Informasi penting
Jepang: Info Negara Tujuan - Wajib dibaca

Pendidikan Tinggi di Jepang

742

Jepang diramaikan oleh lebih dari 200,000 mahasiswa internasional, dan berencana untuk menyambut sekitar 100,000 orang lagi sebelum tahun 2020. Mengapa negara matahari terbit ini begitu digemari?

Apalagi kalau bukan karena kekayaan budaya, makanan yang lezat dan kualitas pendidikan – tingkat keaksaraan bangsa Jepang mencapai hampir 100%! Seperti apa pendidikan tinggi di sana? Simak langsung di bawah ini.  

 

Fakta Penting:

  • Sekitar 70% dewasa muda di Jepang terdaftar di pendidikan tinggi
  • Karena tingkat pendaftaran yang tinggi, Jepang disebut telah memasuki masa akses universal ke pendidikan tinggi
  • Untuk dapat diterima di universitas, pelajar Jepang diwajibkan untuk mengikuti ujian masuk yang terkenal susah. Pelajar internasional juga terkadang perlu mengikuti ujian masuk, tetapi tidak sesulit ujian pelajar Jepang.  
  • Ilmu Sosial adalah jurusan paling populer di kalangan mahasiswa Jepang pada tahun 2011, di mana terdapat 879,372 mahasiswa mendaftar di program Ilmu Sosial di seluruh Jepang.

 

Jenis Institusi

Universitas

  • Universitas Negeri diregulasi oleh korporasi universitas negeri dan lembaga negeri Jepang
  • Universitas Nasional pada mulanya didirikan oleh pemerintah Jepang, tetapi diatur ulang pada tahun 2004 dan diregulasi oleh korporasi universitas nasional. Universitas-universitas ini termasuk universitas negeri, tetapi disesuaikan dengan standar nasional.
  • Universitas Swasta memenuhi sekitar 80% dari semua universitas di Jepang. Universitas-universitas ini didirikan oleh korporasi pendidikan.

 

Reorganisasi dari universitas menjadi kepemilikan dari korporasi telah memberikan universitas-universitas di Jepang lebih banyak kebebasan dan kekuasaan untuk mengatur anggaran, hubungan dan manajemen. Universitas-universitas yang lebih independen ini terlihat lebih menarik bagi mahasiswa dan membantu universitas untuk merevitalisasi penelitian dan pendidikan di Jepang.

 

Institusi Lain

  • Kolese Junior dan Kolese Pelatihan Khusus memberikan mahasiswa Jepang kesempatan untuk berlatih untuk pekerjaan dan kualifikasi khusus. Program-progam ini biasanya berdurasi lebih pendek, dan lebih murah dari program gelar universitas.

 

Program Gelar Universitas

  • Gelar Bachelor dapat diambil oleh pelajar yang telah mengikuti pendidikan 12 tahun. Gelar Bachelor biasanya berdurasi empat tahun.  
    • Jika di negara asal pelajar internasional tidak tersedia pendidikan 12 tahun, universitas-universitas Jepang biasanya meminta mereka untuk kuliah satu atu dua tahun di negara asal, atau memenuhi persyaratan lainnya untuk dapat diterima di universitas Jepang. Konfirmasikan dengan pihak universitas mengenai persyaratan masuk.
  • Gelar Master memerlukan pendidikan 16 tahun, dan biasanya program Master berdurasi dua tahun di Jepang.
  • Gelar Doktorat dan Profesional biasanya dapat diambil setelah menyelesaikan gelar Master. Gelar Profesional biasanya berdurasi dua tahun, dan program Doktorat berkisar antara lima tahun.
  • GelarAsosiasi dan Specialis dapat diperoleh melalui  Kolese Junior dan Kolese Pelatihan Khusus. Program-program ini biasanya berdurasi dua hingga tiga tahun, dan mengajarkan keahlian khusus untuk pekerjaan tertentu.

 

Sudah jelas dengan sistem pendidikan Jepang? Mulai cari program kuliah di Jepang sekarang juga! {insert Hyperlink}

Mencari jurusan

Jepang
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS