Informasi penting
Malaysia: Pendaftaran Universitas

Kisaran biaya kuliah program pascasarjana di Malaysia

18599
Para mahasiswa internasional menemukan bahwa kuliah di Malaysia sangat menguntungkan karena banyaknya pilihan program kuliah dan institusi pendidikan serta biaya kuliah dan biaya hidup yang terjangkau.
 
Pendidikan pascasarjana di Malaysia cukup digemari mahasiswa internasional. Salah satu sebabnya adalah banyak universitas yang memberikan beasiswa bagi para mahasiswa yang mengambil gelar master dengan penelitian.
 
Dengan IPK S1 3.00 Anda sudah bisa diterima di universitas-universitas Malaysia untuk pendidikan program pascasarjana S2. Jika IPK S1 Anda bagus, misalnya 3,6 keatas, ada kemungkinan Anda bisa mendaftar langsung ke program S3, tanpa harus menyelesaikan S2.
 
Di Malaysia tersedia 2 jenis program Master:
 
Master by coursework berlangsung selama 2 hingga 3 semester dengan 40-50 SKS. Jadwal kuliahnya cukup padat. Biasanya tidak tersedia beasiswa untuk master by coursework.
 
Master by research berdurasi lebih lama, yaitu 4 hingga 6 semester. Tetapi jumlah SKS lebih sedikit. Biasanya tersedia banyak program beasiswa untuk Master by research di Malaysia, berkisar antara RM 1,500-1,600 per bulan.
 
Di Malaysia, biaya kuliah untuk gelar S2 cukup terjangkau. Biaya kuliah Program MBA (Master of Business Administration) di universitas-universitas swasta berkisar antara RM 21,000 hingga RM 30,000. Lama kuliah sekitar 1 hingga 2 tahun. Sedangkan di universitas-universitas negeri, biaya kuliah Program MBA berkisar antara RM 13,000 hingga RM 25,000.
 
Sedangkan untuk Master by research di bidang non medis, biaya kuliah program gelar Master berkisar antara RM 1,800 hingga RM 6,000 per tahun.  Untuk gelar PhD (S3), kisaran biaya per tahunnya adalah RM 2,700 hingga RM 8,000.

Mencari jurusan

Malaysia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Gratis

eBook 'Kuliah di Malaysia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Malaysia dalam satu buku digital praktis.