Informasi penting
Malaysia: Pendaftaran Universitas

Program Pre-U: A-Levels di Malaysia

1334
A-Levels merupakan program pre-university yang populer. Terutama jika Anda berencana untuk kuliah di Inggris. Dibutuhkan nilai A-Levels yang tinggi untuk masuk ke universitas ternama dan beberapa jurusan populer seperti farmasi, kedokteran, hukum dan teknik. Selain di Inggris, sertifikat ujian A-Levels juga diterima di banyak universitas lain di seluruh dunia.
 
Malaysia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak institusi yang menyelenggarakan kelas persiapan A-Levels. Persyaratan masuk ke program A-Levels untuk pelajar dari Indonesia adalah lulus dari Sekolah Menengah Umum 2 (SMU 2) dengan nilai rata-rata minimal 7.5 atau lulus dari SMU 3 dengan nilai rata-rata minimal 7. Berikut ini adalah jenis-jenis dari program A-Levels yang ditawarkan di Malaysia:
 
GCE ‘A’ Levels dari University of Cambridge International Examinations (CIE)
 
Setelah GCSE ‘O’ Levels, pelajar bisa memilih untuk melanjutkan ke program GCE ‘A’ Levels yang dikeluarkan oleh Cambridge International Examinations yang merupakan bagian dari Cambridge Local Examination Syndicate (UCLES). Banyak college swasta di Malaysia yang memberikan kelas persiapan bagi para pelajar yang ingin mengambil ujian ‘A’ Levels tersebut. Sertifikat ujian ini sangat populer di Malaysia baik untuk pelajar lokal maupun pelajar internasional karena diakui secara internasional di universitas di seluruh dunia.
 
Silabus ‘A’ Level dibagi menjadi Advanced Subsidiary (AS)  Level dan Advanced Two (A2) Level, masing-masing memiliki porsi sebesar 50% dalam nilai final A-Level. AS level merupakan bagian pertama dari program A-Level dan merupakan dasar dari program tersebut, sedangkan A2 level merupakan bagian kedua yang mencakup topik-topik yang lebih rumit. Biasanya pelajar diminta untuk memilih 2 hingga 4 mata pelajaran A-Level dimana Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran wajib. Lama belajar adalah 15 hingga 18 bulan yang dibagi menjadi 3 semester.
 
Ujian A-Level akan diadakan dua kali setahun, di Bulan Juni dan November. Hasil ujian akan dikeluarkan di Bulan Agustus dan Febuari.
 
GCE ‘A’ Level dari the London Examinations Board
 
Pelajar internasional juga bisa mengambil program A-levels yang diselenggarakan oleh London Examinations Board yang bergengsi. Program ini ditawarkan oleh Edexcel International. Ujian London A-level ini sama persis dengan ujian A-Levels yang diadakan di London. Sehingga standar dan sertifikat yang diperoleh oleh pelajar yang mengambil A-Levels ini di Malaysia sama dengan sertifikat yang diperoleh di London dan sama-sama diakui di seluruh dunia.
 
London GCE A-Levels diakreditasi oleh Qualifications and Curriculum Authority (QCA) Inggris. Struktur London A-Levels sama dengan Cambridge A-Levels, terdiri dari AS Level dan A2 Level. Durasi program juga dibagi dalam 3 semester dengan total waktu belajar 18 bulan.
 
Ujian London A-Levels akan diadakan 2 kali setahun, di Bulan Januari dan Juni.
 
Di Malaysia, institusi yang terkenal akan program A-Levels adalah HELP University, Taylors University, Sunway University, KDU University College dan UCSI University.

Mencari jurusan

Malaysia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Gratis

eBook 'Kuliah di Malaysia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Malaysia dalam satu buku digital praktis.