Informasi penting
Malaysia: Info Negara Tujuan

Bepergian di Malaysia

3000

Dengan Kereta Api
Bepergian dari satu tempat ke yang lainnya bisa sulit di Kuala Lumpur, karena kepadatan lalu lintasnya. Salah satu cara untuk menghindari terjebak dalam kemacetan lalu lintas adalah dengan menggunakan sistem kereta api ringan (light rail) yang menunjang kota ini. Kuala Lumpur memiliki sistem metro empat jalur - KL Monorail - yang menghubungkan beberapa wilayah utama di mana bank, perkantoran, hotel, dan pusat perbelanjaan terkonsentrasi; STAR dengan jalur membentang sepanjang 27km dari utara ke selatan, dan satu lagi ke timur; serta PUTRA yang menghubungkan bagian timur laut kota ke arah barat.

KTM (Keretapi Tanah Melayu) menghubungkan kota-kota besar di Semenanjung Malaysia, dan berbagai tujuan di Thailand dan Singapura. Express Langkawi, yang menuju utara, berangkat setiap malam dari Kuala Lumpur ke Arau di Kedah. Tiba pagi hari, kereta ini kemudian melanjutkan perjalanan ke Hat Yai di Thailand - sebuah pilihan perjalanan tepat bagi para mahasiswa yang ingin melakukan belanja akhir pekan tanpa menghabiskan tabungannya.

Melalui Jalan Raya
Berkendara bus merupakan cara murah untuk bepergian di Malaysia. Bus beroperasi berdasarkan rute, dan tarif yang dibebankan adalah sesuai dengan jarak yang ditempuh. Pengaturan waktu bus kadang tak menentu dan cenderung tidak sesuai jadwal. Tetapi bus Putra, lebih dapat diandalkan.

Taksi di kota besar pada umumnya dilengkapi dengan meter. Tarif untuk 2km pertama adalah RM2 dan 10sen untuk setiap 200m berikutnya. Bagi mereka yang ingin menjelajahi seluruh Malaysia saat libur akhir pekan yang singkat, memanfaatkan bis wisata merupakan sebuah pilihan sederhana. Tarif dimulai dari RM35, sehingga mudah dan terjangkau bagi para mahasiswa berkunjung ke negara-negara bagian lain, untuk mencicipi makanan daerah setempat atau berwisata.

Melalui Udara
Ada lebih dari 40 maskapai penerbangan yang terbang ke Malaysia. Seluruh penerbangan tiba di, dan berangkat dari, Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) yang terletak di Sepang, 50km atau satu jam perjalanan berkendara ke arah selatan Kuala Lumpur, ibukota negara.

Dari KLIA, dapat naik penerbangan lanjutan ke sebagian besar kota-kota di dalam maupun di luar negeri. Para mahasiswa dapat memilih maskapai penerbangan kesukaan mereka atau maskapai biaya rendah yakni AirAsia dan Firefly. Jika dipesan jauh hari sebelumnya, penerbangan biaya rendah ini bisa menjadi sangat murah.

Melalui Jalur Laut
Ada beberapa pelabuhan masuk di Malaysia, yaitu Penang, Port Klang, Kuantan, Kuching dan Kota Kinabalu. Layanan feri beroperasi antara Penang dan Butterworth, membawa penumpang maupun kendaraan dari daratan ke pulau ini. Selain itu, ada banyak layanan feri yang tersedia untuk transportasi dari daratan ke pulau dan antar-pulau di seantero negeri.

Menggunakan kapal cepat dan tongkang di sungai adalah cara populer bepergian di sekitar Sabah dan Sarawak terutama ke permukiman yang lebih terpencil. Juga ada wisata bahari dan wisata sungai yang dikelola oleh agen perjalanan lokal. Untuk perjalanan laut di dalam negeri ada layanan yang tersedia dari Port Klang (Selangor) ke Kuantan (Pahang) dan ke Sabah atau Serawak. Selain itu, ada juga pelayaran wisata yang membawa penumpang ke negara-negara tetangga.

Mencari jurusan

Malaysia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Hotcourses Editor is the mysterious, faceless force made up of all our different contributors over the years. From masters in their field to top notch journos, take a peek at some of the talent we’ve had the pleasure of working with.

Gratis

eBook 'Kuliah di Malaysia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Malaysia dalam satu buku digital praktis.