Informasi penting
Malaysia: Pendaftaran Universitas

Pendidikan di Malaysia

2678

Institusi Pendidikan Malaysia
Sebagai daya tarik bagi lebih dari 80.000 mahasiswa internasional pada tahun 2010, sektor pendidikan di Malaysia telah mencapai kemajuan yang signifikan selama dasawarsa terakhir ini, dan kini sedang mengukir nama sebagai pusat keunggulan pendidikan di Asia Tenggara.

Malaysia memiliki 20 universitas negeri, 24 politeknik, 37 sekolah tinggi negeri, 33 universitas swasta, 4 kampus cabang universitas asing, dan sekitar 500 sekolah tinggi swasta. Terdapat pula berbagai institusi pendidikan tinggi lainnya dari Inggris, Amerika Serikat, Australia, Kanada, Prancis, Jerman dan Selandia Baru yang menawarkan program gelar ganda melalui kemitraan dengan sekolah tinggi dan universitas Malaysia.

Jenis Bidang Pendidikan
Program gelar sarjana S1 dapat diselesaikan dalam waktu 3 tahun, dan perkuliahan untuk jenjang ini disediakan oleh sektor pendidikan negeri maupun swasta. Institusi-institusi pendidikan tinggi swasta yang menawarkan program sertifikat, diploma, dan gelar sarjana adalah kampus cabang universitas asing, universitas swasta, dan sekolah tinggi swasta. Banyak di antara institusi-institusi ini juga menawarkan program gelar pascasarjana.

Untuk meraih kualifikasi profesional, ada institusi pendidikan swasta di Malaysia yang mempersiapkan mahasiswa untuk mengikuti ujian profesional eksternal, yang diselenggarakan oleh berbagai badan penguji internasional.

Para mahasiswa yang ingin belajar bahasa Inggris akan menemukan berbagai pilihan pusat belajar bahasa Inggris. Pusat-pusat belajar ini menawarkan kelas-kelas persiapan bahasa yang memungkinkan siswa untuk mengikuti ujian kualifikasi bahasa Inggris yang diakui secara internasional seperti TOEFL dan IELTS.

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai kursus dan biaya, silakan kunjungi:
portal.mohe.gov.my
educationmalaysia.gov.my


Pemeringkatan Institusi
Ada banyak pemeringkatan universitas dan sekolah tinggi, yang memberikan kualifikasi kepada institusi berdasarkan berbagai faktor. Mulai dari penelitian akademik, kinerja mahasiswa, survei atas pengajar dan mahasiswa/calon mahasiswa. Pemeringkatan lain dan tabel liga memberikan kualifikasi bagi jurusan atau program akademik tertentu.

Pemeringkatan dari sebuah institusi dapat berkontribusi pada proses pengambilan keputusan oleh calon mahasiswa, akan tetapi penting untuk menyadari jika pemeringkatan itu mendapat masukan atau dukungan dari institusi itu sendiri.

Mencari jurusan

Malaysia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Hotcourses Editor is the mysterious, faceless force made up of all our different contributors over the years. From masters in their field to top notch journos, take a peek at some of the talent we’ve had the pleasure of working with.

Gratis

eBook 'Kuliah di Malaysia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Malaysia dalam satu buku digital praktis.