

5 alasan untuk kuliah di Irlandia

2404
Irlandia adalah negara yang indah dengan pendidikan kelas dunia. Marina Donohoe dari Pendidikan di Irlandia akan membicarakan lebih lanjut tentang kelebihan kuliah di Irlandia....
 
Komunitas internasional yang kuat
Terdapat 32,000 mahasiswa internasional yang kuliah di Irlandia (dan jumlah ini terus bertambah). Setengah dari populasi di Irlandia adalah mereka yang berumur di bawah 30 tahun, mayoritas diantaranya adalah mahasiswa atau lulusan baru. Marina menyebutkan bahwa pendidikan di Irlandia berfokus untuk menarik perhatian para mahasiswa berkaliber tinggi dari India, Cina, Amerika, Malaysia, Brazil, menjalare studying in the country at any one time (and this number is actually increasing!). So you won’t be the only one. Ireland is quickly overcoming a false image that it’s just a nation of large fields, with solitary buildings every couple of miles. In fact, half the population is under 30 years old, with many being current students and recent graduates. Marina tells us that Education in Ireland is focused on attracting high calibre students from India, China, the US, Malaysia, Brazil and negara-negara lainnya.
 
Pusat Seni
‘Irlandia kaya akan peninggalan di bidang seni dan sastra. Banyak mahasiswa internasional yang memilih Irlandia sebagai tempat kuliah karena alasan ini.’ Kata Marina. Hal ini bisa dibuktikan dari Oscar Wilde, Samuel Beckett, Seamus Heaney dan William Butler Yeats semua berasal dari Irlandia. Bahkan saduran The OdysseyUlysses oleh James Joyce juga dibuat di Dublin. Semua orang yang mempelajari Sastra Inggris atau Sastra Eropa pasti akan mengagumi para pengarang asal Irlandia. Banyak yang datang ke Dublin dan Cork, yang merupakan kota-kota dengan kebudayaan kuno Eropa, tempat berbagai karya sastra diciptakan untuk mempelajari latar belakang karya sastra tersebut.
 
Di tahun 1960, pemerintah Irlandia menjalankan strategi untuk menjadikan Irlandia sebagai ‘pulau inovasi’ dalam bidang BiofarmasiTeknologi Informatika dan Life Sciences. Menurut Marina, strategi ini cukup berhasil, karena banyak negara yang memandang Irlandia sebagai pusat pengembangan bidang-bidang yang disebutkan di atas.
 
Berpikiran maju dan ramah
Komedi televisi Irlandia Father Ted sering menyindir miskonsepsi terhadap Irlandia yang dianggap sebagia bangsa yang tradisional dan ketinggalan jaman namun berusaha untuk terlihat ‘moderen’ dan ‘keren’. Sifat Irlandia yang berpikiran maju dan inovatif sesungguhnya telah terbukti dengan turnamen GIFT American Football  yang dilaksanakan di negara tersebut di tahun 2012, yang mendatangkan banyak pelajar Amerika ke Irlandia.
 
‘Turnamen GIFT bertepatan dengan kolaborasi yang sukses antara Irlandia dan Universitas Notre Dame, dimana para pengunjung dari Amerika datang untuk menonton turnamen ini di Irlandia. Pendidikan Irlandia berpartisipasi dalam turnamen untuk mempromosikan Irlandia sebagai destinasi kuliah bagi para pengunjung Amerika. Kami sangat bangga bisa terlibat dalam acara ini dan sangat senang melihat para pelajar dan orang tua begitu tertarik dengan pendidikan tinggi di Irlandia, dan dengan serius mempertimbangkan Irlandia sebagai destinasi kuliah anak mereka.’ kata Marina.
 
Sementara itu, para warga Irlandia sangat ramah dan ceria, dengan aksen bicara yang mengesankan. Jika Anda tersesat atau membutuhkan bantuan, jangan merasa sungkan untuk bertanya kepada orang sekitar. Irlandia bahkan masuk dalam daftar negara-negara yang paling aman di dunia.
 
Pengalaman ala Eropa
Marina berkata dengan bangga bahwa ‘dengan kuliah di Irlandia, Anda tidak hanya akan mempelajari perspektif Irlandia, tetapi juga Eropa secara keseluruhan’. Kota-kota seperti Dublin merupakan tujuan wisata terkenal di Eropa. Sebagai anggota Uni Eropa, transportasi antar negara sangat praktis. Anda bisa naik feri ke Inggris dalam waktu 1 hingga 4 jam, tergantung tempat keberangkatan dan tujuan Anda. Atau Anda juga bisa naik pesawat. Dengan harga terjangkau.
 
Tempat yang menarik
Jika Anda sudah terbiasa hidup di daerah yang ramai, Irlandia bisa memberikan Anda ketenangan. Walau Dublin dan Cork adalah kota moderen, Anda tetap bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan damai, sangat cocok jika Anda sedang mumet dengan tumpukan tugas atau jadwal ujian yang dekat.
 
Marina merekomendasikan tempat-tempat seperti The Cliffs of Moher di Clare, yang terletak di pantai Atlantik, dan arsitektur yang menakjubkan di College Trinity.
 
Baca juga:

Mencari jurusan

Republik Irlandia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS