Informasi penting
Malaysia: Keuangan

BIAYA HIDUP MAHASISWA DI MALAYSIA

10340
Modern, dinamis dan terus berkembang, jumlah wisatawan asing di kota-kota Malaysia terus meningkat tiap tahunnya. Saat ini terdapat sebanyak 70.000 mahasiswa internasional yang berasal lebih dari 100 negara, salah satu alasan utama adalah karena biaya hidup yang rendah di Malaysia. Ringgit Malaysia bernilai relatif rendah, namun mudah dihabiskan. Berikut adalah rincian biaya hidup di Malaysia yang dapat membantu Anda dalam merencanakan anggaran pendidikan.
 
Akomodasi
 
Biasanya universitas menyediakan akomodasi dalam kampus bagi mahasiswa internasional yang berkisar antara RM600 – RM3.000 tiap semesternya. Beberapa universitas menawarkan kos/sewa kamar mencakup makan dengan tambahan RM10 – RM20 tiap harinya. Biaya ini beragam tergantung dari kota, universitas dan jenis kamarnya, untuk kamar basic on-campus single, Anda dikenakan biaya antara RM100-RM500 per bulan. Anda juga diwajibkan membayar jaminan di awal, dan beberapa universitas juga mengenakan biaya pemrosesan. Contohnya, Monash University Malaysia manawarkan kamar single dengan harga RM1.150 per bulan termasuk fasilitasnya, ditambah jaminan RM1.500 dan biaya pemrosesan RM300.
 
Jika Anda lebih memilih untuk menetap di luar kampus, Anda dapat mencari informasi tempat tinggal di luar kampus melalui universitas setempat atau menyewa tempat tinggal secara pribadi ataupun berbagi. Walau terkadang terdapat pilihan yang lebih murah, biaya listrik dan air biasanya belum termasuk dalam harga sewa tempat tinggal pada perumahan luar kampus, dan biasanya dibayarkan beserta biaya sewanya. Akses untuk fasilitas bersama seperti dapur dan laundry juga beragam dari tempat tinggal satu dengan tempat tinggal lainnya, sehingga Anda perlu memeriksa dan membandingkan kembali biaya yang diperlukan dengan apa yang Anda dapatkan. Anda bisa mendapatkan sebuah kamar flat berbagi di luar kampus dengan harga sekitar RM350-RM500 per bulan, dan sebuah flat studio di luar kampus dengan biaya berkisar RM1.500-RM2.500 per bulan.
 
Biaya Hidup
 
Esensi biaya hidup di Malaysia jelas tak terelakkan, namun biaya tersebut cenderung rendah. Berikut ini adalah biaya yang mungkin Anda butuhkan:
  • Biaya listrik/air (jika tidak termasuk dalam biaya sewa) per bulan ...RM164.90
  • Internet, 6MB, per bulan... RM145
  • Basic prepaid phone plan, 6GB data...RM148
Transportasi
 
Kota-kota di Malaysia sangat modern dan memiliki jaringan transportasi yang maju. Seluruh pelabuhan dan bandara internasional terhubung dengan layanan bis dan rel, dimana kota-kota besar Malaysia memberi pilihan perjalanan dengan menggunakan bis, minibus, taksi, pedicab dan kereta api. Sebagai seorang mahasiswa internasional Anda tidak mendapat fasilitas national travel discount card, namun pada beberapa kota Anda mungkin bisa mendapatkan fasilitas yang serupa. Beberapa kota memiliki penawaran fasilitas kartu perjalanan isi ulang ‘pay as you go’ yang akan dipotong sesuai dengan besaran biaya perjalanan yang Anda tempuh.
·         Biaya perjalanan dengan bis, 1 zona, Kuala Lumpur...RM1
·         Myrapid pass, Kuala Lumpur, potongan diskon bagi mahasiswa internasional, 7 hari... RM45
·         Myrapid pass, Kuala Lumpur, potongan diskon bagi mahasiswa internasional, 1 bulan... RM125
·         Taksi, 1km, tarif normal... RM1.66
 
Makan
 
Terdapat berbagai jenis supermarket dengan beragam merek di Malaysia, namun Anda dapat menemukan penawaran harga yang lebih murah di toko kelontong dan minimarket setempat. Namun Anda tetap dapat bergantung pada Tesco atau Carrefour lokal setempat, berikut ini adalah biaya makanan dasar rata-rata:
·         Susu, 1L...RM7.99
·         Roti tawar putih, 660g...RM3.35
·         Irisan dada ayam, 1kg...RM14.88
·         Spaghetti, 500g...RM3.39
·         Coca-cola, 1.5L... RM3.30
·         Beras, 5kg...RM22
·         Telur, 10 butir... RM4.50
·         Minyak zaitun, 250ml...RM16.99
·         Big Mac... RM10
 
Biaya Lain-Lain
 
Dibandingkan dengan hal lain di Malaysia, biaya hidup sosial mahasiswa cukup bersahabat.
·         Pint besar di bar...RM17
·         Cappuccino di cafe...RM10.80
·         Air minum dalam kemasan, 330ml...RM2.20
·         Makan di restoran kalangan menengah, tiga jenis masakan...RM25
·         Anggur botol di restoran... RM60
·         Karcis nonton film, tanpa potongan diskon mahasiswa...RM12

Mencari jurusan

Malaysia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Gratis

eBook 'Kuliah di Malaysia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Malaysia dalam satu buku digital praktis.