Informasi penting
Malaysia: Pendaftaran Universitas - Wajib dibaca

MUET - Malaysian University English Test

1941

Apa itu MUET?

Malaysian University English Test (MUET) mirip dengan ujian IELTS atau TOEFL. MUET hanya digunakan oleh universitas-universitas Malaysia, dan juga beberapa universitas di Singapura.  
              

Jadwal Ujian MUET?

Terdapat 3 gelombang setiap tahun: Maret, Juli dan November.
 

Siapa yang perlu mengambil MUET?

Para kandidat STPM, pelajar yang ingin mengambil program matrikulasi, diploma dan pre-university yang ingin mengikuti perkuliahan gelar di universitas Malaysia.
 

Pendaftaran untuk MUET?

Anda dapat mendaftar untuk ujian di situs Malaysian Examinations Council. Biaya pendaftaran adalah RM100.00. Jika Anda tidak puas dengan hasil penilaian, Anda dapat mengajukan penilian ulang, dengan membayarkan biaya sebesar RM70.00. Ujian Writing, Reading dan Listening diadakan pada hari yang sama, sedangkan ujian Speaking diadakan terpisah.
 

Struktur MUET?

MUET terdiri dari 4 bagian: Writing, Reading, Speaking and Listening.
 
Writing
 
Durasi: 90 menit
Nilai: 90
Persentase: 30%
Jumlah pertanyaan: 2
Jenis pertanyaan: Menginterpretasikan informasi dari bacaan singkat dan bacaan ekstensif, Bacaan bis aberupa surat ataupun laporan.
Tips: Selesaikan soal no. 2 terlebih dahulu karena nilainya lebih banyak. Jangan hanya menuliskan pernyataan, tetapi juga sertakan bukti dan contoh yang mendukung pernyataan Anda.
 
Reading
 
Durasi: 90 menit
Nilai: 120
Persentase: 40%
Jumlah pertanyaan: 50
Jenis pertanyaan:  Pilihan ganda, kurang lebih 6 bacaan yang diambil dari berbagai sumber (surat kabar, buku pelajaran, artikel jurnal dan lain-lain)
Tips: Bacalah soal dan pertanyaan dengan baik. Garis bawahi kalimat atau kosakata yang tidak Anda kenali. Sebelum mengikuti MUET, bacalah sebanyak mungkin untuk melatih kecepatan membaca dan pemahaman bacaan. Sebaiknya Anda banyak berlatih membaca bacaan dari BBC atau New York Times yang memiliki standar Bahasa Inggris yang bagus.
 
Listening
 
Durasi: 30 menit
Nilai: 45
Persentase: 15%
Jumlah pertanyaan: 20
Jenis pertanyaan: pilihan ganda, mendengarkan pencakapan dari berbagai sumber seperti perkuliahan, perbincangan, diskusi atau pengumuman.
Tips: Latihlah keahlian mendengar Anda, baik dari radio, film ataupun berita tv. Akan tetapi pilihlah sumber yang memiliki standar Bahasa Inggris yang bagus.
 
Speaking
 
Durasi: 30 menit
Nilai: 45
Persentase: 15%
Jumlah pertanyaan: 20
Jenis pertanyaan: presentasi individual (Peserta akan deiberikan 2 menit untuk bersiap-siap, dan 2 menit untuk berpresentasi) dan diskusi berkelompok dengan 3 peserta lainnya (2 menit untuk bersiap-siap, 10 menit untuk berdiskusi)
Tips: Latihlah kemampuan speaking Anda dengan banyak berbicara dalam Bahasa Inggris dengan teman, keluarga atau guru. Pada saat diskusi berkelompok, pastikan Anda memberikan opini Anda dengan jelas dan sesuai dengan topic yang diberikan. Berbicaralah dengan jelas dan lantang agar semua juri dapat mendengarkan Anda.
 

Struktur Penilaian MUET?

Nilai penuh MUET adalah 300 dan dibagi menjadi 6 band:
 
Band 6 (skor 260-300): Sangat Baik – ‘Dapat menggunakan Bahasa Inggris dengan sangat baik. Dapat mengungkapkan pendapat dengan sangat lancar, tepat dan menggunakan bahasa yang sesuai. Dapat mengerti dan memahami konteks Bahasa Inggris dengan sangat baik.’
 
Band 5 (skor 220-259): Baik – ‘Lancar, akurat dan jelas dalam berbahasa Inggris, tetapi masih terdapat penggunaan yang kurang tepat dalam berbahasa Inggris. Mengerti Bahasa Inggris dan konteksnya dengan baik.’
 
Band 4 (skor 180-219): Cukup Baik – ‘Cukup baik dalam mengungkapkan pendapat, dengan sedikit penggunaan struktur bahasa yang tidak tepat. Dapat mengerti Bahasa Inggris dengan cukup baik.’
 
Band 3 (skor 140-179): Perlu ditingkatkan – ‘Dapat mengerti berbahasa Inggris dan mengungkapkan pendapat dalam Bahasa Inggris, tetapi masih memperlihatkan banyak kesalahan.’
 
Band 2 (skor 100-139): Terbatas – ‘Memiliki kemampuan yang terbatas dalam kelancaran berbahasa Inggris, baik dalam mengungkapkan, mendengarkan dan pemahaman.’
 
Band 1 (skor dibawah 100): Sangat Terbatas – ‘Memiliki kemampuan yang sangat terbatas dalam kelancaran berbahasa Inggris. Hampir tidak dapat mengungkapkan, mendengarkan dan memahami Bahasa Inggris.’
 

BAND yang perlu dicapai?

 
Tergantung universitas dan program kuliah Anda, serta jurusan yang dipilih. Jurusan seperti Hukum dan Kedokteran memerlukan band yang lebih tinggi (jika bisa band 5 atau 6). Jika Band Anda belum memenuhi persyaratan masuk universitas, Anda mungkin perlu mengambil ujian kelancaran berbahasa Inggris yang lain.
 

Mencari jurusan

Malaysia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Gratis

eBook 'Kuliah di Malaysia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Malaysia dalam satu buku digital praktis.