Informasi penting
Italia: Pendaftaran Universitas - Wajib dibaca

Mendaftar ke universitas di Italia

509

Langkah pertama untuk mendaftar ke universitas di Italia adalah menemukan program yang menarik

Setelah menemukan program yang sesuai, hubungi kantor internasional universitas dan pastikan telah memenuhi persyaratan masuk, dan dokumen apa saja yang perlu disediakan.

Yang perlu ditanyakan ke International Office

  • Kapan batas akhir pendaftaran?
  • Dokumen-dokumen apa yang diperlukan?
  • Apakah dokumen tersebut perlu diterjemahkan ke bahasa Italia?
  • Dimana bisa memperoleh terjemahan dokumen?
  • Formulir pendaftaran yang dibutuhkan dan dimana bisa memperoleh formulir tersebut?
  • Kapan universitas akan memberitahukan hasil pendaftaran (diterima/ditolak)?

 

Jenis Pendaftaran

Pendaftaran untuk pendidikan tinggi di Italia diatur oleh regulasi dari Kementerian Universitas dan Riset Italia, yang berada di bawah naungan Kementerian Interior dan Kementerian Hubungan Luar Negeri. Di Italia terdapat tiga tingkatan studi: sarjana, master dan PhD, dan pendaftaran untuk masing-masing tingkatan berbeda. Pendaftaran juga berbeda antara mahasiswa Uni Eropa dan Non-Uni Eropa.

 

Cara Mendaftar

Uni Eropa

Mahasiswa asal Uni Eropa dapat mendaftar langsung ke universitas dan diperlakukan sama dengan mahasiswa Italia lainnya.

Non-Uni Eropa

Mahasiswa Non-Uni Eropa perlu mendaftar dari Kedutaan atau Konsulat Italia di negara asal.

Caranya:

1. Hubungi universitas untuk mengetahui persyaratan masuk.

2. Mengumpulkan pengajuan pre-aplikasi ke Konsulat atau Kedutaan Italia serta dokumen-dokumen sebagai berikut:

- Dichiarazione di Valoro in Loco (DV) atau Surat Kelayakan Akademis

- Formulir pra-aplikasi yang telah dilengkapi. Formulir ini berbeda-beda tergantung program atau universitas (misal fakultas tarian, musik, kedokteran dan lainnya) dan sebelumnya perlu ditanyakan kepada universitas formulir mana yang perlu diisi.

- Dua pasfoto ukuran paspor, salah satunya perlu ditandatangani.

- Tergantung permintaan, kadang dibutuhkan dokumen terpisah yang menyatakan sertifikasi untuk tingkatan gelar tertentu agar dapat diterima di program studi yang dipilih. Disarankan untuk menanyakan ke pihak universitas dokumen apa saja yang perlu disediakan.

- Tergantung program, terkadang diminta untuk membuktikan kelancaran dalam berbahasa Italia. Sekali lagi, disarankan untuk konfirmasi dengan pihak universitas mengenai persyaratan masuk yang diminta.

Semua dokumen itu perlu dikumpulkan ke Konsulat atau Kedutaan Italia terdekat, dan perlu diterjemahkan dalam Bahasa Italia dan disertifikasi oleh pihak yang berwenang.

3. Setelah mengumpulkan pengajuan pre-aplikasi, konsulat atau kedutaan akan meneruskan dokumen-dokumen tersebut ke universitas. Sebelumnya tanyakan kepada universitas bagaimana dan kapan mereka akan memberikan informasi hasil pendaftaran.

 

Waktu Pendaftaran

April - May – hubungi kosulat atau kedutaan Italia untuk mendapatkan Dichiarazione di Valoro in Loco (DV) (Surat Kelayakan Akademis) dan kumpulkan pra-aplikasi.

Agustus – pendaftar menerima hasil pendaftaran dan informasi tanggal ujian Bahasa Italia dan ujian lainnya yang dibutuhkan.

September – ujian Bahasa Italia dan ujian lainnya diadakan.

 

Erasmus

Mahasiswa juga dapat mendaftar ke Pendidikan Tinggi di Italia via program Erasmus. Program ini adalah program pertukaran yang mengijinkan mahasiswa untuk kuliah di mana saja selama 3 hingga 12 bulan, tergantung ketentuan program.

Untuk informasi sejelasnya, dan melihat daftar universitas Italia yang menerima pendaftaran Erasmus, silahkan kunjungi situs Erasmus.

 

Situs lainnya yang mungkin bermanfaat: 

http://www.studyineurope.eu/study-in-italy

Mencari jurusan

Italia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS