Informasi penting
Malaysia: Pendaftaran Universitas

Berbagai kualifikasi internasional yang bisa Anda ambil di Malaysia

908
Salah satu yang membuat Malaysia populer sebagai negara destinasi kuliah adalah, selain kebudayaannya yang multikultur dan biaya hidup yang terjangkau, Malaysia menawarkan banyak pilihan kuliah dengan kualitas internasional. Malaysia memiliki banyak institusi pendidikan yang memberikan kualifikasi luar negeri (seperti Inggris, Amerika Serikat, Australia dan lain-lain). Jadi tanpa perlu kuliah ke negara-negara tersebut, Anda tetap bisa mendapatkan kualifikasi yang sama.
 
Sejak tahun 1980, Malaysia telah bekerjasama dengan universitas-universitas bergengsi asal Inggris, Selandia Baru, Australia dan Amerika Serikat untuk memberikan kualifikasi-kualifikasi yang diakui secara internasional melalui institusi-institusi pendidikan di Malaysia.
 
Saat ini banyak universitas luar negeri yang mendirikan kampus cabang di Malaysia. Contohnya Monash University dari Australia dan University of Nottingham dari Inggris. Mereka menawarkan program sarjana dan pascasarjana di kampus cabang mereka di Malaysia. Dengan kuliah di kampus cabang, Anda bisa memilih untuk menyelesaikan seluruh gelar Anda di Malaysia, atau menyelesaikan satu atau dua semester di luar negeri.
 
Program-program kerjasama Malaysia dengan universitas luar negeri yang bisa memberikan Anda kualifikasi kelas internasional adalah:
 
Program twinning degree 2+1
 
Malaysia bekerja sama dengan berbagai universitas bereputasi internasional dari Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Selandia Baru, Australia, Prancis dan Jerman untuk memberikan gelar sarjana melalui Program twinning degree 2+1.
 
Program ini memungkinkan Anda untuk kuliah 2 tahun di Malaysia dan 1 tahun di luar negeri (misalnya di Amerika, atau Australia, tergantung program yang Anda ambil). Setelah menyelesaikan program ini, Anda akan mendapatkan gelar dari universitas luar negeri tersebut, sekaligus gelar dari universitas di Malaysia. Program ini sangat menguntungkan, karena tanpa harus kuliah selama 3 tahun di luar negeri, Anda bisa mendapatkan kualifikasi yang sama dengan meyelesaikan kuliah ke luar negeri. Contohnya: Sunway University memiliki program twinning 2+1 dengan Monash University di Australia. Jika mengambil program ini, Anda akan menyelesaikan 2 tahun pertama di Malaysia dan 1 tahun terakhir di Australia dan tetap mendapatkan gelar sarjana dari Monash University. Cara ini tentunya sangat menghemat biaya dibandingkan Anda harus kuliah selama tiga tahun di Australia. Selain itu, Anda juga bisa menikmati pengalaman hidup di dua negara yang berbeda.
 
Program 3+0 bachelor degree
 
Dengan program 3+0, Anda bisa menyelesaikan program gelar bachelor (sarjana S1) kualifikasi luar negeri sepenuhnya di Malaysia.Sejak tahun 1998, telah banyak institusi pendidikan swasta Malaysia yang dipercaya oleh universitas-universitas dari Inggris, Australia, Amerika Serikat dan Prancis untuk memberikan gelar sarjana atas nama universitas-universitas luar negeri tersebut. Begitu menyelesaikan kuliah , para mahasiswa bisa melanjutkan ke program S2 di universitas luar negeri.
 
Program ini tentu saja sangat menghemat biaya. Anda bisa mendapatkan gelar Sarjana Bisnis dari universitas di Inggris dari institusi pendidikan di Malaysia tanpa harus kuliah 3 tahun di Inggris.

 

Mencari jurusan

Malaysia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Gratis

eBook 'Kuliah di Malaysia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Malaysia dalam satu buku digital praktis.