Informasi penting
Jepang: Keuangan - Wajib dibaca

3 Beasiswa Jepang - Untuk Mahasiswa Indonesia

3881

1. Monbukagakusho Scholarship

 

Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Sains, dan Teknologi Jepang menawarkan enam jenis beasiswa setiap tahun untuk program studi sarjana dan pascasarjana. Mereka menawarkan bantuan senilai ¥117,000 hingga ¥148,000 per bulan. Setiap jenis beasiswa memberlakukan kuota penerima, mulai dari 86 hingga 4,042 orang. Juga terdapat persyaratan dan kemampuan berbahasa yang harus dipenuhi untuk dapat mendaftar.

Cek situs ini untuk informasi lebih lanjut tentang Monbukagakusho scholarship.

 

Sebelum mendaftar

Untuk dapat mendaftar, harus terpilih atau direkomendasikan oleh:

  • Universitas: oleh universitas Jepang yang akan menerima pendaftaranmu
  • Kedutaan: dari kedutaan Jepang atau konsulat di Indonesia
  • Pemilihan Domestik: melalui universitas Jepang tempat kamu mendaftar (jika kamu telah memulai studi di Jepang)

Tanyakan international office mengenai informasi yang lebih akurat sebelum mendaftar.

 

2. Nagoya University Global 30 Undergraduate Scholarship

Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa internasional yang memenuhi persyaratan masuk ke Nagoya University. Mereka akan menilai prestasi akademik, kegiatan kurikuler, dan kemampuan finansial. Beasiswa ini akan memberikan pendanaan penuh 4 tahun di universitas dan biaya hidup tahunan senilai ¥500,000.

Biasanya pendaftaran beasiswa diumumkan di musim gugur, cek situs ini untuk informasi terbaru!

 

3. Japan Foundation for UNU Scholarship for Developing Countries

Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang mengejar gelar Master of Science in Sustainability di United Nations University – Institut Studi Lanjutan dalam bidang Keberlanjutan (Sustainability). Japan Foundation for UNU akan memberikan potongan biaya kuliah penuh dan biaya bulanan senilai ¥150,000 untuk 24 bulan.

 

Mahasiswa yang dapat mendaftar harus berasal dari negara yang masuk dalam daftar OECD DAC, dan program master yang diambil haruslah merupakan program master pertama yang diambil. Tidak perlu menyertakan pendaftaran terpisah untuk beasiswa. Mahasiswa yang memenuhi syarat akan dipertimbangkan secara langsung sewaktu mereka mendaftar ke universitas.

 

Karena biasanya program kuliah dimulai di bulan September, batas akhir pendaftaran biasanya adalah bulan Maret. Tetapi disarankan untuk memastikan langsung dengan universitas. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ini.

 

Selain tiga beasiswa di atas, masih ada banyak kesempatan pendanaan bagi mahasiswa internasional. Disarankan untuk menanyakan kepada universitas apakah ada beasiswa atau bantuan pendanaan lain yang tersedia bagi mahasiswa internasional.

Mencari jurusan

Jepang
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Wajib dibaca