Informasi penting
Malaysia: Akomodasi Pelajar - Wajib dibaca

Akomodasi di Malaysia

2880

Malaysia merupakan salah satu destinasi kuliah terfavorit. Ibukotanya, Kuala Lumpur adalah kota modern dengan mayoritas warga yang menggunakan Bahasa Inggris. Anda tidak akan susah beradaptasi dengan kehidupan di Malaysia. Selain itu, biaya hidup di Malaysia juga sangat terjangkau.

 
Cukup banyak pilihan akomodasi yang tersedia di Malaysia bagi mahasiswa internasional. Di antaranya adalah:
 
Akomodasi dalam kampus
 
Kebanyakan universitas menyediakan akomodasi dalam kampus bagi mahasiswa-mahasiswa internasional. Malaysia diberkahi dengan ruang yang luas dengan iklim yang bersahabat. Dibandingkan dengan negara-negara lain, akomodasi dalam kampus Malaysia termasuk sangat leluasa dan dilengkapi dengan fasilitas yang memuaskan dengan harga yang terjangkau.
 
Harga akomodasi dalam kampus berkisar antara RM 350.00 hingga RM 650.00 perbulan, tergantung lokasi, universitas dan kelengkapan fasilitas. Mahasiswa yang tinggal di dalam kampus bisa menghemat biaya transportasi. Mayoritas kampus juga menyediakan layanan bis antar jemput gratis untuk universitas dan daerah sekitarnya.
 
Akomodasi luar kampus
 
Biaya sewa tempat tinggal di Malaysia termasuk rendah jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Berikut ini adalah perkiraan biaya sewa per bulan:
 
Kamar                                                            RM 250 - RM 400
Kondominium / Apartemen                            RM 700 - RM 1500
Rumah Dua Lantai                                        RM 1200 - RM 2000
 
Perkiraan ini didasarkan dengan harga akomodasi di daerah Bandar Sunway dan Subang Jaya. Tempat tinggal yang bisa disewa berupa rumah (satu/dua tingkat), apartemen dan kondominium yang terdiri dari 3 hingga 4 kamar dilengkapi dengan ruang duduk, dapur dan kamar mandi.
 
Biasanya akan diminta uang muka sebesar biaya sewa 2 hingga 3 bulan. Kontrak minimal untuk menyewa tempat tinggal adalah 1 tahun. Biaya sewa dibayarkan setiap bulan dan tidak termasuk biaya listrik, air, gas, dan TV kabel.
 
Biaya akomodasi luar kampus per mahasiswa bisa berkisar antara RM 150.00 hingga RM 900.00 per bulan, tergantung jenis akomodasi, lokasi serta kelengkapan fasilitas
 
Informasi mendetil mengenai akomodasi bisa ditemukan di agen properti, atau di situs-situs iPropertyFullhouse dan Adpost. Tetapi, cara terbaik untuk mendapatkan akomodasi adalah dengan melihat di papan pengumuman. Biasanya di lobby kondominium terdapat sebuah papan pengumuman dimana para mahasiswa yang akan segera lulus menawarkan kamar mereka untuk disewa. Berita seperti ini juga bisa Anda temukan di kantin, atau minimarket-minimarket sekitar.
 
 
Baca juga:

Mencari jurusan

Malaysia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Gratis

eBook 'Kuliah di Malaysia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Malaysia dalam satu buku digital praktis.