Informasi penting
Malaysia: Info Negara Tujuan - Wajib dibaca

Mengapa kuliah di Malaysia?

6517

Semua orang tahu bahwa melanjutkan kuliah ke universitas bukanlah sekadar untuk meraih sebuah kualifikasi. Melainkan juga pengalaman yang diperoleh, ikatan persahabatan yang terjalin selama perjalanan kuliah, serta yang terutama adalah bagaimana keseluruhan pengalaman itu membentuk jati diri kita. Selain biaya pendidikan yang terjangkau, biaya hidup yang rendah, serta kekayaan budaya dan bangsa, Malaysia adalah tempat sempurna untuk mendapatkan semua itu. Malaysia juga merupakan tempat ideal untuk mengembangkan jejaring persahabatan dan relasi di Asia, serta membangun hubungan dengan sebuah negara yang sedang berkembang pesat.

Alasan baik lainnya untuk memilih Malaysia adalah biaya pendidikan yang rendah dan manfaat tambahan bahwa mahasiswa internasional diizinkan untuk bekerja di Malaysia sambil kuliah. Malaysia juga menawarkan prosedur imigrasi yang relatif sederhana bagi mereka yang memenuhi syarat untuk memperoleh izin tinggal sebagai mahasiswa.

Lokasi
Secara geografis, Malaysia adalah negara yang sangat beragam sebagaimana pula budayanya. Lokasinya di tengah Asia Tenggara memastikan iklim tropis sepanjang tahun. Malaysia terdiri dari dua wilayah daratan, yang dipisahkan oleh Laut China Selatan, yakni Malaysia Barat (yang dikenal sebagai Semenanjung Malaysia) dan Malaysia Timur. Ada dua bagian dari negara Malaysia, 11 negara bagian di Semenanjung Malaysia dan dua negara bagian di belahan utara Kalimantan.

Kuala Lumpur, ibukota negara, adalah sebuah kota metropolitan sangat modern, serta merupakan pusat bisnis dan perdagangan berteknologi maju. Malaysia juga membanggakan pantai, pegunungan dan taman nasionalnya yang menakjubkan. Malaysia merupakan tujuan studi yang bebas kerumitan dengan peluang pendidikan yang berlimpah. Negara ini merupakan tempat istimewa untuk belajar, karena lingkungan budayanya yang demikian beragam dan ramah.

Malaysia menawarkan kesempatan untuk menikmati liburan yang menakjubkan dan eksotis saat libur universitas tanpa harus membobol tabungan Anda. AirAsia, perusahaan penerbangan Malaysia berbiaya rendah, sangat terjangkau dan terkadang bahkan menawarkan tiket pesawat tanpa biaya. Selain itu, kedekatan Malaysia ke Thailand, Vietnam, Kamboja, dan Indonesia, serta Filipina dapat membuat rencana liburan jauh lebih layak.

Iklim Malaysia
Malaysia beriklim lembab tropis dengan suhu sekitar 27 derajat Celcius sepanjang tahun. Ada dua musim, yakni antara November dan Februari, serta dari bulan April sampai Oktober, dengan sesekali turun hujan badai.

Mahasiswa yang berencana kuliah di Malaysia tidak perlu merisaukan untuk membawa banyak pakaian dari negara asalnya. Yang diperlukan hanyalah pakaian katun sejuk, dan payung untuk musim hujan. Jika Anda gemar dengan suasana pesta, pastikan membawa beberapa sepatu modis, jeans atau gaun, dan dirimu siap berpesta.

Budaya Malaysia
Malaysia berpenduduk lebih dari 20 juta jiwa, dengan kelompok etnis Cina, India dan beragam kelompok etnis lainnya yang hidup bersama secara relatif harmonis. Karena adanya demikian banyak ras, budaya Malaysia berlimpah dengan ratusan perayaan dan festival. Orang Malaysia sangat ramah; cukup umum bagi mereka untuk menghampiri Anda di jalan, mengajak berkenalan atau sekadar mengajak Anda makan untuk mengakrabkan diri. Malaysia adalah negara dengan aneka daya tarik. Pada suatu hari Anda dapat terpesona oleh gedung pencakar langit Malaysia yang menjulang tinggi, Menara Kembar; Cyberjaya, lembah silikonnya Malaysia, atau menikmati degup kehidupan kota, dan pada hari yang lain mungkin menikmati daya tarik daerah pedalaman, terumbu tua, atau menyerap budaya asli.

Kuala Lumpur bukan hanya sekadar ibu kota Malaysia. Kuala Lumpur adalah pusat kecerdasan dan tekad Malaysia. Kota ini merupakan kota metropolitan utama negara, yang didominasi oleh Menara Kembar Petronas, serta merupakan pusat perdagangan dan perniagaan internasional. Hal ini akan menarik bagi para mahasiswa yang gemar dengan derap cepat kota dan adanya kemungkinan mendapatkan penempatan kerja. Tentu saja, Kuala Lumpur juga memiliki kehidupan malam yang semarak dengan banyak bar, klub malam dan pub kecil yang kian menjamur dengan cepat.

Salah satu festival yang paling terkenal adalah Festival Thaipusam, yang setiap tahun dirayakan oleh hampir satu juta orang. Prosesi tahunan dari umatnya yang memberi penghormatan kepada Baginda Murugan adalah sebuah pernyataan terhadap keyakinan Malaysia dalam beragama. Beberapa umat akan terlihat membawa kavadis (beban) sementara yang lain, kulit, pipi dan lidahnya ditembus oleh tusuk besi. Apakah Anda seorang penganut agama yang kuat atau hanya menyenangi pandangan dan suara dari keyakinan yang kuat, Malaysia adalah tempat untuk mengalaminya semua.

Sebuah surga gastronomi, bersantap di luar rumah di Malaysia adalah sangat murah. Mulai dari restoran yang indah hingga kios jajanan yang bising, dan tempat-tempat makan 'mamak' (Muslim India), Anda akan temukan bahwa makanan adalah daya tarik terbaik dari negeri ini. Jika harus bekerja hingga larut malam untuk menyelesaikan tugas, Anda masih dapat menemukan banyak warung makanan yang masih buka pada pukul 3:00 pagi. Jangan terkejut jika menemukan tempat bersantap yang buka 24 jam, 7 hari seminggu.

Daya tarik utama
Malaysia membanggakan berbagai macam atraksi yang menyajikan kegiatan bagi para penggemar petualangan maupun mereka yang gemar bersantai.

Gunung Kinabalu adalah gunung tertinggi di Asia Tenggara dengan ketinggian 4.100m. Gunung ini juga merupakan puncak tertinggi antara pegunungan Himalaya dan Papua Nugini. Para pendaki ditakjubkan oleh pemandangan panorama mengagumkan di puncak gunung, terutama saat matahari terbit dan terbenam. Beberapa orang bahkan mengatakan bahwa mereka merasa seolah berada di surga, saat mengamati tebaran awan putih di bawah mereka. Tentunya, sebuah pendakian ke puncak gunung tak akan terasa lengkap tanpa menyaksikan bunga terbesar di dunia, Rafflesia arnoldii, yang hanya dapat ditemukan di Asia Tenggara. Cocok bagi para pecandu adrenalin dan pencinta alam, Malaysia adalah tempat yang istimewa bagi para mahasiswa untuk bersantai setelah belajar dengan keras.

Terumbu karang Malaysia di Ceruk Indo-Pasifik menopang lebih dari 1 juta spesies kehidupan laut, menjadikannya salah satu tujuan wisata selam terkemuka di dunia. Kehidupan bahari yang menakjubkan, pantai berpasir putih, dan air yang bersih serta bening sangat pantas bagi mereka yang mencintai kehidupan pantai tanpa harus mengorbankan petualangan laut yang tanpa akhir. Di Sabah, Malaysia Timur, banyak mahasiswa internasional yang mempelajari biologi kelautan menemukan bahwa ini adalah tempat yang tepat untuk kuliah mereka karena berlimpah dengan karang, tumbuhan, mahluk laut unik dan terumbu fantastis di semua kepulauan dan sekitarnya.

Selain dari keragaman aktivitas luar ruang yang mengesankan. Malaysia juga penuh dengan sejarah dan karakter. Dua dari negara bagiannya, Malaka dan Georgetown, telah dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO berkat adanya kekayaan sejarah, budaya, arsitektur dan bangunan warisan. Jika Anda memiliki minat besar terhadap sesuatu yang kuno dan terpelihara, Anda tidak akan kecewa. Pengetahuan bukan sekadar tentang buku-buku, pengetahuan juga dapat diperoleh dari pengalaman dan mempelajari berbagai hal di luar lingkup ruang kelas.

 

Mencari jurusan

Malaysia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Hotcourses Editor is the mysterious, faceless force made up of all our different contributors over the years. From masters in their field to top notch journos, take a peek at some of the talent we’ve had the pleasure of working with.

Gratis

eBook 'Kuliah di Malaysia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Malaysia dalam satu buku digital praktis.