Informasi penting
Malaysia: Pendaftaran Universitas - Wajib dibaca

Menentukan tempat kuliah di Malaysia

1853
Pilihan tempat kuliah di Malaysia sangatlah banyak. Pendidikan tinggi di Malaysia diselenggarakan oleh universitas negeri, universitas swasta, kampus cabang universitas luar negeri, dan college swasta. Program kuliah yang ditawarkan juga sangat banyak. Beriktut ini kami mencoba menguraikan beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan sebelum mengambil keputusan...
 
Memilih Jurusan
Jurusan yang ditawarkan di pendidikan tinggi Malaysia sangatlah banyak. Mulai dari jurusan yang populer seperti Teknologi Informatika, Teknik, Bisnis,hingga jurusan yang lebih bersifat kejuruan seperti kesehatan, perhotelan dan lain-lain.
 
Memilih Kualifikasi
Pendidikan tinggi Malaysia juga menawarkan berbagai jenis kualifikasi, mulai dari kualifikasi asal Malaysia, Inggris, Australia hingga Amerika.
 
Memilih Institusi
Anda akan terkesan dengan pilihan kuliah di Malaysia yang begitu banyak dan bervariasi. Anda bisa memulai dari memilih tipe institusi, misalnya apakah Anda ingin kuliah di universitas, college, kampus cabang luar negeri atau lain-lain.
 
Ada baiknya Anda mulai dari memikirkan minat dan bakat Anda serta karir seperti apa yang ingin Anda telusuri nanti. Setelah itu baru Anda bisa memilih jurusan yang bisa menunjang karir Anda. Setelah itu Anda bisa mencari informasi mengenai kualifikasi apa yang lebih bermanfaat bagi prospek karir Anda, serta institusi mana yang bisa memberikan Anda kualifikasi tersebut.
 
Langkah selanjutnya
Setelah pilihan Anda telah dipersempit, Anda bisa mengambil langkah-langkah seperti di bawah ini:
  • Mengunduh prospektus institusi yang Anda minati. Prospektus akan memberikan penjelasan yang lebih mendetil mengenai program kuliah, modul, mata kuliah, metode penilaian, syarat masuk dan lain-lain.
  • Kemudian Anda bisa memilih berdasarkan pertimbangan mengenai biaya kuliah, fasilitas-fasilitas yang ditawarkan, layanan dukungan untuk mahasiswa internasional, lokasi institusi, biaya hidup, persentase mahasiswa internasional di institusi tersebut, reputasi dan prestasi dari institusi tersebut.
  • Hal lain yang penting untuk Anda perhatikan adalah institusi yang Anda minati tersebut diijinkan oleh pihak pemerintah yang bersangkutan (misalnya Kementerian Pendidikan Tinggi) untuk memberikan pendidikan kepada mahasiswa internasional. Selain itu Anda juga perlu mencari tahu apakah program kuliah di institusi tersebut telah diakreditasi oleh Malaysian Qualifications Agency (MQA). Anda bisa mengunjungi situs MQA (www.mqa.gov.my) untuk daftar program kuliah yang telah diakreditasi.
 
Jika Anda ingin mendaftar ke universitas negeri Malaysia, maka Anda tidak perlu mengkhawatirkan tentang ijin dan akreditasi. Universitas-universitas negeri didanai oleh pemerintah dan diijinkan untuk menerima mahasiswa internasional untuk program sarjana dan pascasarjana purna waktu. Program-program kuliah mereka telah diakreditasi oleh MQA. Akan tetapi mereka menawarkan tempat yang sangat terbatas bagi mahasiswa internasional, terutama untuk program kuliah tingkat sarjana.
 
Baca lebih lanjut tentang kuliah di Malaysia.

Mencari jurusan

Malaysia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Gratis

eBook 'Kuliah di Malaysia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Malaysia dalam satu buku digital praktis.