Informasi penting
Italia: Pendaftaran Universitas - Wajib dibaca

Sistem Pendidikan Tinggi Italia

407

Sistem pendidikan tinggi Italia adalah salah satu yang tertua di dunia! Seperti apakah budaya dan struktur akademis di Italia? Temukan jawabannya di bawah ini...

Fakta cepat:

  • Literasi dewasa di Italia adalah sekitar 95%
  • Sekitar 32,000 mahasiswa internasional kuliah di Italia
  • Italia adalah salah satu negara yang pertama memulai reformasi pendidikan tinggi di Eropa, yang disebut dengan “Bologna Process”
  • Lebih banyak wanita yang memilih untuk kuliah daripada pria. Kesenjangan ini semakin bertambah sejak tahun 2000.

 

Jenis Institusi

  • Universitas (termasuk Politeknik)
  • Pendidikan tingkat tinggi untuk seni, musik dan dance (Alta formazione artistica e musicale – AFAM)
  • Institut pendidikan tinggi teknik (higher technical institute)

Universitas

Universitas menawarkan serangkaian program s1, s2 dan s3. Institusi-institusi ini bisa dikelola swasta atau negeri, dan biasanya perlu mendaftar terlebih dahulu. Universitas bisa saja hanya mengajarkan bidang studi tertentu, tetapi banyak juga universitas yang menawarkan program kuliah dalam beragam bidang.

AFAM

Kategori ini terdiri dari fakultas-fakultas yang mengkhususkan diri dalam bidang musik dan seni. Mereka juga mengajar mahasiswa yang tertarik dengan dance, desain, pertunjukan musik, teater, cinema, seni visual dan masih banyak lagi. Institusi-institusi ini mirip dengan universitas tetapi jalur pembelajaran mereka lebih khusus. Institusi AFAM biasanya menawarkan program yang diselesaikan dalam beberapa tahun, seperti universitas, dan menerima mahasiswa melalui pendaftaran.

Higher Technical Institutes

Institusi-institusi ini menawarkan jalur pembelajaran yang khusus bagi mahasiswa yang ingin belajar untuk karir atau pekerjaan bidang tertentu. Program-program yang ditawarkan berdurasi lebih singkat dan dihadiri oleh para pekerja profesional untuk meningkatkan karir mereka.

 

Gelar-gelar yang ditawarkan

Gelar pendidikan di universitas dan institusi AFAM memiliki tiga kategori, yang disebut dengan cycle:

  • The first cycle adalah gelar sarjana, yang diselesaikan dalam waktu 3 tahun.
  • The second cycle adalah untuk gelar master, yang berdurasi 2 tahun.  
  • The third cycle samadengan gelar pascasarjana, PhD atau gelar penelitian. Durasi program ini bervariasi tergantung jenis program yang diambil.

Selain itu juga terdapat program-program yang menawarkan gelar khusus, yang berdurasi mulai dari enam bulan hingga satu tahun.

Mencari jurusan

Italia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS