Informasi penting
Malaysia: Info Negara Tujuan - Wajib dibaca

Biaya Hidup di Malaysia

28294
Kelebihan dari kuliah di Malaysia adalah biaya hidupnya yang terjangkau. Kuala Lumpur merupakan salah satu kota dengan biaya hidup paling terjangkau di dunia. Biaya akomodasi di dalam dan di luar kampus termasuk murah jika dibandingkan dengan negara lain.  Dengan biaya hidup sekitar RM 1,200 per bulan, Anda sudah bisa hidup dengan nyaman di Malaysia.
 
Besarnya biaya hidup tentu saja tergantung lokasi tempat tinggal. Jika Anda ingin tinggal di dekat kota, Anda membutuhkan sekitar RM 1,200 hingga RM 1,500 setiap bulannya, untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan sebagai berikut:
 
Tempat tinggal
Biaya sewa akomodasi di Malaysia berkisar antara RM 300 hingga RM 450, tergantung jenis kamar dan jenis tempat tinggal. Pada umumnya mahasiswa memilih untuk tinggal di kondominium karena biaya yang relatif terjangkau ditambah dengan kenyamanan yang disediakan. Jika Anda memilih kamar single standar di kondominium standar, biaya sewa biasanya sekitar RM 400. Jika di kondominium yang lebih mewah, biaya sewa kamar single sekitar RM 600 atau lebih.
 
Tentu saja juga tersedia pilihan lain seperti apartemen, menyewa rumah (satu tingkat atau dua tingkat), atau asrama. Biaya sewa biasanya tidak termasuk biaya telepon rumah, listrik, air, internet dan gas. Tetapi kebanyakan akomodasi menyediakan perlengkapan umum seperti telepon, televisi, perlengkapan dapur dan lain-lain.
 
Makan
Harga makanan di Malaysia sangat terjangkau. Selain itu karena Malaysia adalah negara multikultur, variasi makanan yang disediakan sangat banyak. Untuk sekali makan di food court, kantin, atau mamak stall (makanan india), diperlukan kira-kira RM 3.5 hingga RM 5. Di kantin kampus bahkan tersedia makanan yang lebih murah dari itu. Misalnya bubur atau 1 set hot dog dengan harga di bawah RM 3.
 
Jika makan di restoran, tentu saja akan lebih mahal, tergantung restoran mana yang Anda kunjungi. Pilihan yang paling murah tentu saja masak sendiri dengan berbagi dengan teman. Untuk membeli sayur, Anda tidak perlu ke pasar tradisional. Supermarket seperti Giant, Lifestyle, Carrefour menjual berbagai variasi sayuran segar dan daging hingga bumbu masak.
 
Laundry
Tergantung ketersediaan waktu Anda, Anda bisa memilih untuk mencuci dan menyetrika sendiri atau membayar jasa binatu (sekitar RM 60 per bulan, tergantung lokasi). Binatu bisa ditemukan dengan gampang di sekitar kondominium dan apartemen. Biasanya kondominium dan apartemen juga menyediakan fasilitas mesin cuci dan setrika (tergantung pemilik kondominium) sehingga Anda bisa menghemat biaya binatu.
 
Telekomunikasi
Malaysia memiliki banyak penyalur jasa telekomunikasi, sehingga harga yang mereka tawarkan sangat kompetitif. Untuk pemakaian standar bisa berkisar antara RM 30 hingga RM 50. Tentu saja tidak termasuk panggilan ke luar negeri. Jika Anda ingin melakukan panggilan ke luar negeri dengan harga terjangkau, Anda bisa membeli kartu IDD.
 
Transportasi
Tergantung lokasi, transportasi umum di Malaysia cukup praktis. Anda bisa naik bis, MRT, atau kereta untuk berpergian. Bahkan ada kampus seperti Sunway University College yang menyediakan shuttle bus untuk transportasi ke kampus dan sekitarnya.
 
Biaya lain-lain
Total biaya hidup yang Anda butuhkan setiap bulan tentu saja tergantung dengan gaya hidup Anda. Tiket bioskop di Malaysia berharga RM 10. Kadang terdapat diskon khusus bagi mahasiswa. Untuk biaya materi pelajaran tergantung dari jurusan yang Anda pilih. Satu buku pelajaran bisa berkisar antara RM 50 hingga RM 200. Tentu saja ada alternatif lebih murah, yaitu dengan membeli buku bekas. Selain itu Anda pelru menyiapkan biaya ekstra untuk alat tulis, materi proyek (terngantung jurusan yang Anda ambil), biaya pengobatan (tergantung dokter, biaya pengobatan standar ke dokter umum adalah sekitar RM 40 tidak termasuk obat), dan biaya tak terduga lainnya.
 

Mencari jurusan

Malaysia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Gratis

eBook 'Kuliah di Malaysia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Malaysia dalam satu buku digital praktis.