Informasi penting
Republik Irlandia: Info Negara Tujuan - Wajib dibaca

Biaya hidup di Irlandia

1796
Besar tidaknya biaya hidup di Irlandia tergantung tempat kuliah dan jenis akomodasi yang Anda pilih. Biaya hidup di Dublin di luar biaya kuliah berkisar antara € 8,000 hingga € 12,100, termasuk biaya sewa akomodasi, listrik, makan, buku, laundry, obat-obatan, transportasi dan biaya hiburan.
 
Menurut berita terbaru, biaya hidup di Irlandia sekarang 8% lebih murah dibandingkan dengan tahun 2008, akan tetapi biaya kuliah mengalami kenaikan sebesar 10%.
 
Akomodasi
Biaya hidup di luar Dublin lebih rendah, dengan biaya sewa akomodasi €7,803 per tahun, tanpa termasuk biaya listrik, air dan sebagainya.
 
Musim dingin di Irlandia cukup dingin. Anda perlu menyisihkan sekitar € 57 hingga € 140 per bulan untuk biaya heater. Biaya listrik di musim dingin juga lebih tinggi, karena matahari terbit jam 8.30 pagi dan terbenam jam 4.30 sore. Jadi, waktu penggunaan lampu akan lebih panjang selama musing dingin.
 
Transportasi
Biaya transportasi tergantung lokasi tempat tinggal Anda. Anda bisa menggunakan transportasi umum ataupun bersepeda. Jalan raya Irlandia banyak menyediakan jalur khusus untuk bersepeda. Tiket bis sekali jalan biasanya dibeli dengan harga € 1.25. Tetapi Anda bisa membeli tiket mingguan atau bulanan dengan harga diskon jika Anda menunjukkan Student Travel Card. Informasi lebih lanjut tentang transportasi bisa Anda peroleh di situs Dublinbus.
 
Hiburan
Irlandia terkenal akan musiknya yang menarik perhatian banyak turis. Anda bisa menemukan pemusik dengan mudah di jalanan Irlandia. Anda bisa memperoleh lebih banyak informasi di Time Out’s guide to Dublin.
 
Ireland’s official board of tourism juga menyediakan banyak informasi mengenai aktifitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan selama kuliah di Irlandia. Universitas Anda juga akan menyediakan berbagai informasi mengenai hiburan di sekitar tempat tinggal Anda di papan pengumuman.
 
Estimasi biaya hiburan di Irlandia adalah:
  • Tiket bioskop € 7.50 dan €12
  • Tiket masuk ke klub malam € 7 - € 15 (tergantung tempat)
  • Bir (1 pint)/ segelas wine di Dublin € 4.50
  • Anda bisa mendapatkan diskon dengan menunjukkan student card Anda.
Sebagai mahasiswa penuh waktu, Anda bisa mendapatkan diskon di restoran dan toko-toko tertentu. Anda juga bisa membuat International Student Identity Card (ISIC) yang dikenal secara internasional. ISIC akan membuktikan status Anda sebagai mahasiswa penuh waktu, dan bisa Anda dapatkan di kebanyakan college atau universitas.
 
Makanan
Termasuk makan di kampus atau di restoran-restoran yang murah, Anda mungkin akan menghabiskan sekitar € 70 - € 100 per minggu untuk kebutuhan-kebutuhan di bawah ini. Anda bisa menghemat dengan cara membeli dalam jumlah banyak.
  • Susu       € 1.22
  • Roti    € 1.69
  • Mentega (500 g)    € 1.80
  • Gula (1 kg)        € 1.99
  • Kopi (200 g)   € 3.99
  • Teh (160 kantong teh celup)   € 6.19
  • Coca Cola (2 L)           € 1.69
  • Big Mac di McD     € 6.30
 
Kesehatan
Sebagai mahasiswa di Irlandia, Anda akan diwajibkan oleh  Irish Naturalisation and Immigration Services untuk memiliki asuransi kesehatan yang berlaku selama Anda kuliah di Irlandia.
 
Akan tetapi, jika Anda akan menjadi residen Irlandia dalam waktu setahun, Anda bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang sama dengan para warga Irlandia. Jika demikian, Anda perlu €100 untuk setiap kali ke rumah sakit jika terjadi kecelakaa atau keadaan gawat darurat. €75 dikenakan untuk biaya rawat inap per hari, hingga maksimum €750 untuk sepuluh hari pertama.
 
Rawat inap diatas sepuluh hari tidak dikenakan biaya lagi. Anda tidak akan mendapatkan keistimewaan ini jika Anda berada di Irlandia Utara atau negara Uni Eropa lainnya. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi situs HSE (Health Service Executive). Pelayanan kesehatan ini tidak berlaku bagi para mahasiswa dari negara non Uni Eropa dan mengambil program belajar yang berlangsung kurang dari satu tahun.

 

Mencari jurusan

Republik Irlandia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS