Informasi penting
Malaysia: Pendaftaran Universitas

Master by Coursework vs Master by Research: Apa ya bedanya?

8747
Semua orang tahu Master itu adalah gelar yang setara dengan S2 di Indonesia. Tapi bagaimana dengan Master by Coursework dan Master by Research. Mungkin secara literal sudah bisa ditangkap kalau Master by Coursework itu lebih ke pembelajaran di kelas, dan Master by Research lebih mengarah ke penelitian. Jelasnya seperti apa ya? Mari kita simak lebih lanjut di artikel di bawah ini...
 
Master By Coursework
 
Secara umum, kuliah Master By Coursework memiliki struktur yang hampir sama dengan kuliah S1. Mengikuti kelas perkuliahan, mengerjakan tugas, kemudian mengikuti ujian.
 
Biasanya yang mengambil Master by Coursework adalah para lulusan baru S1, atau mereka yang telah bekerja tetapi ingin mendapatkan pengetahuan tambahan dan gelar tambahan untuk meningkatkan karir mereka. Bagi para lulusan baru memang susah untuk diterima di Master by Research, karena mereka belum memiliki pengalaman kerja dan pengalaman penelitian.
 
Ada juga program Master by Coursework (with honours). Program ini biasanya berdurasi 4 semester, dengan 3 semester kuliah dan semester terakhir menulis thesis. Untuk menulis thesis ini perlu diadakan penelitian. Jadi mahasiswa perlu mencari dosen pembimbing. Tergantung jurusan dan program, ada juga yang memerlukan 2 semester untuk menulis thesis.
 
Jadi, secara singkat, Master by Coursework (with honours) merupakan kombinasi antara perkuliahan dengan penelitian. Tujuannya adalah mempersiapkan para mahasiswa untuk pendidikan S3 yang memerlukan pengalaman penelitian.
 
Master by Research
 
Berbeda dengan Master By Coursework, Master by Research tidak memiliki jadwal kelas kuliah, juga tidak ada pengumpulan tugas dan ujian. Setiap mahasiswa akan memiliki seorang pembimbing. Kegiatannya tergantung topik penelitian. Penelitian tidak selalu harus dilakukan di laboratorium. Para mahasiswa bebas mencari sumber penelitian dari mana saja (baik dari jurnal, artikel, hasil survei dan lain-lain) dan kemudian mendiskusikan dengan dosen pembimbing.
 
Yang biasa mengambil Master by Research adalah para dosen atau para peneliti, yang mempunyai tujuan untuk melanjutkan ke S3 yang memang isinya penelitian.

Mencari jurusan

Malaysia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Gratis

eBook 'Kuliah di Malaysia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Malaysia dalam satu buku digital praktis.