Informasi penting
Malaysia: Info Negara Tujuan

Layanan Komunikasi di Malaysia

2882
Infrastruktur komunikasi di Malaysia sangat maju. Malaysia memiliki jaringan komunikasi yang luas dengan harga terjangkau.
 
Telepon
 
Anda bisa membuat panggilan lokal dan internasional dengan menggunakan telepon rumah maupun telepon umum. Untuk alternatif yang lebih murah, Anda bia membeli kartu IDD untuk membuat panggilan internasional, baik melalui telepon rumah maupun telepon umum. Anda cukup memasukkan kode dan kata kunci yang tertera di kartu IDD Anda.
 
Biaya telepon lokal di Malaysia adalah 8 sen untuk 2 menit pertama dan 4 sen per menit setelah 2 menit pertama. Layanan telepon lokal Malaysia dilayani oleh TM (Telekom Malaysia).  Anda bisa menelpon 103 untuk direktori dan 100 atau 1-800-882-882 untuk panggilan bebas biaya. Bila Anda memerlukan bantuan dalam membuat panggilan telepon, Anda bisa memanggil 101, dan Anda akan disambungkan ke operator.
 
 
Telepon Selular
 
Alat komunikasi yang paling umum digunakan di Malaysia adalah telepon selular. Terdapat banyak penyalur selular seperti Celcom (019 & 013), Maxis (012 & 017), Digi (016 & 014) dan U Mobile (018). Pemerintah telah menetapkan batas tertinggi tarif telepon selular.
 
Untuk telepon selular tersedia pulsa pra-bayar dan pasca-bayar.
 
 
Layanan Internet, E-mail dan Wireless Broadband
 
Terdapat beberapa penyalur layanan internet di Malaysia. Pendaftaran layanan internet sangat gampang dan praktis. Anda bisa memilih layanan koneksi dial-up atau broadband atau wireless broadband.
 
Banyak tempat umum yang dilengkapi dengan fasilitas internet, e-mail dan broadband. Fasilitas internet nirkabel juga tersedia di kampus dan kebanyakan kafe dan restoran.
 
Biaya layanan internet di Malaysia termasuk sangat murah. Biaya layanan broadband bulanan berkisar antara RM 48 per bulan. Di Malaysia juga terdapat banyak warung internet dengan harga murah, yaitu RM 2 per jam.
 
Baca juga:

Mencari jurusan

Malaysia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Gratis

eBook 'Kuliah di Malaysia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Malaysia dalam satu buku digital praktis.