Informasi penting
Jepang: Prospek Karir - Wajib dibaca

Bekerja di Jepang setelah lulus kuliah

1100

Apakah kamu tertarik untuk bekerja di Jepang setelah lulus kuliah? Berikut ini adalah hal-hal yang penting untuk diketahui...

 

Seperti apakah pasar kerja di Jepang?

Jika kamu mengerti kebudayaan dan bahasa Jepang, Jepang adalah tempat yang menyenangkan untuk bekerja. Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak mahasiswa internasional yang melamar kerja di Jepang – terutama mereka yang lulus dari universitas Jepang. Industri-industri yang kuat di Jepang adalah bisnis, TI dan pendidikan.

 

Bisakah saya bekerja di Jepang setelah lulus?

Jepang sangat menyambut kedatangan mahasiswa internasional. Untuk dapat bekerja setelah lulus, mahasiswa internasional perlu mendapatkan visa kerja atau visa jangka panjang. Setelah mendapatkan visa tersebut, mahasiswa internasional dapat menetap di Jepang dan mencari kerja. Hubungi Kementerian Luar Negeri Jepang untuk informasi lebih lanjut mengenai visa jangka panjang.

 

Tips

  • Untuk meningkatkan prospek kerja di Jepang, perlu mengenal dan membiasakan diri dengan kebudayaan dan bahasa Jepang. Banyak program-program untuk mahasiswa internasional yang menawarkan kelas bahasa Jepang, cek dengan universitas kelas apa saja yang tersedia.
  • Daftar sedini mungkin. Walaupun terdapat banyak lowongan yang tersedia di Jepang, dibandingkan dengan orang yang membutuhkan pekerjaan, pasaran kerja di Jepang tetap sangat kompetitif. Jika memang berniat bekerja di Jepang, sebaiknya mulai membangun koneksi begitu mulai kuliah di sana.
  • Persiapkan dengan baik. Baca panduan menulis CV dan referensi.
  • Berteman! Tidak ada salahnya berteman dengan banyak orang, terutama mereka yang telah lama tinggal di Jepang. Semakin banyak membaurkan diri, semakin pula mengenal kebudayaan dan kebiasaan orang Jepang, serta kondisi pasar kerja Jepang.

 

Sumber Informasi

Terdapat beberapa sistem khusus untuk membantu mahasiswa internasional menemukan pekerjaan di luar universitas. Tanyakan kepada pihak universitas mengenai panduan dalam menemukan pekerjaan. Mereka akan memberitahukan bagaimana cara mencari kerja, dan apa yang perlu dilakukan untuk berhasil mendapatkan pekerjaan.

Kebanyakan universitas memiliki akses khusus ke situs-situs yang menginformasikan lowongan kerja. Jangan ragu untuk meminta bantuan dari international office atau pembimbing, mereka bisa memberikan arahan yang baik.

Berikut adalah beberapa situs populer bagi mereka yang mencari pekerjaan di Jepang:

GaijinPot

O-Hayo Sensei

JREC-IN Portal

Mencari jurusan

Jepang
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS