Informasi penting
Malaysia: Pendaftaran Universitas - Wajib dibaca

Program Twinning Malaysia

2104

Sebagai sebuah negara Asia Tenggara yang semarak, Malaysia telah menempatkan diri sebagai tujuan kuliah pilihan bagi puluhan ribu siswa internasional setiap tahun. Dengan ambisiusnya untuk menjadi negara kunci dalam pendidikan transnasional dunia, pemerintah Malaysia telah berinvestasi secara signifikan dalam mempromosikan pendidikan Malaysia kepada siswa-siswi dari seluruh dunia. Dengan ambisi kuat dan keinginan keras untuk menarik yang terbaik dan tercerdas ke Malaysia, ada banyak alasan mengapa negara ini telah menjadi pusat pendidikan terbaru Asia.

Kenapa Malaysia?

Para siswa memilih Malaysia untuk berbagai alasan, termasuk biaya kuliah yang lebih murah dan biaya hidup yang terjangkau. Selain itu tersedianya program “twinning” yang unik dimana siswa dapat mengambil dan menyelesaikan program kuliah mereka di Malaysia dan negara lain secara bersamaan. Malaysia juga relatif aman dan salah satu negara Asia yang kaya akan budaya dengan masyarakat yang bertoleransi. Dengan suasana multi-kultural dan koneksi pendidikan transnasional yang dimiliki negara ini, Malaysia berhasil menjadi tempat belajar bagi 65,000 siswa internasional setiap tahunnya.    

Gelar dengan Kolaborasi Internasional (International Collaborative Degrees)

Malaysia adalah salah satu negara Asia pertama yang memperkenalkan gelar kolaborasi ini – sebuah pilihan menarik bagi siswa internasional yang ingin menerima ijazah dari universitas luar negeri (umumnya Inggris, Amerika Serikat, Australia atau Kanada), sambil kuliah di Malaysia. Siswa yang datang ke Malaysia untuk kuliah mendapatkan gelar yang diakui sebagian kecil dari ijazah sebanding di Inggris, Amerika Serikat, Australia atau Singapura. Sebagai pelopor di Asia dalam mempromosikan gelar kolaborasi – lebih dikenal dengan “program twinning” – berbagai institusi pendidikan di Malaysia sekarang menawarkan cara-cara baru yang menarik untuk menyelesaikan pendidikan internasional para siswa.

Struktur Program

Pada tingkat sarjana, gelar 2+1 atau 3+0 memungkinkan para calon mahasiswa untuk kuliah di Malaysia (dengan biaya kuliah Malaysia) sementara memperoleh gelar asing.

Perbedaan antara 2+1 dan 3+0? Sementara menerima ijasah internasional dari institusi asing sambil tinggal dan kuliah di Malaysia di saat yang bersamaan, gelar twinning 2+1 memungkinkan siswa untuk kuliah 2 tahun di Malaysia dengan tahun terakhir di negara pemberi ijazah. Kedua pilihan ini diarahkan kepada calon iswa yang ingin mendapatkan gelar yang diakui secara global sekaligus memetik manfaat dari kehidupan menyenangkan yang Malaysia tawarkan.

Kemitraan Universitas

Institusi seperti Universitas Sunway telah membentuk kemitraan dengan banyak institusi Amerika salah satunya Universitas Western Michigan dan berbagai universitas Australia, termasuk Monash dan Victoria. Kepemimpinan dalam pendidikan transnasional juga menawarkan Program Matrikulasi Internasional Kanada, dimana siswa SMA dapat menerima ijazah SMA Ontario yang mengarah menuju peluang pendidikan tinggi di Kanda dan luar negeri.

Menghabiskan Waktu di Malaysia

Walaupun kota Kuala Lumpur terkesan penuh sesak, kota-kota besar Malaysia pada umumnya aman dan ramah bagi siswa internasional. Untuk biaya hidup, kisaran biaya bagi siswa luar negeri sekitar RM 10,000 pertahunnya (kurang lebih $3,000 AUD atau £2000).

Dengan gelar asing yang dapat diperoleh, rendahnya biaya kuliah dan hidup, semakin banyak siswa internasional yang datang ke Malaysia. Pilihlah pusat terbaru pendidikan Asia sebagai tujuan kuliah Anda – di Malaysia, pendidikan Anda hanyalah awal dari sebuah pengalaman yang mengesankan.

 

Mencari jurusan

Malaysia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Gratis

eBook 'Kuliah di Malaysia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Malaysia dalam satu buku digital praktis.