Informasi penting
Malaysia: Info Negara Tujuan

Yang Menarik dari Malaysia

708

Iklim
Malaysia beriklim tropis dengan termperatur sekitar 27 derajat Celcius sepanjang tahun. Musim hujan jatuh di antara bulan November hingga Febuari dan antara bulan April hingga Oktober.

Untuk kuliah di Malaysia, Anda hanya perlu membawa baju-baju biasa yang nyaman serta payung untuk musim hujan. Jika Anda menyenangi pesta, bawalah sepatu sendal, jeans, gaun atau terusan.

Kebudayaan 
Malaysia mempunyai populasi melebihi 20 juta orang. Dengan mayoritas suku Chinese, India dan suku lainnya yang hidup bersama dengan tenteram. Karena ditempati oleh banyak ras yang berbeda, Malaysia kaya akan berbagai festival setiap tahunnya. Warga-warga Malaysia terkenal ramah dan tidak sulit untuk bergaul dengan mereka. Anda bisa menikmati berbagai pemandangan di Malaysia. Mulai dari kehidupan kota yang semarak, gedung pencakar langit seperti Twin Tower, Cyberjaya yang modern, daerah bebukitan dengan tanaman khas, batu karang dengan cerita bersejarah, hingga masyarakat pribumi.

Kuala Lumpur bukan hanya merupakan ibu kota Malaysia, tetapi juga merupakan kota metropolis dengan taraf internasional. Petronas Twin Tower di Kuala Lumpur merupakan pusat perdagangan internasional Malaysia. Kuala Lumpur juga diramaikan dengan berbagai bar, klub malam dan pub.

Salah satu festifal terkenal adalah Festival Thaipusam, yang dirayakan tiap tahun oleh lebih dari sejuta warga. Perayanan tahunan oleh para pemuja Lord Murugan merupakan tradisi turun temurun. Beberapa pemuja akan memanggul kavadis (sejenis beban), sementara yang lainnya berparade dengan kulit, pipi dan lidah yang ditusuk oleh sesuatu yang runcing. Jika Anda senang menonton ritual kepercayaan kuno, Malaysia adalah tempatnya. 

Sebagai surga kuliner, Malaysia menyediakan banyak pilihan dengan harga yang terjangkau. Dari kios-kios makan jalanan, mamak stall (makanan india) yang selalu sibuk dan ramai, Anda akan menikmati pengalaman kuliner yang unik di Malaysia. Jika Anda harus lembur untuk menyelesaikan tugas kuliah, banyak juga kios makanan yang buka hingga jam 3 pagi, bahkan 24 jam setiap harinya. Di Malaysia, Anda tidak perlu kuatir untuk susah menemukan tempat makan.


Atraksi dan Aktifitas
Malaysia kaya akan berbagai atraksi dan aktifitas menarik. Banyak turis asing yang datang ke Malaysia untuk menikmati atraksi-atraksi dan aktifitas unik di Malaysia.

Gunung Kinabalu adalah gunung tertinggi di Asia tenggara. Dengan ketinggian sekitar 4,100 m, puncak Kinabalu merupakan puncak gunung tertinggi di antara Himalaya dan Papua Nugini. Banyak sekali pemanjat gunung dan penikmat alam yang datang khusus untuk mengagumi Gunung Kinabalu, terutama saat matahari terbit dan terbenam. Bunga raksasa Rafflesia Arnoldii yang hanya bisa ditemukan di Asia Tenggara juga bisa ditemukan di Gunung Kinabalu.

Malaysia merupakan salah satu tujuan wisata populer di dunia. Terumbu karang Malaysia di cekungan Indo-Pasifik memiliki lebih dari 1 juta spesies kehidupan laut. Selain itu terdapat banyak pantai indah di Malaysia dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Sabah sangat digemari oleh para mahasiswa yang mendalami ilmu kehidupan laut. Pulau-pulau sekitar Sabah banyak sekali ditumbuhi oleh karang, tumbuh-tumbuhan laut serta ditempati oleh banyak hewan laut yang unik.

Selain kaya akan kegiatan di alam terbuka, Malaysia juga merupakan negara yang kaya akan sejarah. Malaka dan Georgetown dijadikan situs warisan dunia oleh UNESCO karena kekayaan sejarahnya serta kebudayaan, arsitektur dan bangunan bersejarahnya. Jika Anda menginginkan pengalaman di kota-kota kuno, Malaysia adalah tempatnya.
 

Mencari jurusan

Malaysia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Gratis

eBook 'Kuliah di Malaysia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Malaysia dalam satu buku digital praktis.