Informasi penting
Malaysia: Prospek Karir - Wajib dibaca

BEKERJA SETELAH LULUS KULIAH DI MALAYSIA

9227

Dengan biaya hidup yang terjangkau, lingkungan multibudaya dan berbagai fasilitas menarik dari sebuah kota internasional, banyak mahasiswa internasional di Malaysia yang ingin tetap menetap disana walaupun telah lulus kuliah. Sayangnya keinginan tersebut terhalangi oleh visa pelajar yang juga berakhir begitu mereka selesai kuliah.

Bagaimana cara untuk dapat tetap tinggal dan bekerja di Malaysia? Pilihan apasaja yang tersedia? Baca langsung penjelasan Hotcourses di bawah ini...

 

SEPERTI APA PASAR KERJA MALAYSIA?

Memiliki industri teknik yang kuat, Malaysia adalah pusat finansial dari Asia Tenggara dan merupakan pusat perbankan Islami terbesar di dunia. Para lulusan bidang BisnisKeuangan dan Akuntansi dengan keahlian berbahasa Inggris yang bagus banyak dicari perusahaan untuk semakin meningkatkan perkembangan sektor ini. Sektor finansial Malaysia diprediksikan akan menciptakan 275,400 pekerjaan baru sebelum tahun 2020.

Para mahasiswa internasional boleh optimis dengan pasar kerja di Malaysia. Dibawah Program Transformasi Ekonomi Pemerintah Malaysia, 3,3 juta pekerjaan baru akan diciptakan sebelum tahun 2020 di segala sektor, erutama untuk sektor elektronik dan elektrik (157,000), pelayanan kesehatan (89,000) dan minyak & gas (52,300).

 

Bidang Kerja Yang Paling Berprospek

Selain karena posisinya yang strategis, perkembangan ekonomi Malaysia sangat dibantu oleh sektor manufaktur high-tech, teknik dan perbankannya. Dengan perkembangan sektor minyak, gas dan elektronik yang sangat baik, prospek kerja bidang Petroleum EngineeringElektronikTeknologi, Teknik Elektro atau Manajemen tergolong sangat bagus.

 

Lowongan Yang Dicari

Pada tahun 2014, posisi yang populer dicari banyak perusahaan adalah: CFOs, analis bisnis TI, sales manager dan geologis. Posisi yang hingga saat ini masih mengalami kekurangan tenaga kerja adalah Akuntansi, sales, TI, serta minyak & gas.

 

DAPATKAH SAYA MENETAP DI MALAYSIA?

Employment Pass dan Visit/Temporary Employment Pass

Untuk dapat bekerja di Malaysia setelah kuliah, Anda membutuhkan ijin kerja yang disebut sebagai ‘Employment Pass’. Employment Pass berlaku dari 2 hingga 5 tahun.

Jika Anda hanya ingin tinggal sementara di Malaysia (kurang dari 1 tahun) dan telah mendapat tawaran kerja di bidang tertentu, Anda dapat memohon ijin kerja tipe Visit (Temporary) Employment Pass.

Tidak terdapat perbedaan dalam pengajuan kedua ijin kerja tersebut. Anda hanya perlu menunjukkan surat bahwa Anda telah diterima bekerja oleh perusahaan di Malaysia, Letter of Authority dan kontrak kerja dari perusahaan.

 

3 Kategori Pekerja Asing (Ekspartiat):

Key Posts: yaitu mereka yang mendapatkan posisi kerja manajerial level atas di perusahaan swasta milik asing di Malaysia.

Executive Posts: yaitu mereka yang mendapatkan posisi kerja menengah yang memerlukan kualifikasi akademis dan pengalaman profesional

Non-Executive Posts: yaitu mereka dengan posisi teknikal yang memerlukan keahlian praktikal.

 

Pengajuan Ijin Kerja

Setelah mendapatkan surat dari perusahaan yang memperkerjakan Anda, Anda perlu melengkapi formulir DP11 . Setelah itu kumpulkanlah formulir tersebut beserta foto ukuran paspor, fotokopi halaman identitas (yang menerakan foto) dan surat-surat dari perusahaan yang memperkerjakan Anda ke Malaysian Employment Pass Division, baik secara langsung atau via pos.

Sejak Oktober 2011, mahasiswa yang berprestasi bagus di bidang Akuntansi, Perbankan, Elektronik dan Minyak & Gas dapat mengajukan Employment Pass (Category II). Persyaratannya adalah mahasiswa harus telah menyelesaikan kuliah, paling tidak gelar sarjana di salah satu institusi Malaysia yang terdaftar dalam SETARA Tier-5, dan mendapatkan prediakat 2:1. Juga, mahasiswa yang telah lulus haruslah telah menerima tawaran kerja dari perusahaan yang bereputasi tinggi, minimal selama 2 tahun dengan gaji RM2,500 per bulan. Perusahaan tersebut akan mengajukan ijin kerja ini untuk mahasiswa.  

 

Pelajari lebih lanjut tentang Visit (Temporary) Employment Pass

Pelajari lebih lanjut tentang Employment Pass (Category II)

 

CARA MENCARI KERJA?

Sumber Luar

Banyak sumber yang bisa dimanfaatkan untuk mencari pekerjaan di Malaysia, misalnya Asia Work, @llo’ Expat Malaysia dan Expatypus, atau JobStreetExpat Exchange dan Recruit.net.  

 

Universitas

Yang perlu diingat adalah, sebelum dapat mengajukan permohonan ijin kerja, Anda harus mendapatkan tawaran kerja terlebih dahulu. Oleh karena itu sebaiknya mulai mencari kerja sebelum Anda wisuda.

Universitas bisa menjadi tempat permulaan terbaik untuk mencari kerja. University of Nottingham, Malaysia menyediakan layanan karir bagi mahasiswa mereka, seperti cara menulis CV, cover letter, dan teknik menghadiri wawancara, gambaran mengenai pasar kerja terkini, dan mahasiswa bahkan dapat mengakses lowongan kerja yang tersedia dan perusahaan-perusahaan yang sedang membutuhkan tenaga kerja.

Employment and Career Development di Monash University Malaysia juga memberikan daftar lowongan kerja bagi mahasiswanya, beserta panduan dan tips untuk mencari kerja, dan memiliki koneksi dengan berbagai industri.

Banyak universitas di Malaysia juga memberikan layanan serupa bagi mahasiswa mereka. Universitas tidak hanya membimbing mahasiswa hingga kuliah berakhir, tetapi juga membantu mempersiapkan mereka untuk langkah selanjutnya, yaitu terjun ke dunia kerja.

 

Baca juga:

'Visa Pasca-kuliah di Malaysia'

'Biaya Kuliah di Malaysia'

'Biaya Hidup di Malaysia'

Mencari jurusan

Malaysia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Gratis

eBook 'Kuliah di Malaysia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Malaysia dalam satu buku digital praktis.