Informasi penting
Malaysia: Pendaftaran Universitas

3 BIDANG KULIAH YANG PATUT DIPELAJARI DI MALAYSIA

4486
Bidang kuliah manasaja yang dijagokan oleh Malaysia? Baca panduan berikut ini sebelum mencari program kuliah di Malaysia...
 

Teknik (Petroleum)

Perusahaan minyak dan gas asal Inggris – BP, telah memiliki banyak kantor di Malaysia selama 49 tahun, dan sejak saat itu telah menjadi pemain utama dalam sektor petrokimia global.
 
Perusahaan minyak raksasa seperti Shell dan Esso juga telah menanamkan modal yang besar dalam industri petroleum di Malaysia. Hal ini sangat menguntungkan para lulusan Petroleum Engineering, dimana mereka lebih gampang menemukan pekerjaan, dan dibayar dengan gaji yang tinggi pula.
 
Hingga saat ini, Malaysia telah memiliki cadangan minyak sekitar 28.35 milyar barrel dan 1.2% dari cadangan gas di dunia. Industri petroleum adalah penggerak utama dari perekonomian Malaysia, dan pemerintah menargetkan penambahan produksi sebanyak  5% per tahun hingga tahun 2020 untuk memenuhi permintaan pasar, menjadikan Malaysia sebagai pusat terbesar untuk minyak dan gas se-Asia Pasifik.  
 
Banyak sekali institusi Malaysia yang menawarkan program kuliah Petroleum Engineering baik tingkat Sarjana dan Pascasarjana. Misalnya, USCI University menawarkan program Bachelor of Engineering (Hons) in Petroleum Engineering, sedangkan Universiti Teknologi Malaysia (UTM) memiliki Petroleum Engineering Department  yang menawarkan serangkaian program Sarjana dan Master. 
 
 
Teknik (Mekanik) 
 
Lulusan Mechanical Engineering (teknik mekanik) di Malaysia juga dapat menemukan pekerjaan dalam sektor manufaktur yang berkembang pesat, baik dalam pengelolaan, desain ataupun penelitian. Berfokus pada pembangkitan tenaga, otomotif dan manufaktur, industri di Malaysia menawarkan banyak lowongan kerja bagi para lulusan dari bidang tersebut.
 
Pada tahun 2011, sektor manufaktur bertanggung jawab akan setengah dari investasi asing di Malaysia, dengan perkembangan 3.8% pada tahun 2014. Keadaan ini menyebabkan kekurangan tenaga kerja di Malaysia, yang terus ingin meningkatkan perkembangan sektor teknik mekanik.  
 
Menanggapi permintaan yang tinggi akan tenaga profesional dalam bidang teknik mekanik, institusi-institusi pendidikan tinggi di Malaysia menawarkan program kuliah untuk menghasilkan para lulusan teknik mekanik terbaik. Misalnya Department of Mechanical, Materials and Manufacturing Engineering di University of Nottingham, Malaysia merupakan salah satu departemen program teknik mekanik terbaik di dunia. Selain itu, Monash University Malaysia juga menawarkan program sarjana Mechanical Engineering
 
 
Bisnis, Kuangan dan Akuntansi
 
Dengan perkembangan ekonomi sebesar  4.5%-5.5% pada tahun 2014, Malaysia merupakan pusat keuangan dan perbankan islami di dunia. is the world’s largest Islamic banking and financial centre. Peraturan yang ketat, dengan tindakan pencegahan di tempat untuk mengelola risiko, sektor keuangan Malaysia dinilai tangguh dalam menghadapi krisis keuangan global dan telah menunjukkan keberhasilan dalam memberantas kemiskinan.
 
Menawarkan beragam layanan keuangan, Malaysia memberikan banyak kesempatan dan ruang kembang bagi perusahaan maupun individual. Sebelum tahun 2020, sektor layanan finansial Malaysia diprediksikan akan membuka 275,400 lowongan kerja yang berhubungan dengan akuntansi, investasi, perdagangan internasional, sales dan permasaran, serta ekonomi.
 
Lulusan MBA banyak dicari di Malaysia, sehingga program ini menjadi sangat populer. Pada tahun 2014, Graduate School of Business dari Universiti Malaya dinamakan sebagai fakultas bisnis terpopuler di Asia, diikuti oleh Universiti Putra Malaysia (UPM) yang menempati posisi ke-4, dan Universiti Teknologi Malaysia (UTM) di posisi ke-11.
 
Program kuliah Keuangan dan Akuntansi juga banyak ditawarkan, baik untuk tingkat sarjana maupun pascasarjana.
 
 
Baca juga:

Mencari jurusan

Malaysia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Gratis

eBook 'Kuliah di Malaysia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Malaysia dalam satu buku digital praktis.