Informasi penting
Malaysia: Pendaftaran Universitas

Keluarga mahasiswa internasional yang diperbolehkan untuk tinggal di Malaysia

1212

Anggota keluarga dari mahasiswa internasional dibenarkan untuk menemani mahasiswa internasional selama kuliah di Malaysia dengan mengajukan Long Term Social Pass (funtuk durasi 12 bulan atau sesuai dengan lama kuliah). Berikut ini adalah anggota keluarga yang diperbolehkan untuk menemani mahasiswa internasional:

  • Orang tua
  • Suami/Istri, anak, dan orang tua dari mahasiswa yang berasal dari negara-negara timur tengah

·         Suami/Istri dan anak dari mahasiswa yang mengambil program pascasarjana

Mengajukan Long Term Social Pass

  • Aplikasi harus dikumpulkan ke Kantor Representatif Malaysia terdekat di negara asal, dengan menyertakan  salinan aplikasi student pass.
  • Bagi negara yang tidak memiliki Kantor Representatif Malaysia  bisa memasuki Malaysia dengan Social Visit Pass dan kemudian mengajukan perpanjangan ijin tinggal di Kantor Imigrasi yang berada di lokasi institusi pendidikan tersebut. Pengajuan perpanjangan ijin tinggal harus dilakukan dalam satu bulan setelah memasuki Malaysia.
  • Dokumen – dokumen yang diperlukan :
  • Form Imm. 55
  • Form Imm. 38 (jika perlu)
  • Salinan paspor mahasiswa
  • Salinan paspor pihak pengaju
  • Surat verifikasi dari institusi pendidikan

Kerja paruh waktu di Malaysia

Semua mahasiswa internasional yang kuliah di institusi pendidikan tinggi negeri atau swasta diijinkan untuk bekerja paruh waktu.

Persyaratan untuk kerja paruh waktu

Mahasiswa diijinkan untuk kerja paruh waktu maksimal 20 jam per minggu semasa libur semester atau saat liburan yang lebih dari 7 hari di restoran, pom bensin, mini market dan hotel selama Student Pass mereka masih berlaku. Para mahasiswa tidak diijinkan untuk bekerja sebagai kasir. Di sektor perhotelan, mahasiswa tidak diijinkan untuk bekerja sebagai penyanyi, tukang pijat, pemusik atau GRO. Para mahasiswa tidak diijinkan untuk terlibat dalam pekerjaan atau aktifitas yang tidak bermoral.

Pengajuan untuk ijin kerja paruh waktu harus dilakukan di institusi pendidikan tempat kuliah. Sewaktu mengajukan permohonan ijin kerja di Departemen Imigrasi, mahasiswa harus hadir beserta representatif dari institusi pendidikan. 

Mencari jurusan

Malaysia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Gratis

eBook 'Kuliah di Malaysia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Malaysia dalam satu buku digital praktis.