Informasi penting
Italia: Visa - Wajib dibaca

Mengajukan visa pelajar Italia

354

Butuh visa pelajar untuk bisa berkuliah di Italia. Apa saja yang dibutuhkan untuk mengajukan visa pelajar Italia dan bagaimana prosesnya? Baca langsung di bawah ini...

Kuliah di Italia menjadi impian banyak mahasiswa, tetapi sebelum bisa berkecimpung dalam budaya Italia, mencicipi makanan yang lezat serta memulai perkuliahan, kamu perlu mendaftar untuk mendapatkan visa pelajar terlebih dahulu. Di bawah ini adalah panduan untuk mendapatkan visa pelajar Italia.

Visa atau dokumen penting lainnya bagi mahasiswa yang ingin kuliah di Italia biasanya didapatkan melalui Kedutaan atau Konsulat Italia di negara asal (Indonesia). Sangatlah penting untuk menghubungi Kedutaan atau Konsultat terdekat untuk memastikan apakah dapat kuliah dan tinggal di Italia. Program tempat kamu mendaftar akan mewajibkan kamu untuk mendapatkan semua dokumen yang diperlukan sebelum memulai perkuliahan di Italia, jadi memulai proses pendaftaran secepatnya adalah hal yang terbaik.

 

Jika kamu adalah mahasiswa Uni Eropa...

Mahasiswa Uni Eropa tidak membutuhkan visa, tetapi hanya memerlukan stay card yang bisa didapatkan dari Kedutaan atau konsulat Italia di negara asal. Silahkan menghubungi Konsulat atau Kedutaan untuk informasi lebih lanjut.

 

Jika Anda bukan bukan mahasiswa Uni Eropa
 

Mahasiswa luar Uni Eropa terbagi menjadi dua kategori: mahasiswa program pendek (kurang dari 90 hari) dan mahasiswa untuk program lebih dari 90 hari (sarjana, pascasarjana dan program lain).



Program studi jangka pendek

Tidak memerlukan visa untuk program ini, tetapi harus mengisi pengajuan untuk Presence Declare dalam waktu 8 hari setelah ketibaan di Italia, yang membutuhkan biaya. Direktur program dapat membantu proses tersebut.

 

Program studi jangka panjang

Perlu visa pelajar untuk mengikuti program studi jangka panjang. Visa pelajar bisa didapatkan melalui Konsulat Italia di negara asal. Tempat terbaik untuk mencari informasi tentang pengajuan visa pelajar adalah melalui situs Konsulat Jendral dan menghubungi mereka jika perlu. Masing-masing negara memiliki proses berbeda untuk mendapatkan visa Italia, jadi saran kami adalah menghubungi Konsulat terdekat supaya mereka dapat memberitahukan proses selengkapnya.

Selain itu mahsiswa internasional juga perlu untuk mengisi residency card dalam waktu 8 hari setelah tiba di Italia. Hal ini dapat diselesaikan di kantor pos lokal di Italia.

 

 

Dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pengajuan visa

  • Formulir lengkap pendaftaran visa yang telah kamu tandatangani
  • Foto ukuran paspor
  • Paspor yang masih berlaku selama jangka waktu kuliah di Italia
  • Dua halaman kosong di paspor
  • Surat pernyataan kesanggupan keuangan selama tinggal di Italia


Dokumen-dokumen tambahan yang diperlukan

  • Asuransi kesehatan
  • Bukti pembayaran program kuliah
  • Surat dari institusi yang menyatakan kamu telah diterima
  • Bukti akomodasi
  • Tiket pulang ke negara asal

 

Biaya

Visa pelajar Italia bebas biaya, akan tetapi residency card akan dikenakan biaya. Hubungi kantor internasional institusi tempat kamu mendaftar untuk tentang biaya yang dibutuhkan, atau kunjungi kantor pos Italia terdekat untuk informasi lebih lanjut.

 

Tips mendapatkan visa pelajar Italia

  • Mendaftar secepatnya! Visa membutuhkan waktu dari beberapa minggu hingga beberapa bulan bergantung tempat tinggal dan waktu mendaftar. Mulailah pendaftaran visa secepatnya setelah mendapatkan surat penerimaan institusi tempat kamu mendaftar.
  • Rapi dan terorganisir. Perlu membawa banyak dokumen penting yang akan sulit untuk diganti jika hilang. Pastikan dokumen penting tersimpan dengan rapi dan disusun dalam satu folder supaya lebih gampang dicari.
  • Hubungi kedutaan! Proses mendapatkan visa pelajar Italia mungkin sama untuk semua negara, akan tetapi biasanya ada persyaratan berbeda tergantung negara asal. Hubungi kedutaan jika ada hal yang kurang jelas.

Mencari jurusan

Italia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS