Informasi penting
Malaysia: Once you arrive

TAHUN BARU IMLEK DI KUALA LUMPUR

1964
Di antara semua perayaan Chinese, Tahun Baru Imlek – atau dikenal juga sebagai Festival Musim Semi – adalah salah satu perayaan terbesar. Hari pertama dari kalender Chinese merupakan hari dimulainya perayaan Imlek. Tahun ini, Tahun Baru Imlek dirayakan tanggal 19 Febuari. Seluruh Malaysia merayakan Imlek selama tiga hari, kecuali Terengganu dan Kelantan, yang hanya libur di hari pertama.
 
TEMPAT YANG PATUT DIKUNJUNGI
 
Ingin melewatkan liburan Imlek di Kuala Lumpur? Berikut ini adalah tempat-tempat yang patut dikunjungi untuk melihat sendiri tradisi Imlek khas Malaysia:
 
Thean Hou Temple
Di dekat Mid Valley Megamall, tepatnya di Robson’s Hill terdapat sebuah kuil tingkat 6 yang indah. Kuil ini didirikan untuk menghormati Thean Hou, atau dikenal juga dengan sebutan The Heavenly Mother. Didirikan pada tahun 1987, kuil ini merupakan kuil terbesar di Kuala Lumpur. Kuil ini sangat ramai dikunjungi terutama di hari Tahun Baru Imlek. Disini Anda dapat melihat pemandangan dan lampion-lampon indah. Tidak dikenakan biaya masuk untuk pengunjung. Untuk informasi selanjutnya mengenai kegiatan khusus Imlek, silahkan kunjungi situs Thean Hou temple.
 
The Golden Triangle
Yang menjadi ikon dari area ini adalah Petronas Twin Towers. Kawasan ini memiliki banyak shopping mall, hotel-hotel bintang lima, dan sering mengadakan acara-acara (terutama di pub dan kafe), terutama pada saat Imlek, sehingga merupakan salah satu destinasi populer yang dikunjungi oleh para turis.  
 
Chinatown dan Kuil-kuil Budha
Jika Anda ingin melihat pertunjukan akrobat, barongsai, perarakan naga, Anda pasti tidak ingin melewatkan tempat ini.
 
MAKANAN KHAS IMLEK
 
Di Malaysia, makanan khas Imlek adalah Yee Sang sejenis makanan pembuka. Tidak hanya lezat, Yee Sang juga adalah simbol dari keberuntungan. Yee Sang adalah kombinasi dari berbagai makanan (tergantung restoran yang menyajikan). Pada umumnya, Yee Sang terdiri dari ikan, kacang tanah, biji wijen, kerupuk udang, dan masih banyak lagi.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Cara memakan Yee Sang cukup unik. Semua orang berdiri dan melambungkan Yee Sang dengan sepasang sumpit, sambil mengucapkan harapan mereka. Menurut kepercayaan, semakin tinggi Yee Sang dilambungkan, semakin banyak rejeki. 
 
MAKANAN LAINNYA
Pada saat Imlek, kebanyakan toko dan tempat makan, terutama milik orang Chinese libur, begitu juga dengan toko dan tempat makan di mall.
 
Akan tetapi jangan khawatir, restoran-restoran fast food seperti McDonald’s dan KFC, mamak stalls India dan Muslim, serta convenience store 24 jam seperti 7-eleven tetap buka seperti biasa.
 
TIPS BAGI MAHASISWA INTERNASIONAL
 
Do’s:
  1. Saatnya untuk jalan-jalan santai di kota. Kebanyakan warga Malaysia pergi liburan saat ini. Jadi kendaraan umum (bis, LRT dan lainnya) sangat sepi, Anda tidak perlu ngantri. Dan, Anda bisa menikmati jalan bebas macet.
  2. Pergilah ke restoran Chinese terdekat dan cobalah Yee Sang beramai-ramai dengan teman-teman. Menu ini cuma bisa dinikmati sekali setahun.
  3. Jangan lewatkan atraksi spesial Imlek seperti barongsai, perakan naga dan lainnya. 
Don’ts:
  1. Jika Anda ingin berbelanja, lakukanlah sebelum atau setelah Imlek. Karena semasa liburan Imlek (3 hari) banyak toko yang tutup.
  2. Selesaikan keperluan yang berhubungan dengan dokumen penting sebelum atau sesudah Imlek (misalnya visa, ijin kerja).
  3. Jangan menunggu liburan Imlek untuk memperbaiki gadget Anda yang rusak, karena kebanyakan toko tutup. Memang tidak semua toko tutup, tapi pilihan Anda akan sangat terbatas sekali sewaktu liburan Imlek. 

Mencari jurusan

Malaysia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Gratis

eBook 'Kuliah di Malaysia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Malaysia dalam satu buku digital praktis.