Informasi penting
Republik Irlandia: Info Negara Tujuan

Irlandia Membuka Kedutaan Besar di Indonesia

694

Irlandia telah membuka kedutaan besar di Jakarta dan Duta Besar Irlandia telah menyerahkan surat kepercayaan (credential) kepada Presiden RI Joko Widodo, demikian keterangan pers dari Kementerian Luar Negeri RI yang diterima di Jakarta, 8 November 2015 yang lalu.

 

Pembukaan Kedutaan Besar Irlandia di Jakarta dan penyerahan surat kepercayaan oleh Dubes Irlandia kepada Presiden RI merupakan bukti komitmen Irlandia untuk meningkatkan hubungan bilateral dengan Indonesia.

 

Selain itu, Menlu Irlandia juga berjanji untuk memberikan pertimbangan positif terhadap permintaan Menlu RI, yang meminta dukungan Irlandia untuk membebaskan visa bagi warga negara Indonesia (WNI) yang berkunjung ke negara-negara di wilayah "Schengen".

 

Kedutaan Besar Irlandia di Jakarta

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ini adalah kabar baik bagi banyak pihak, terutama mahasiswa Indonesia yang ingin kuliah ke Irlandia. Sebelum adanya kedutaan besar Indonesia, mahasiswa perlu mengurus visa via konsuler di Jakarta, yang akan meneruskan permohonan visa ke Singapura. Dan untuk itu dikenakan biaya Rp. 500,000. Sekarang, dengan hadirnya kedutaan besar Irlandia di Indonesia, pengajuan visa pelajar bisa menghemat banyak biaya dan waktu.

 

 

Seperti apa sih Irlandia itu? Apa yang membuatnya menarik di mata para mahasiswa internasional?

 

1. Kota Eropa yang ramah dan berbahasa Inggris

 

Bahasa Inggris adalah bahasa utama yang dipakai untuk percakapan sehari-hari. Selain belajar bahasa Inggris, kamu juga berkesempatan untuk mempelajari bahasa negara Irlandia – Bahasa Gaelic.

 

Memiliki budaya dan masyarakat yang ramah, ditambah lagi dengan keindahan alamnya yang menawan, kota ini memiliki lebih dari 32,000 orang mahasiswa internasional, yang setengahnya berasal dari luar Eropa.

 

 

Irlandia juga dikenal sebagai kota muda, dimana separuh penduduknya berumur di bawah 30 tahun. Jadi kamu tidak usah khawatir kurang hiburan di sini. Selain itu, Irlandia juga relatif bebas kejahatan dan menempati peringkat tinggi dalam Global Peace Index (Indeks Kemanan Dunia) sehingga digolongkan sebagai salah satu tempat tinggal teraman di dunia.

 

Irlandia terkenal akan kastil, musik, seni, hingga bir. Salah satu kota yang terkenal akan kastilnya adalah Kilkenny. Westlife, U2, The Corrs, The Script berasal dari Irlandia. Bir Guinness merupakan bir asli Irlandia.

 

 

 

2. Pendidikan tinggi berkualitas internasional

 

Pendidikan di Irlandia berkualitas internasional. Pemerintah Irlandia sangat memperhatikan kualitas pendidikan tinggi di Irlandia. Dari total 32 universitas di Irlandia, terdapat 7 universitas negeri Irlandia yang masuk dalam peringkat top 700 World University Ranking 2012-2013. Bahkan ada 3 universitas yang masuk dalam peringkat top 200 yaitu Trinity College Dublin, University College Dublin dan University College Cork.

 

 

 

University College Cork (UCC) bekerjasama dengan Dublin International Foundation College (DIFC) dan menawarkan program Foundation Pathway Programme, yang dikhususkan bagi mahasiswa yang ingin kuliah Bisnis, Hukum atau Sains tingkat Sarjana. Setelah menyelesaikan program foundation, mahasiswa dapat diterima di program gelar yang relevan di UCC.


 

Pendaftaran program foundation telah dimulai untuk mahasiswa yang ingin mengikuti gelombang masuk September 2016.

 

Tautan berguna:

 

UCC selain memiliki reputasi pendidikan papan atas, juga terkenal karena kampusnya yang indah, yang memiliki banyak bangunan dan fitur menarik. Sehingga tidak heran kampus UCC menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Irlandia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menanggapi banyaknya turis yang berkunjung, UCC bahkan membangun  Visitors’ Centre untuk memberikan informasi bagi turis, dan menyediakan audio tour yang menceritakan sejarah dan kebudayaan UCC.

 

 

 

3. Biaya hidup terjangkau

 

Biaya hidup di Irlandia sangat terjangkau. Satu hal yang cukup menyenangkan adalah dari statistik terbaru, biaya hidup di Irlandia saat ini sedang mengalami penurunan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Belanja di supermarket biasanya lebih murah. Di Irlandia terdapat banyak supermarket seperti Tesco, Superquinn, dll. Tetapi, ALDI jauh lebih murah dari yang lainnya. Jika ingin berbelanja kebutuhan rumah, pergilah ke EURO GIANT atau EURO 2, yang semua harga barangnya dibawah 2 euro. Informasi yang lebih menyeluruh tentang biaya hidup di Irlandia bisa dibaca di sini.

 

 

4. Prospek kerja yang menjanjikan bagi mahasiswa internasional

 

Keuangan dan perekonomian dari Irlandia sangat kuat. Inilah yang menjadi alasan mengapa banyak perusahaan besar seperti Facebook, Google & Pfizer menempatkan kantor utama di sini. Hal ini tentunya akan menguntungkan mahasiswa internasional, karena banyaknya pilihan untuk magang dan bekerja setelah lulus nantinya. Mahasiswa internasional yang terdaftar dalam program 12 bulan purna waktu diijinkan untuk bekerja tanpa visa.

 

Butuh lebih banyak informasi? Kamu bisa membaca artikel-artikel lain tentang Irlandia di sini, atau langsung menghubungi universitas.

 

 

 

Mencari jurusan

Republik Irlandia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS